Brilio.net - Menghias rumah dengan perabotan mungkin sudah biasa. Tapi mengisi ruangan dengan tanaman hias, akan menghasilkan pemandangan yang luar biasa. Seakan sedang bersantai di tengah alam, udara rumah jadi begitu segar.

Ada banyak tanaman yang bisa ditanam di dalam rumah atau indoor. Bahkan, banyak di antaranya sangat mudah dirawat lho.

Tidak selalu bunga, tanaman hias yang tumbuh dengan mengeluarkan daun cantik juga cocok jadi dekorasi rumah. Kamu pun bisa berkreasi menanam tanaman hias ini dengan berbagai media dan diletakkan di spot yang sesuai, baik digantung, di pot, botol bekas, serta lain sebagainya.

Apa saja tanaman hias daun yang bisa dikoleksi untuk di dalam ruangan? Berikut sepuluh rekomendasinya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (3/2).

1. Red aglaonema.

Tanaman hias daun indoor © Instagram

Loading...

foto: Instagram/@urbanplantroom

Tanaman hias ini unik karena tidak hanya memiliki batang dan daun berwarna merah muda cerah yang cantik, tetapi juga sangat mudah dirawat. Red aglaonema bisa tumbuh dalam cahaya rendah, sedang, dan terang. Tapi kamu mungkin bisa merasakan tanaman ini lebih subur dan punya warna cerah jika diletakkan pada tempat cahaya sedang.

2. ZZ plant.

Tanaman hias daun indoor © Instagram

foto: Instagram/@succulents5050

Tanaman hias ZZ atau dolar membutuhkan sedikit air. Tanaman ini akan tumbuh subur dalam cahaya terang dan tidak langsung.

3. Pothos.

Tanaman hias daun indoor © Instagram

foto: Instagram/@plantsmakemedance

Pothos adalah pilihan yang bagus jika kamu ingin mengoleksi tanaman hias di dalam rumah. Meski daunnya terlihat kecil, tanaman merambatnya ini dapat tumbuh hingga lebih dari 10 kaki lho.

Tanaman ini sangat mudah ditanam dan diperbanyak. Tapi jauhkan dari kondisi di mana cahaya rendah dan udara kering, karena dapat membuat kondisinya kurang ideal.

4. Peperomia quadrangularis.

Tanaman hias daun indoor © Instagram

foto: Instagram/@keep_it_in_your_plants

Peperomia quadrangularis atau peperomia angulata, memiliki daun hijau dengan tekstur berurat dan kasar. Batangnya dapat menjuntai hingga setengah meter. Tanaman ini cocok digantung di dalam rumah karena perawatannya membutuhkan air sesekali saja.

5. Dischidia geri.

Tanaman hias daun indoor © Instagram

foto: Instagram/@plantivities

Dischidia geri atau apple leaf jadi salah satu tanaman hias yang mudah dirawat. Tanaman ini memiliki daun menjuntai dan tidak memerlukan sinar matahari secara langsung. Agar dischidia geri lebih awet, letakkan tanaman ini di dekat jendela atau pintu dalam rumah.

6. Spider plant.

Tanaman hias daun indoor © Instagram

foto: Instagram/@plantmarjo

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Chlorophytum Comosum ini sering disebut dengan nama spider plant. Tanaman ini memiliki ciri khas daun berwarna hijau dengan panjang menjuntai. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh NASA pada 1989 menyebutkan bahwa Spider Plant mampu menjadi pembersih udara dengan menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida, dan xilena.

7. Janda bolong.

Tanaman hias daun indoor © Instagram

foto: Instagram/@casa.deltafive

Janda bolong adalah tanaman yang saat ini tengah naik daun. Bentuk daunnya unik, memiliki lubang-lubang seperti dimakan ulat. Dalam pertumbuhannya, tanaman yang memiliki nama latin Monstera Adansonii ini memiliki batang tidak terlalu kaku, sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai tanaman gantung yang menjuntai. Selain itu, jenis monstera ini juga dapat tumbuh merambat.

8. Monstera deliciosa.

Tanaman hias daun indoor © Instagram

foto: Instagram/@elsa_plant_lady

Monstera deliciosa menjadi salah satu jenis yang paling terkenal dan banyak dicari. Monstera jenis ini bisa tumbuh subur di temperatur 20-30 derajat Celcius, sehingga cocok diletakkan di dalam ruangan. Karakteristiknya memiliki daun yang lebar, dengan motif sobekan yang memanjang dari tulang daun dan menganga hingga tepi.

9. Philodendron.

Tanaman hias daun indoor © Instagram

foto: Instagram/@soil.ninja

Tanaman philodendron dapat dijadikan sebagai tanaman indoor atau penghias interior ruangan. Tanaman ini memiliki banyak ragam dan eksotis, sekitar 450 varietas. Beberapa spesies ada yang tumbuh merambat dan ada pula yang tumbuh semak. Kesamaan dari semua jenis philodendron adalah kemampuannya yang bisa tumbuh di berbagai kondisi lingkungan.

10. Sirih gading.

Tanaman hias daun indoor © Instagram

foto: Instagram/@ibuodiomi

Tanaman rambat ini cukup populer dan memiliki nama latin Epipremnum Aureum. Tanaman sirih gading bisa tumbuh mencapai panjang belasan meter dan tebal batang 4 cm. Namun, jika ditanam di pot, tanaman ini memiliki ukuran daun yang lebih kecil.

Sirih gading juga termasuk tanaman yang mudah ditanam dan dipelihara. Terlebih tanaman ini memang sulit mati dan memiliki umur yang panjang. Sehingga, banyak orang yang memelihara tanaman dengan julukan golden pothos, devil's vine, atau devil's ivy dan menjadikannya sebagai tanaman hias indoor.