Brilio.net - Keinginan membuat rumah lebih elegan dan eksotis membuat para pencinta tanaman hias tak berhenti bereksplorasi. Tren memelihara dan mendekorasi rumah dengan tanaman hias daun gelap kini mulai digemari.

Tanaman daun hitam ini bisa ditaruh untuk indoor maupun outdoor. Saat memadukan tanaman berdaun gelap, ada poin penting yang perlu diingat.

Pertama, daripada menumbuhkan sekelompok tanaman ini secara berdampingan, mereka akan lebih menonjol jika ditanam sendiri. Atau jika ingin dikumpulkan, kombinasikan dengan bunga dan tanaman berdaun warna terang, di mana nantinya warna mereka semua dapat memantul satu sama lain.

Tanaman dengan daun dan batang gelap bisa membuat taman terlihat lebih variasi atau beragam. Tidak hanya terisi oleh tanaman hias dengan daun cerah, warna gelap pun membantu menarik perhatian dan bisa memberikan kontras yang dramatis dengan tanaman dengan warna lain.

Tertarik memilih tanaman hias daun hitam buat mempercantik rumah? Simak rekomendasinya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (11/2).

Loading...

1. Dark-leaved elder (Sambucus nigra).

tanaman hias daun hitam © Instagram

foto: Instagram/@cissela_c

Dark-leaved termasuk varietas tetua berdaun gelap. Dia bisa tumbuh seperti semak. Kecantikan daun 'hitamnya' akan terlihat lebih indah bak di musim semi ketika kamu memangkasnya. Daun dark-leaved mampu menghasilkan tampilan dedaunan yang fantastis untuk dekorasi.

2. Physocarpus.

tanaman hias daun hitam © Instagram

foto: Instagram/@carinanorrman

Physocarpus adalah tanaman yang biasa hidup dan dijadikan pagar perbatasan. Di mana mereka dapat terlihat menawan ketika dikelilingi dengan tanaman daun warna lain sebagai pelengkap. Daun gelap dari physocarpus akan membawa kesan elegan dan mudah dirawat bahkan ketika musim panas datang.

3. Smoke bush (Cotinus).

tanaman hias daun hitam © Instagram

foto: Instagram/@sarahhassettartist

Smoke bush memiliki daun yang berwarna sangat gelap. Pada bulan-bulan musim panas, tanaman smoke bush (cotinus) akan tertutupi oleh bunga berbulu. Setelah musim panas hilang, pangkas tanaman ini supaya bisa menghasilkan daun besar dan hitam cerah.

4. Black magic.

tanaman hias daun hitam © Instagram

foto: Instagram/@sunniemorrison

Tanaman yang banyak ditemukan di area tropis ini sebenarnya mengandung racun. Akan tetap tak sedikit orang yang tertarik menjadikan black magic sebagai koleksi.

Black magic memiliki nama ilmiah colocasia esculenta. Tanaman hias ini kerap juga disebut sebagai kuping gajah.

Black magic dikenal sebagai tanaman yang mudah dirawat. Black magic akan tumbuh lebih subur ketika ditempatkan dengan suhu hangat dan cahaya cukup.

Jangan kaget ketika daunnya tiba-tiba mengelupas, cobalah untuk memberi perawatan dan tetap memberikan siraman air yang cukup. Dengan begitu, black magic akan kembali tumbuh dengan subur dan indah seperti sedia kala. Tanaman hias ini cocok memiliki daun hitam berbentuk hati, cocok jadi dekorasi ruang.

5. Raven ZZ.

tanaman hias daun hitam © Instagram

foto: Instagram/@thatknottypotter

Raven ZZ atau zamioculcas zamiifolia raven yang berasal dari Afrika ini tergolong mudah dirawat dan tidak terlalu membutuhkan penyiraman teratur. Cukup siram sekali dalam dua pekan, raven ZZ sudah bisa tumbuh dengan baik.

Sebenarnya daunnya tidak secara merta hitam legam, tapi lebih pada perpaduan ungu dan hijau gelap. Daunnya akan terlihat lebih eksotis jika diletakkan pada kondisi cahaya redup. Kamu bisa menempatkannya di ruangan yang tidak terkena matahari secara langsung, misalnya kamar mandi.

6. Black mondo grass.

tanaman hias daun hitam © Instagram

foto: Instagram/@mariachabok

Black mondo grass memiliki bentuk batang panjang. Daun hitamnya bisa tumbuh subur bergerombol.

Tanaman hias ini akan tumbuh subur jika mendapatkan asupan cahaya yang cukup. Jika kamu ingin menanam black mondo grass di pot, usahakan tetap menjaga kelembapan tanahnya dengan baik. Tetap memakai tanah humus atau kompos, lalu siram dua kali sehari.

7. Burgundy rubber tree.

tanaman hias daun hitam © Instagram

foto: Instagram/@gnomegrownplants

Burgundy rubber tree berasal dari area tropis India dan Amerika Selatan. Tanaman hias dengan daun tebal dan mengilap ini dikenal mudah beradaptasi dengan suhu rumah.

Burgundy rubber tree bisa tumbuh dengan baik jika mendapatkan paparan cahaya secara konsisten. Meski demikian, tanaman ini tetap bisa tumbuh di ruang redup, tapi warna gelap daunnya akan memudar.

8. Echeveria.

tanaman hias daun hitam © Instagram

foto: Instagram/@suculentasecactosdakatia

Echeveria juga dikenal dengan namablack prince succulent. Echeveria punya daun berwarna hitam gelap dan juga cokelat.

Tanaman ini dapat tumbuh pada suhu ruangan, bahkan mencapai tinggi 15 cm dan lebar 21 cm. Ketika mendapatkan asupan cahaya sekitar 6 jam sehari, warna hitam daun echeveria akan lebih menawan dengan perpaduan ungu.

9. Alocasia polly.

tanaman hias daun hitam © Instagram

foto: Instagram/@forestinterioruk

Alocasia polly memiliki bentuk daun runcing dengan warna gelap yang elegan. Tanaman hias daun ini bisa diletakkan di dalam maupun luar rumah.

Alocasia polly muncul tidak sekadar untuk mempercantik ruangan, melainkan juga bermanfaat menghilangkan racun.

10. Philodendron (Black cardinal).

tanaman hias daun hitam © Instagram

foto: Instagram/@theblackplantress

Philodendron atau black cardinal memiliki daun hijau kehitaman dengan corak glossy. Jika dirawat dengan baik, philodendron dapat tumbuh hingga mencapai 50 cm pada suhu hangat.

Mengenai perawatannya, tanaman hias ini membutuhkan tanah humus dengan air yang cukup. Philodendron juga perlu asupan cahaya ketika pagi hingga menuju siang.