Brilio.net - Demam koleksi tanaman hias masih mewabah sampai sekarang. Meski bukan tren baru, tapi hal ini semakin hits saat masa pandemi berlangsung. Merawat dan mengoleksi tanaman, diyakini jadi salah satu cara terbaik untuk membuang rasa penat. Apalagi dengan merawat tanaman hias akan membuatmu semakin betah di rumah tanpa rasa bosan. Nggak bisa dipungkiri, beragam jenis tanaman hias pun diburu masyarakat. Termasuk juga untuk tanaman aglonema yang jadi salah satu primadonanya.

Merawat tanaman aglonema bisa membuatmu terus merasa penasaran. Pasalnya, ada begitu banyak jenis dari aglonema. Salah satu yang cukup populer adalah aglonema silver queen. Selain di Indonesia, tanaman ini juga eksis di negara China. Tanaman ini banyak diburu para kolektor. Biasanya kamu akan menemukannya sebagai hiasan di sudut-sudut teras rumah. Nah dalam merawat tanaman aglonema, kamu perlu memperhatikan cara perawatannya nih. Karena aglonema silver queen memiliki karakteristik yang berbeda dari jenis lainnya.

Nah mau tahu seperti apa perawatan yang tepat untuk aglonema silver queen? Simak yuk selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari sfgate.com pada Senin (1/2).

1. Pemberian air.

Cara merawat aglonema silver queen © freepik.com

foto: freepik.com

Loading...

Asupan air untuk tanaman jadi salah satu faktor yang memberikan pengaruh penting. Tapi kamu nggak perlu khawatir untuk urusan merawat aglonema silver queen. Karena tanaman ini tergolong dalam jenis tanaman hias yang mudah untuk dirawat pemula. Nah untuk aglonema silver queen, disarankan untuk disiram ketika permukaan tanahnya sudah benar-benar kering. Teknik penyiraman yang baik, akan menghindari busuknya akar pada aglonema silver queen.

2. Perhatikan kelembapan tanaman.

Cara merawat aglonema silver queen © freepik.com

foto: freepik.com

Masih berkaitan dengan teknik pemberian air, kamu juga perlu memeriksa kelembapan tanaman aglonema silver queen milikmu. Cahaya dan kehangatan yang tinggi, cenderung akan meningkatkan kebutuhan air tanaman silver queen. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa kelembapan tanahnya sesering mungkin, dan sesuaikan airnya. Pastikan juga untuk membuang air yang menggenang di bak penampung di bawah pot agar tanamanmu semakin sehat.

3. Kurangi penyiraman saat cuaca dingin.

Cara merawat aglonema silver queen © freepik.com

foto: freepik.com

Disarankan untuk mengurangi penyiraman selama cuaca dingin. Biarkan agar tanah benar-benar kering pada bagian atas, sekitar 1/2 sampai 1 inci. Selain itu, tingkatkan lagi penyiraman ketika suhu sudah mulai hangat, di atas 65 derajat Fahrenheit dan saat tingkat cahaya matahari meningkat.

4. Pahami tahap pemupukan.

Cara merawat aglonema silver queen © freepik.com

foto: freepik.com

Nah teknik pemupukan juga perlu kamu pahami saat merawat tanaman aglonema silver queen. Tanaman ini akan bertahan hidup tanpa pupuk jika ditanam di dalam pot tanah yang subur dan gambut. Namun kalau kamu ingin membuat pertumbuhan daunnya lebih baik, kamu bisa memberikan pupuk yang encer dan ringan selama musim tanam. Hal ini akan lebih baik lagi jika disimpan dengan didukung cahaya yang terang. Untuk mendapatkannya, direkomendasikan untuk mengencerkan 1 sendok teh pupuk dengan 1 galon air. Kamu bisa melakukan penyiraman larutan sebulan sekali selama musim tanam. Pilihlah pupuk yang seimbang seperti pupuk yang diformulasikan khusus untuk tanaman hias dan selalu berikan pupuk pada tanah basah.

5. Perhatikan tampilan tanaman.

Cara merawat aglonema silver queen © freepik.com

foto: freepik.com

Selain dari segi pemberian pupuk dan air, perhatikan juga untuk tampilan dan kebersihan tanaman koleksimu. Salah satu yang bisa terjadi adalah adanya timbunan putih berkerak pada tanah. Kondisi ini bisa terjadi disebabkan oleh garam yang terakumulasi saat pupuk menguap. Nah kalau sudah terjadi, kamu hanya perlu membersihkannya. Caranya, kikis dengan sendok plastik dan basuh tanah dengan air biasa. Tuang air ke dalam pot hingga seluruh bola akar dan air mengalir deras dari dasar pot.

6. Bersihkan debu yang menempel.

Cara merawat aglonema silver queen © freepik.com

foto: freepik.com

Merawat aglonema silver queen di dalam ruangan adalah salah satu pilihan yang baik. Karena merawat tanaman ini di dalam ruangan nggak membuang banyak energi. Bersihkan debu secara teratur dengan kain lembut akan membantu menghilangkan penumpukan kotoran dari daunnya yang lebar dan berlilin. Perawatan ini akan membuat tampilan aglonema silver queen jadi lebih menarik, karena tanaman ini dikenal dengan tampilan daunnya yang mencolok.

7. Pangkas daun-daun yang mati.

Cara merawat aglonema silver queen © freepik.com

foto: freepik.com

Perlu kamu ketahui, daun-daun aglonema silver queen akan mati atau rusak saat terkena angin dingin. Maka dari itu, pangkas daun-daun yang mati di pangkalnya dengan menggunakan gunting pangkas yang tajam dan bersih. Nah jika gunting pangkas sudah digunakan pada tanaman yang sakit, maka seka bilah dengan desinfektan untuk membunuh patogen.

8. Basmi hama.

Cara merawat aglonema silver queen © freepik.com

foto: freepik.com

Nggak bisa dipungkiri, hama seperti kutu putih bisa hinggap pada tanaman aglonema silver queen. Maka dari itu, sering-seringlah memeriksa bagian bawah daun dan mencari penumpukan putih lilin. Namun hati-hati saat menghilangkan penumpukan dengan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol. Infestasi kutu putih yang parah biasanya sulit diobati, dan tanaman harus dibuang. Jadi lebih baik segera tangani permasalahan ini ketika kamu menemukannya sebelum semakin serius. University of Maryland Extension merekomendasikan untuk mengobati infestasi kutu putih yang resisten dengan sabun insektisida.