Brilio.net - Keberadaan tanaman hias untuk dekorasi luar rumah atau kebun bisa memberikan nuansa hidup alami. Rumah terbebas dari gersang dan polusi udara, terutama bagi kamu yang tinggal di pusat kota besar. Dikutip dari sfgate.com, tanaman hias dapat memberikan kamuflase pada desain arsitektur rumah yang kaku jadi lebih menarik.

Tak melulu tanaman hias berbunga, kamu bisa mendesain pekarangan rumah dengan koleksi tanaman hias daun. Pada umumnya, tanaman hias daun biasa dipakai untuk penyeimbang ekosistem dan mempercantik kebun bunga. Namun sebelumnya, pertimbangkan jenis tanaman apa saja yang memang cocok untuk outdoor. Yakni, tanaman yang pas bentuk, dengan kondisi tanah, serta asupan cahaya matahari.

Sebab, pemilihan dedaunan yang tepat dapat memberikan pengaruh yang besar pada taman. Misalnya, kamu bisa memilih tanaman dengan dedaunan yang akan menambah bentuk berani, tekstur halus, dan warna cemerlang pada tanaman bunga lainnya.

Kamu juga bisa mengkombinasikan pekarangan dengan beberapa pilihan dedaunan lebat. Sehingga taman akan semakin teduh atau rindang, sejuk, dan tentunya tanpa mengurangi visualnya.

Tertarik untuk mengoleksi tanaman hias daun outdoor? Berikut sepuluh rekomendasi yang bisa kamu pilih, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (1/2).

Loading...

1. Hosta.

tanaman hias daun outdoor © Instagram

foto: Instagram/@hostarium

Tanaman hias Hosta hadir dalam berbagai nuansa, hijau, emas, dan biru. Begitu juga dengan daunnya yang hadir dengan beraneka ragam.

Mereka lebih menyukai naungan parsial (3 - 6 jam paparan sinar matahari setiap hari), di mana warna putih dan emas bisa lebih cerah memantulkan cahaya halus dan meramaikan tanaman di sekitar mereka. Meskipun dikenal sebagai tanaman peneduh, ada beberapa varietas inang yang dapat ditanam di bawah sinar matahari penuh.

2. Persian shield.

tanaman hias daun outdoor © Instagram

foto: Instagram/@greening_domestica

Daun Persian shield berwarna-warni, perpaduan antara ungu, hijau, jingga, hingga putih. Persian shield merupakan tanaman hias yang dapat tetap hijau di iklim panas.

Biasanya Persian shield ditanam sebagai tanaman tahunan di zona dingin atau sebagai tanaman hias. Persian shield dapat menahan sinar matahari penuh, tetapi warna-warni daunnya bisa lebih bersinar di tempat sebagian teduh.

3. Plectranthus argentatus.

tanaman hias daun outdoor © Instagram

foto: Instagram/@kimgardenfieldfarm

Plectranthus adalah tanaman daun lebat yang biasa tumbuh bebas dan menyukai tanah yang lembap. Daunnya tebal dan sedikit berbulu, dengan ujung yang acak-acakan terlihat seperti warna putih yang beraneka ragam. Sebagai tanaman hias daun, tinggi Plectranthus bisa mencapai 1,5 m.

4. Monstera obliqua.

tanaman hias daun outdoor © Instagram

foto: Instagram/@hobi_tanaman_madiun

Monstera obliqua inilah yang kerap disebut sebagai janda bolong. Monstera obliqua, punya lubang pada permukaan daunnya. Bedanya yakni lubang pada jenis obliqua lebih besar ketimbang adansonii. Monstera obliqua punya tekstur daun lebih tipis dan lembut. Ukurannya juga relatif kecil dan mungil, cocok dijadikan hiasan meja tamu atau meja kerja.

5. Philodendron selloum.

tanaman hias daun outdoor © Instagram

foto: Instagram/@saviraarikha

Serupa tapi tak sama, philodendron selloum kerap disebut mirip dengan tanaman janda bolong. Bukan tanpa sebab, Philodendron selloum juga punya daun terbelah atau sobek mirip jenis monstera. Keunikan tanaman hias ini cocok untuk dekorasi di dalam rumah atau buat hiasan outdoor.

6. Gelombang cinta.

tanaman hias daun outdoor © Instagram

foto: Instagram/@tripsira

Gelombang cinta sempat naik daun sekitar tahun 2007-2008 dan sekarang dijual dengan harga yang tidak semahal dulu. Gelombang cinta dianggap memiliki bentuk daun yang cantik karena memiliki efek bergelombang dengan daun yang lebar, dan memiliki bentuk urat yang menonjol. Biasanya tanaman ini digunakan sebagai tanaman hias indoor maupun outdoor.

7. Alocasia baginda 'Silver Dragon'.

tanaman hias daun outdoor © Instagram

foto: Instagram/@saungamazon

Alocasia silver dragon adalah varietas lain yang sangat dicari karena warnanya yang cantik dan tidak biasa. Jenis ini memiliki daun yang lebih terang dengan lapisan gelap yang menonjol.

Daunnya sangat bertekstur dan hampir lonjong benar-benar berwarna terang, pucat keperakan-kebiruan dengan urat primer dan sekunder berwarna hijau tua hingga biru tua. Melihat bentuk dan warna daunnya yang cantik, tak heran jika Alocasia silver dragon ini menjadi incaran banyak orang.

8. Aglonema.

tanaman hias daun outdoor © Instagram

foto: Instagram/@kediriflora

Jenis tanaman ini juga sering disebut 'Chinese evergreens'. Tanaman hias ini berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Asia. Tanaman hias jenis aglonema ini memiliki warna dan corak daun yang cantik.

Dedaunan aglonema dapat berupa campuran bintik-bintik merah, merah muda, perak, hijau, kuning atau krem yang mencolok dan dapat digunakan untuk menghidupkan dan mewarnai rumah.

9. Coleus.

tanaman hias daun outdoor © Instagram

foto: Instagram/@coleuslady

Coleus merupakan tanaman hias yang populer karena memiliki corak dan warna daun yang beragam. Para pecinta tanaman mengetahui bahwa coleus bukan hanya disukai karena bunganya saja, namun juga daunnya yang berwarna-warni.

Jenis-jenis tanaman hias coleus memiliki corak, warna, dan serat-serat yang beragam dan indah. Pilihlah yang berdaun gelap jika kamu ingin memiliki tanaman hias coleus yang toleran terhadap matahari dan tahan diletakkan di luar rumah.

10. Keladi.

tanaman hias daun outdoor © Instagram

foto: Instagram/@ireeneayu_

Tanaman dengan genus Caladium dan Alocasia ini tengah diincar dan diburu untuk dijadikan pajangan tanaman hias, baik di dalam maupun luar ruangan. Beberapa jenis keladi memiliki warna solid, dua warna solid dengan pertulangan daun berbeda, hingga lebih dari dua warna dalam satu daun. Daunnya yang berwarna-warni dan berbentuk hati membuat tanaman keladi tampak sangat indah dijadikan penghias halaman rumah.