Brilio.net - Hingga kini tanaman hias masih menjadi primadona tersendiri bagi banyak orang. Mereka bahkan tak segan-segan untuk mengoleksi beberapa jenis tanaman hias dengan harga selangit. Salah satu yang menarik adalah Monstera atau dikenal dengan aglonema ekor naga.

Tak hanya bentuknya yang cantik, tanaman hias satu ini juga sangat mudah dirawat sehingga banyak orang tertarik memilikinya. Tanaman hias dengan bentuk daun lebar serta indah ini, mempunyai kebutuhan cahaya yang terbilang fleksibel.

Namun akan sangat sulit merawat ekor naga di kawasan dingin, karena tanaman hias satu ini masuk kategori tanaman tropis. Dilansir dari thesill.com, aglonema ekor naga merupakan spesies tanaman merambat/semak tropis hijau yang berasal dari Amerika Tengah.

Cara menanam dan merawat bunga aglonema ekor naga Instagram

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Instagram/@plantsoffice

Ada dua jenis Monstera yang dibudidayakan sebagai tanaman hias, yakni Monstera deliciosa dan Monstera adansonii. Monstera deliciosa memiliki daun yang lebih panjang dan meruncing serta lubang daun yang tertutup seluruhnya, dibandingkan adansonii. Lubang daun monstera deliciosa tumbuh ke arah tepi dan terbuka saat dewasa.

Jika kamu memiliki aglonema ekor naga dan bingung bagaimana cara merawatnya, berikut cara menanam dan merawat bunga aglonema ekor naga yang antiribet, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (17/2).

1. Kapasitas sinar matahari.

Pastikan ketika kamu meletakkan aglonema ekor naga agar tidak terpapar langsung dengan sinar matahari. Letakkanlah di tempat yang sedikit teduh.

2. Kebutuhan air.

Idealnya, menyiram aglonema ekor naga setiap 1-2 minggu. Tidak baik jika disiram setiap hari, karena kondisinya akan lembap sehingga pertumbuhannya menjadi melambat dan bisa saja daunnya menjadi kering.

3. Suhu yang dibutuhkan.

Suhu yang dibutuhkan aglonema ekor naga, 65 derajat F - 85 derajat F (18 derajat C - 30 derajat C). Jangan biarkan suhu di bawah 60 derajat F (15 derajat C).

4. Perhatikan kondisi tanah.

Tanah merupakan hal penting yang digunakan tanaman untuk tumbuh. Sebab dari tanah, akhirnya tanaman janda bolong dapat memenuhi kebutuhan air dan mineralnya.

Apabila tanah yang digunakan tidak dalam keadaan baik, maka sudah dapat dipastikan jika tanaman hias monstera tidak akan tumbuh dengan baik.

5. Nutrisi yang dibutuhkan.

Tanaman monstera membutuhkan nutrisi melalui tanah yang sehat yaitu dengan pemupukan. Pada dasarnya, tanaman yang tumbuh di pot dengan nutrisi yang terjaga memiliki kesempatan hidup yang lebih besar daripada tanaman yang tumbuh di alam liar karena siklus nutrisi segar di alam tidak konstan.

Untuk itu, kamu harus memperhatikan nutrisi untuk tanaman monstera yaitu dengan memberikan pupuk slow release atau hanya satu kali dalam setahun. Atau penggunaan pupuk tergantung dengan seberapa cepat kamu ingin monstera tumbuh dan seberapa banyak daunnya.

(brl/gib)