Brilio.net - Tanaman hias memberikan kesan asri dan menyejukkan suasana. Tidak seperti tanaman lainnya, tanaman hias makin digemari karena mudah ditanam dan dirawat menggunakan berbagai media.

Ada beberapa tanaman yang lebih disukai karena punya keunikan tersendiri. Salah satunya yakni tanaman yang memiliki bentuk daun lucu, bolong atau lubang-lubang. Tanaman hias daun bolong banyak yang termasuk dalam jajaran tanaman monstera.

Pada 2020 monstera jenis janda bolong tiba-tiba hits dan bisa dijual hingga puluhan sampai ratusan juta rupiah. Selain janda bolong atau Monstera Obliqua, masih ada 47 spesies monstera di dunia. Kendati begitu, tidak semua monstera punya daun bolong dan hanya beberapa yang terkenal di Indonesia lho.

Tanaman daun bolong atau sobek-sobek selain jenis monstera juga menarik buat koleksi di rumah. Nah, apa saja tanaman daun bolong untuk melengkapi koleksi? Berikut 10 rekomendasi yang bisa dipilih, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (28/1).

1. Mini monstera.

tanaman hias daun bolong ©Instagram

Loading...

foto: Instagram/@indoorjungledecor

Mini monstera atau dikenal sebagai Rhaphidophora Tetrasperma berasal dari Thailand dan Malaysia. Tanaman hias ini memiliki bentuk seperti monstera, tapi lebih kecil.

Daunnya tampak lebih berlekuk, punya karakteristik lubang besar dan besar terkadang bisa sampai tepi daun. Mini monstera biasanya berwarna hijau tua. Soal harga, kamu bisa mendapatkan tanaman hias ini mulai dari puluhan ribu rupiah.

2. Monstera acuminata.

tanaman hias daun bolong ©Instagram

foto: Instagram/@plant.endeavours

Monstera acuminata biasa tumbuh di atas tanah secara horizontal. Batangnya bisa tumbuh hingga 20 meter.

Ketika masih muda, daunnya akan berbentuk bundar, menyerupai hati, tebal, tanpa lubang, dan ukurannya kecil. Setelah tua, daunnya akan berubah menyerupai bentuk sobek-sobek deliciosa.

3. Monstera epipremnoides.

tanaman hias daun bolong ©Instagram

foto: Instagram/@dindaflora_

Monstera epipremnoides kerap disebut seperti Swiss cheese plant karena tanaman ini punya rongga yang menyerupai keju asal Swiss. Tanaman hias yang mudah ditemui ini bisa tumbuh hingga kurang lebih 3 meter.

Monstera epipremnoides memiliki keunikan yakni jika memasuki usia tua, lubang daunnya justru akan menghilang kemudian berubah jadi menyirip.

4. Monstera punctulata.

tanaman hias daun bolong ©Instagram

foto: Instagram/@vaikoon

Monstera punctulata kerap ditemui di Meksiko bagian selatan. Tanaman hias daun bolong monstera punctulata bisa tumbuh hingga 15 meter.

Selain daunnya cantik, monstera punctulata juga punya batang indah berbentuk pipih hijau ketika masih muda. Saat tua, batang akan berubah jadi warna kecokelatan.

5. Philodendron selloum.

tanaman hias daun bolong ©Instagram

foto: Instagram/@saviraarikha

Serupa tapi tak sama, philodendron selloum juga punya daun terbelah atau sobek mirip jenis monstera. Keunikan tanaman hias ini cocok untuk dekorasi di dalam rumah atau buat hiasan outdoor.

6. Monstera obliqua.

tanaman hias daun bolong ©Instagram

foto: Instagram/@hobi_tanaman_madiun

Monstera obliqua inilah yang kerap disebut sebagai janda bolong. Monstera obliqua, punya lubang pada permukaan daunnya. Bedanya yakni lubang pada jenis obliqua lebih besar ketimbang adansonii.

Tekstur daunnya lebih tipis dan lembut. Ukurannya juga relatif kecil dan mungil, cocok dijadikan hiasan meja tamu atau meja kerja.

7. Monstera adansonii.

tanaman hias daun bolong ©Instagram

foto: Instagram/@folia.houseplant

Lubang-lubang pada daun monstera adansonii ini hanya di permukaan tengahnya saja. Jadi tak sampai sobek-sobek yang membentuk jari-jari pada pinggir daun.

Ukuran daunnya relatif kecil serta memiliki gradasi warna hijau tua dan muda. Dalam pertumbuhannya, batang tanaman monstera adansonii ini tidak terlalu kaku, sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai tanaman gantung yang menjuntai. Selain itu, jenis monstera ini juga dapat tumbuh merambat.

8. Monstera variegata.

tanaman hias daun bolong ©Instagram

foto: Instagram/@plantwithroos

Monstera variegata yang harganya terbilang mahal dibandingkan jenis lainnya. Sebab tanaman ini jarang dijual di pasaran. Warna daunnya unik, perpaduan hijau dan putihnya menghasilkan kontras yang apik.

Bahkan, ada jenis monstera variegata yang hampir seluruh daunnya berwarna putih. Ada pula yang setengah hijau dan setengah putih. Bentuk daun dan motif sobekannya lebih kecil. Pucuk daunnya pun cenderung tumpul, seperti jenis borsigiana.

9. Monstera borsigiana.

tanaman hias daun bolong ©Instagram

foto: Instagram/@dbloomroom_

Monstera borsigiana ini sangat mirip dengan monstera deliciosa. Yang membedakan hanya lubang di daunnya lebih jarang dan ukuran batangnya lebih kecil, serta bulat.

Batang monstera borsigiana juga lebih lunak dibandingkan monstera deliciosa. Tanaman yang cocok dipajang di teras ini daunnya cenderung menjuntai dan ukurannya tidak terlalu besar.

10. Monstera deliciosa.

tanaman hias daun bolong ©Instagram

foto: Instagram/@tanamanstore

Monstera deliciosa menjadi salah satu jenis yang paling terkenal dan banyak dicari. Monstera jenis ini bisa tumbuh subur di temperatur 20-30 derajat Celcius, sehingga cocok diletakkan di dalam ruangan. Karakteristiknya memiliki daun yang lebar, dengan motif sobekan yang memanjang dari tulang daun dan menganga hingga tepi.

Umumnya semakin tua tanaman ini maka warna hijau pada daunnya semakin pekat. Tanaman ini bisa ditanam di tanah, dan tumbuh dengan merambat atau menjalar. Tapi, monstera juga tumbuh subur di pot maupun di dalam vas yang hanya ditambah air.