Brilio.net - Fenomena astronomi yang terjadi di bumi menarik bagi umat manusia. Berbagai gugusan galaksi di antariksa sangat indah dipandang. Tak hanya elok dipandang, kejadian alam yang ada di langit menjadi bahan bagi ilmuwan untuk melakukan penelitian. Salah satunya adalah meteor atau bintang jatuh.

Fenomena alam seperti bintang jatuh, hujan meteor, ataupun gerhana terjadi pada waktu tertentu. Tak jarang banyak orang menanti dan ingin menyaksikan fenomena alam di langit. Pada bulan Mei 2019 ini terjadi beberapa fenomena alam yang menarik perhatian. Tak hanya satu atau dua kejadian, tapi lebih dari lima kejadian alam selama bulan Mei 2019.

Nah apa saja fenomena tersebut? Brilio.net menghimpun dari berbagai sumber pada Senin (6/5), berikut fenomena alam terjadi di bulan Mei 2019.

1. Hujan Meteor.

kejadian langit bulan mei © 2019 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@nightlightsfilms

Bulan puasa tahun ini akan menjadi Ramadan yang sangat indah. Hal ini dikarenakan akan ada Hujan Meteor Eta Akuarid yang bisa disaksikan dari luar rumah. Nama Eta Akuarid dipilih karena meteor berada di dekat Bintang Eta Akuarid pada Rasi Bintang Akuarius. Hujan meteor ini bisa dilihat pada Selasa, 7 Mei 2019 pukul 03.00 waktu setempat. tak tanggung-tanggung, meteor yang jatuh ada sekitar 40 meteor/jam tanpa menggunakan teleskop.

2. Konjungsi bulan dengan Mars.

kejadian langit bulan mei © 2019 brilio.net

foto: pinterest.com

Konjungsi adalah momen matahari dan bulan berada satu garis lurus di bidang ekleptika yang sama. Nah, bulan Mei menjadi waktu konjungsi bulan dengan planet Mars. Peristiwa ini akan terjadi pada Rabu, 8 Mei 2019. hal ini memungkinkan Mars terlihat bersandingan dengan bulan sabit tipis berkelip. Kamu bisa amati pada pukul 18.30 waktu setempat. Konjungsi terlihat jelass selama 2 jam 35 menit setelah matahari terbenam.

3. Fase bulan perbani awal.

kejadian langit bulan mei © 2019 brilio.net

foto: nasa.gov

Fenomena bulan separuh akan bisa disaksikan pada tanggal 12 Mei 2019. Nah, nantinya posisi bulan akan berada sejauh 90 derajat dengan matahari. Bulan akan terlihat separuh pada pukul 08.14 WIB. Tapi akan lebih terlihat jelas pada saat malam hari.

4. Fase bulan purnama.

kejadian langit bulan mei © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@moonscapes.official

Bulan purnama memang sangat dinanti karena bulan terlihat bulat sempurna. Bulan akan tampak jaauh lebih besar daripada biasanya. Nah, pada bulan Ramadan kali ini, bulan purnama bisa dilihat pada Minggu, 19 Mei 2019.

5. Konjungsi bulan dengan Jupiter.

kejadian langit bulan mei © 2019 brilio.net

foto: virtualtelescope.ue

Bulan tak hanya berhadapan dengan Mars, namun juga dengan Jupiter. Akan terbayang bagaimana indahnya bulan berkonjungsi dengan Jupiter. Kejadian ini diprediksi akan hadir pada Senin, 20 Mei 2019.

6. Konjungsi bulan dengan Saturnus.

kejadian langit bulan mei © 2019 brilio.net

foto: reddit.com

Konjungsi pada bulan Mei akan terjadi tiga kali di antaranya Mars, Jupiter dan Saturnus. Kita bisa melihat keindahanya pada 23 Mei 2019. Namun jika ingin melihatnya lengkap dengan cincin Saturnus, kita harus menggunakan teleskop.

7. Fase bulan perbani akhir.

kejadian langit bulan mei © 2019 brilio.net

foto: astronomy.robpettengill.org

Fase bulan perbani akhir akan tampak pada 27 Mei 2019. Sama dengan perbani awal, fase ini bulan terlihat sebagian. Kita bisa melihatnya pada pukul 23.45 WIB. Perbani akhir akan terlihat persis di atas kepala pada saat matahari terbit.