Brilio.net - Patung ialah sebuah karya seni yang cenderung permanen. Sekali dibuat, jarang bisa diubah-ubah. Namun patung yang satu ini cenderung berbeda dari patung pada umumnya.

Dilansir brilio.net dari designboom.com, Selasa (19/12), patung yang dipasang di Colombus Convention Center ini menampakkan wajah yang berbeda-beda. Patung tersebut dibuat oleh Matthew Mohr, professor di Columbus College of Art and Design. Patung ini menampakkan wajah dari bagian leher hingga ujung kepala. Kok bisa ya?

patung wajah © designboom.com

Ternyata patung berukuran 4,2 meter ini terbuat dari layar LED. Dibalik patung tersebut ada photo booth yang dapat merekam gambar 3D. Siapapun yang masuk dalam photo booth ini, maka mukanya akan terpampang di pada patung.

Proses menampakkan wajah pada tubuh patung tidaklah mudah. Harus menggunakan teknik yang cukup susah yakni photogrammetry. Sekitar 29 kamera merekam objek dalam photo booth lalu meneruskannya pada layar LED yang menyusun badan patung.

Loading...

patung wajah © designboom.com

Karya patung ini terinspirasi dari pengalaman Matthew Mohr. Ia sempat jalan-jalan dan melihat indahnya perbedaan budaya. Matthew Mohr ingin menyajikan harmonisme perbedaan tersebut melalui patung yang bisa berganti-ganti wajah orang dari berbagai background.

patung wajah © designboom.com

Karya patung ini mendapat sambutan baik dari masyarakat. Siapapun yang lewat di Colombus Convention Center mampir sebentar dalam photo booth patung ini dan merasa puas.

Untuk melihat lebih jelas bagaimana cara membuat patung keren ini, simak video berikut.