Brilio.net - Aturan merupakan hal yang sangat wajib diterapkan oleh setiap negara maupun suatu kelompok. Hal ini dilakukan agar kehidupan seseorang dapat terkontrol dengan baik dan memiliki arahan yang jelas.

Norma merupakan kaidah atau aturan yang berlaku bagi tingkah laku manusia yang berisikan perintah, larangan, dan sanksi tertentu. Oleh sebab itu, norma merupakan panduan, tatanan, dan pengendalian tingkah laku yang sesuai dan bisa diterima.

Ada berbagai norma, mulai dari norma agama, norma kesusilaan, norma hukum, dan norma kesopanan. Berbicara mengenai norma kesopanan tentu ini menjadi pertanyaan banyak orang, apa sih sebenarnya norma kesopanan itu? Berikut ini penjelasannya.

Norma kesopanan merupakan seperangkat aturan yang memandu tingkah laku manusia agar sesuai dengan kaidah sopan santun dalam masyarakat. Norma ini berhubungan dengan tingkah laku menghormati, menghargai, dan respek dengan kultur suatu masyarakat.

Apakah ada sanksi tentu jika seseorang melanggar norma tersebut? Tentunya ada. Pasalnya seseorang harus bertingkah laku sesuai dengan standar kesopanan di masyarakat, jika ada yang melanggar maka sanksi akan diterimanya. Sanksi yang diterima biasanya berupa sindiran atau teguran.

Loading...

-Fungsi norma kesopanan.

Berlakunya norma kesopanan di tengah masyarakat tentunya ada manfaat atau fungsi tersendiri. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (22/4) berikut beberapa fungsi norma kesopanan.

1. Norma kesopanan berfungsi sebagai aturan, pedoman, serta tata cara dalam ber perilaku dalam kelompok masyarakat.

2. Norma ini dijadikan pedoman dalam menentukan sanksi untuk pihak yang melanggarnya.

3. Menjaga hubungan saling menghormati, menghargai dan respek terhadap sesama.

4. Norma kesopanan berfungsi untuk menciptakan suasana yang selaras dalam sebuah kelompok masyarakat sehingga akan tercipta rasa nyaman dan tentram dalam kehidupan sosial.

5. Norma ini juga dapat mengontrol tingkah laku seseorang dalam kehidupan bermasyarakat.

-Manfaat norma kesopanan.

Adanya norma kesopanan tentunya memberikan manfaat tersendiri. Orang menjadi lebih bisa menghargai satu sama lain sehingga terciptanya kehidupan bermasyarakat yang aman dan tentram.

Manfaat norma kesopanan untuk diri sendiri:

1. Jika kita menerapkan atau mematuhi norma kesopanan, maka orang tersebut akan dipandang sebagai orang yang sopan dan layak untuk dihargai pula.

2. Dengan bersikap sopan dan santun, seseorang bisa terhindar dari bahaya, mulai dari gangguan orang dan tidak adanya musuh di kalangan masyarakat.

3. Memiliki banyak teman dalam suatu kelompok dan lebih dihargai orang pula.

Manfaat norma kesopanan untuk orang lain:

1. Ketika seseorang bersikap baik dalam suatu kelompok, maka orang tersebut akan menjadi contoh bagi orang lain.

2. Dekat dengan orang yang memiliki sikap dan perilaku yang baik, akan membuat orang lain nyaman.

Contoh dari norma kesopanan.

Dalam bermasyarakat tentunya tidak semua orang memiliki sikap dan tingkah laku yang sama. Ada yang mudah mengerti, ada pula yang mudah tersinggung. Sebagai orang yang ingin menciptakan suasana damai dan tentram tentunya kamu harus berperilaku  yang baik dan tidak memancing keributan.

Beberapa contoh baik dalam norma kesopanan yang bisa membuat orang lain nantinya akan menghargai kamu.

1. Membuang sampah pada tempatnya.

2. Ikut serta dalam gotong royong, mau bekerja sama, dan selalu ramah.

3. Menghargai yang lebih tua, misalnya saja dengan menyapa, memberikan tempat duduk kepada yang lebih tua.

4. Berkata baik kepada siapapun dan selalu menunjukkan keramahan.

5. Akan lebih sopan makan terhadap tangan kanan, kecuali untuk orang-orang dengan kelainan.