Brilio.net - Memelihara tanaman sekarang menjadi hobi yang populer dilakukan masyarakat. Tak lagi hanya ditanam di kebun, tanaman hias sudah jadi sangat umum dimiliki seseorang di rumah. Karena tanaman hias sangat adaptif dengan tempat tanam. Biasanya, tanaman hias dipakai untuk tujuan pajangan atau dekorasi yang bisa berfungsi membuat udara lebih segar.

Tanaman hias hadir dalam berbagai warna, bentuk, dan ukuran. Salah satu tanaman hias yang bisa kamu pilih adalah kombinasi tanaman hias daun dan bunga. Jenis tanaman ini cenderung menarik perhatian semua orang karena indah, dapat membawa udara segar ke dalam rumah, dan ada pula yang bisa bermanfaat sebagai pengusir nyamuk atau lainnya.

Terdapat tanaman hias daun dan bunga yang tentunya bisa membuat rumah makin cantik dan asri. Tanaman tersebut bisa kamu tata sesuai letak dan kondisi yang dibutuhkan. Baik memakai cara tanam pot atau menggunakan media air. Kemudian diletakkan di sudut ruangan maupun dengan cara digantung.

Tertarik untuk mengoleksi tanaman hias daun dan bunga? Berikut sepuluh rekomendasi yang bisa kamu pilih, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (11/2).

1. Lavender.

tanaman hias daun dan bunga © Instagram

Loading...

foto: Instagram/@makedas_garden

Lavender memiliki daun yang unik dan bunga yang cantik serta baunya wangi. Nggak heran jika lavender jadi salah satu tanaman hias yang digemari banyak orang. Tak sedikit orang menganggap aroma lavender memberikan efek aromatik, penghilang stres, dan pengusir nyamuk.

2. Adenium.

tanaman hias daun dan bunga © Instagram

foto: Instagram/@belas_rosadodeserto

Tanaman hias akar adenium ini memiliki daun dan bunga yang sangat indah. Tanaman hias ini disebut juga sebagai kamboja Jepang. Adenium cukup populer karena punya bentuk akar yang meliuk-liuk indah. Selain itu, tanaman ini juga bisa dibentuk menyerupai bonsai. Adenium akan lebih cantik jika daun dan bunganya sudah mekar.

3. Peace lily.

tanaman hias daun dan bunga © Instagram

foto: Instagram/@sunnyfreshplants_dubai

Peace Lily adalah tanaman berkelopak bunga berwarna putih, cocok untuk memperindah ruangan. Tumbuhan ini memiliki nama ilmiah Spathiphyllum, bisa hidup dengan kondisi minim cahaya. Bunga peace lily bisa mekar meski berada di dalam ruangan. Selain untuk dekorasi, tanaman hias ini juga bermanfaat sebagai penangkal racun dalam ruangan.

4. Black eyed susan vine.

tanaman hias daun dan bunga © Instagram

foto: Instagram/@mylonelyplanet_

Tanaman hias rambat yang bisa membuat rumah asri selanjutnya ialah black eyed susan vine. Black eyed susan vine atau thunbergia alata memiliki bagian tengah bunga berwarna hitam. Kelopaknya terdiri dari berbagai varian warna cantik, mulai dari merah, putih, hingga kuning. Tanaman ini akan terlihat menarik jika digantung atau dipasang pada pagar rumah.

5. Clematis.

tanaman hias daun dan bunga © Instagram

foto: Instagram/@mulberry9128

Jika kamu mencari tanaman hias gantung untuk mempercantik tembok atau pagar rumah, clematis bisa jadi salah satu pilihan baik. Tanaman hias rambat clematis akan menghadirkan bunga yang indah bermacam-macam warna. Kesan hidup akan muncul di bagian luar, membuat desain rumah jauh dari kesan membosankan.

6. Star jasmine.

tanaman hias daun dan bunga © Instagram

foto: Instagram/@amymoi884

Tanaman hias bunga merambat selanjutnya adalah star jasmine. Tanaman ini terlihat sangat lembut, memiliki bunga putih krem dengan aroma harum dan sangat manis. Karena tanaman ini lebih menyukai sinar matahari penuh, star jasmine akan terlihat spektakuler dipasang pada pagar, serta punjung atau dinding. Tetapi star jasmine juga akan terlihat luar biasa ketika menampakkan sifat rambatnya tumpah ke tepian kebun rumah.

7. Mandevilla.

tanaman hias daun dan bunga © Instagram

foto: Instagram/@vrbjir

Mandevilla adalah tanaman hias daun dan memiliki bunga berwarna merah muda, merah, serta putih. Tanaman ini menyukai sinar matahari penuh tetapi membutuhkan sedikit bayangan sore hari di musim panas. Mandevilla cocok ditaruh di luar rumah sebagai hiasan outdoor. Nikmati keindahan mandevilla bersemi setiap tahunnya.

8. Bougainvillea.

tanaman hias daun dan bunga © Instagram

foto: Instagram/@andysfancies

Bougainvillea atau bugenvil merupakan tanaman hias bunga populer. Bugenvil kerap disebut sebagai tanaman kertas lantaran punya bunga tipis bak selebaran kertas. Tanaman bugenvil kecil bisa ditanam sebagai tanaman dalam pot. Namun karena tanaman ini butuh matahari langsung, kamu bisa meletakkannya di luar rumah.

9. Paperwhite.

tanaman hias daun dan bunga © Instagram

foto: Instagram/@ejcalvert

Sama seperti namanya, tanaman hias Paperwhite memiliki bunga berwarna putih yang indah nan cantik. Tanaman ini pun mendapat julukan sebagai bunga kertas. Paperwhite terlihat elegan dan cocok dijadikan tanaman hias indoor maupun outdoor.

Salah satu media yang bisa dipakai untuk menanam Paperwhite adalah dengan air. Masukkan ke dalam botol yang sudah diisi air. Jika tidak ada waktu, kamu cukup mengganti airnya setiap tiga hari sekali.

10. Bunga anggrek.

tanaman hias daun dan bunga © Instagram

foto: Instagram/@etnikuid.orchid

Bunga anggrek juga menjadi salah satu tanaman hias bunga yang memiliki daun cantik favorit. Tanaman ini biasa dipakai untuk menghiasi dinding maupun pagar rumah. Anggrek memiliki masa mekar yang melebihi masa mekar rata-rata bunga lainnya, hingga 6 minggu per masa mekarnya. Bunga Anggrek juga cocok untuk hiasan karena tidak membutuhkan banyak perawatan.