Brilio.net - Merawat tanaman tak hanya menyiram dan memupuknya saja. Merawat tanaman juga berarti harus melindunginya dari hama. Hama merupakan hewan yang dapat merusak tanaman.

Hewan ini mengganggu atau merusak tanaman sehingga pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terganggu. Hama bisa merusak tanaman secara langsung maupun tidak langsung. Serangan hama ini bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Lambat laun, hama yang menganggu akan membuat tanaman tidak berkembang hingga mati.

Tak hanya menyerang tanaman sayuran atau buah, ternyata hama juga bisa menyerang tanaman hias. Beberapa hama yang dapat menyerang dan merusak tanaman hias yakni kutu putih, scale, laba-laba, ulat bulu, belalang dan lain sebagainya.

Biasanya di dunia pertanian, para petani membasmi hama dengan menggunakan pestisida. Pestisida ini biasanya terbuat dari bahan-bahan kimia yang tak hanya bisa meracuni hewan hawa namun juga manusia, apabila penggunaannya tidak sesuai aturan, atau dalam artian digunakan secara berlebihan.

Supaya tidak membahayakan manusia, maka kamu bisa membuat obat pembasmi hama tanaman dengan menggunakan bahan-bahan alami yang lebih ramah lingkungan. Lalu bahan apa saja yang bisa digunakan sebagai obat pembasmi hama?

Loading...

Berikut 8 obat alami pembasmi hama tanaman hias, brilio.net rangkum dari thespruce.com pada Jumat (29/1).

1. Bawang putih.

Obat pembasmi hama tanaman hias © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Bawang putih bisa dijadikan obat alami pembasmi hama. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur alami.

Cara pemakaian:

1. Kupas dan hancurkan lima umbi bawang putih dan campur dengan 500 ml air. Biarkan bawang putih larut semalaman.

2. Tambahkan sedikit sabun pencuci piring ke dalam campuran, lalu saring melalui saringan halus. Encerkan cairan ini dalam satu galon air, lalu masukkan ke dalam botol semprot.

3. Semprotkan larutan ini ke tanaman 1-2 kali seminggu untuk mengendalikan sebagian besar hama serangga.

2. Tembakau.

Obat pembasmi hama tanaman hias © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Tembakau memiliki kandungan nikotin yang dapat meracuni semua jenis serangga perusak tanaman. Jika di sekitarmu susah menemukan pohon tembakau, kamu bisa gunakan tembakau dari puntung rokok.

Cara pemakaian:

1. Kumpulkan puntung rokok secukupnya untuk mendapatkan daun tembakau.

2. Tempatkan tembakau pada kantung kain atau kaus kaki, rendam dalam satu liter air semalaman.

3. Masukkan air rendaman ini ke botol semprot dan semprotkan pada tanaman.

3. Garam epsom.

Obat pembasmi hama tanaman hias © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Garan epsom atau garam Inggris biasanya digunakan untuk perawatan kecantikan. Namun, kali ini kamu bisa menggunakan garam epsom untuk obat alami pembasmi hama. Garam ini sangat efektif membasmi hama siput dan kumbang. Tak hanya itu, garam epsom juga akan menambah magnesium ke tanah yang meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tanaman.

Cara pemakaian:

1. Garam epsom dapat ditaburkan di sekitar tanaman atau dilarutkan dalam air sebagai semprotan. Untuk membuat semprotan, larutkan satu cangkir garam dalam lima galon air, lalu tuangkan ke dasar semprotan dan oleskan ke tanaman yang terserang hama.

2. Selain itu kamu dapat menaburkan garam di sekitar pangkal tanaman setiap minggu atau lebih.

4. Minyak sayur.

Obat pembasmi hama tanaman hias © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Minyak sayur dapat bekerja dengan melapisi dan membekap serangga berbadan lunak, seperti kutu daun dan tungau. Sehingga bisa digunakan untuk obat alami pembasmi hama tanaman hias.

Cara pemakaian:

1. Campurkan satu cangkir minyak sayur dengan seperempat cangkir sabun cair dan kocok dengan baik.

2. Konsentrat ini dapat disimpan sampai kamu membutuhkannya. Saat merawat tanaman, campurkan satu sendok makan cairan pekat ini dengan empat cangkir air.

3. Hasil terbaik membutuhkan aplikasi ulang seminggu sekali.

5. Cabai.

Obat pembasmi hama tanaman hias © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Cabai adalah salah satu bahan yang mudah ditemukan dan selalu ada disetiap rumah. Cabai dapat digunakan untuk mengusir semut dan lalat putih.

Cara pemakaian:

1. Tempatkan segenggam cabai kering di dalam food processor dan haluskan hingga menjadi bubuk halus.

2. Taburkan di sekitar tanaman untuk mengusir semut dan lalat putih.

3. Kamu bisa menambahkan 1/2 cangkir cabai bubuk ke dalam satu liter minyak hortikultura halus, dan semprotkan ke bagian atas dan bawah daun.

6. Lemon.

Obat pembasmi hama tanaman hias © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Lemon dapat menjadi obat alami pembasmi hama yang efektif membunuh kutu pada daun dan beberapa serangga bertubuh lunak yang dapat merusak tanaman hias.

Cara pemakaian:

1. Parut kulit dari satu buah lemon, dan tambahkan ke dalam satu liter air mendidih.

2. Biarkan campuran terendam semalaman, lalu saring melalui kain tipis atau saringan halus.

3. Tuang campuran ke dasar semprotan dan semprot ke bagian atas dan bawah daun pada tanaman yang terserang.

4. Campuran ini harus bersentuhan dengan tubuh serangga agar efektif.

7. Ampas kopi.

Obat pembasmi hama tanaman hias © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Selain menjadi minuman favorit untuk menemani seseorang bekerja hingga larut malam supaya tidak mengantuk, ampas kopi juga bisa dimanfaatkan untuk menjauhkan siput, lintah dan serangga perusak tanaman. Hal ini dikarenakan ampas kopi yang bersifat abrasif dapat mencegah hama berlendir tidak mendekati tanaman.

Cara pemakaian:

1. Taburkan ampas kopi disekitar tanaman.

2. Gunakan ampas kopi secukupnya untuk mencegah hama dan membantu menutrisi tanaman dengan mineral yang terserap dalam tanah.

8. Daun tomat.

Obat pembasmi hama tanaman hias © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Tanaman tomat, sebagai anggota keluarga nightshade, mengandung senyawa beracun yang disebut alkaloid di daunnya. Saat daun tomat dipotong, mereka melepaskan alkaloidnya. Sehingga dapat membasmi hama berupa kutu daun.

Cara pemakaian:

1. Potong 1-2 cangkir daun tomat dan rendam dalam dua cangkir air. Biarkan terendam semalaman.

2. Saring daunnya menggunakan kain tipis atau saringan halus, lalu tambahkan satu hingga dua cangkir air lagi ke dalam cairan dan tambahkan ke botol semprot.