Brilio.net - Tanaman masih menjadi salah satu obat terampuh untuk melepas rasa lelah. Merawat dan menjaga kesehatan tanaman jadi kesibukan yang membuat hati menjadi senang.

Meski nggak selamanya mudah, namun proses dalam merawatnya pun akan jadi satu pengalaman yang penting. Tentu hasil yang baik akan kamu rasakan ketika tanamanmu bisa subur dengan indah dan sehat.

Keindahan tanaman juga bisa coba untuk merawat tanaman rambat. Yaps, tanaman rambat seringkali terlihat pada bagian eksterior rumah. Fungsinya tentu akan mempercantik tampilan hunianmu dan memberikan kesan asri.

Ada beberapa rekomendasi jenis tanaman yang bisa mulai kamu coba. Ada apa saja? Yuklah simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net pada Senin (28/12) dari berbagai sumber berikut ini.

1. Morning glory.

Jenis tanaman rambat untuk eksterior rumah © freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Kamu pernah lihat tanaman ini? Morning glory bisa jadi koleksi tanaman rambat hias yang cocok di iklim tropis lho. Tanaman ini memiliki tampilan yang cantik pada bunga-bunganya. Sehingga cocok banget nih untuk kamu yang ingin memperindah bagian pagar atau dinding rumah.

Salah satu ciri tanaman ini adalah akan mekar pada pagi hari. Morning glory yang ditanam di daerah panas biasanya memiliki warna bunga ungu, sementara morning glory yang ditanam di daerah dingin memiliki warna biru. Cantik banget!

2. Bougenvile.

Tanaman bougenvile cukup terkenal di kalangan pecinta tanaman. Tanaman rambat ini bisa jadi salah satu pilihan untuk kamu yang ingin mempercantik pagar rumah. Sebagian orang mengenal bougenvile sebagai bunga kertas. Ciri-cirinya memiliki bunga yang berwarna-warni cerah. Bougenville merupakan tanaman musim panas yang berduri dan hijau sepanjang musim.

3. Air mata pengantin.

Tenang, nggak sesedih namanya kok. Tanaman air mata pengantin justru akan memberikan kebahagiaan buat kamu. Tanaman air mata pengantin atau antigonon adalah tanaman rambat hias yang memiliki warna bunga yang cerah dan indah.

Tampilan cantiknya didukung dengan adanya kelopak-kelopak bunga yang memiliki tampilan seperti butiran air mata kecil yang menawan. Salah satu yang bikin jatuh hati adalah bunga air mata pengantin biasanya berwarna merah muda atau putih. Gimana, kamu tertarik?

4. Lee kuan yew.

Lee kuan yew juga nggak kalah direkomendasikan sebagai tanaman rambat hiasmu. Tanaman ini cocok untuk banyak area. Mulai dari dinding, kanopi, balkon, sampai dengan pagar. Lee kuan yew cocok untuk kamu yang berburu tanaman pemberi efek kesejukan. Karena dari segi tampilan, lee kuan yew merupakan tanaman hijau yang menjulur panjang ke bawah. Dijamin deh, suasana asri akan semakin terasa di rumahmu.

5. Anggur.

Jenis tanaman rambat untuk eksterior rumah © freepik.com

foto: freepik.com

Yaps, kamu juga bisa lho coba menanam tanaman buah untuk mempercantik eksterior rumah. Salah satu yang eksis adalah tanaman anggur. Anggur jadi salah satu pilihan yang tepat karena bisa merambat dengan baik di pagar atau kanopi. Nggak hanya dedaunan yang akan mempercantik eksteriormu, buah yang tumbuh juga akan semakin menambah kesan manis.

6. Dollar.

Tanaman dollar juga dikenal dengan sebutan ficus pumila. Jenis tanaman rambat ini sering dimanfaatkan sebagai hiasan pagar atau tembok. Kesan segar bisa kamu dapatkan pada tanaman ini, karena tanaman dollar memiliki warna hijau yang cerah.

Sementara itu, tampilan bagian daunnya mengkilap sehingga menghadirkan kesan yang segar. Nggak heran kalau beberapa orang memilih tanaman dollar sebagai hiasan dinding ataupun tembok pagar rumah. Pasalnya tanaman dollar memiliki akar yang mencengkeram kuat pada bidang rambatnya.

7. Soapwort.

Rekomendasi selanjutnya jatuh pada tanaman soapwort. Tanaman rambat ini memiliki bunga kecil yang indah. Meski begitu, ia justru akan cocok dijadikan hiasan pada area yang kosong seperti pagar, dinding, dan halaman rumah.

Sebelum kamu merawat soapwort, kamu harus memahami terlebih dahulu kriteria tanaman ini. Karena soapwort tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh hingga teduh. Selain itu ia juga akan mentolerir hampir semua jenis tanah asalkan pengeringannya baik. Jadi, jangan sampai salah perawatan ya.

8. Kuku macan.

Eits, jangan takut dulu dengan namanya. Tanaman cantik ini cukup eksis dengan berbagai macam sebutan. Tanaman kuku macan juga dikenal dengan Flame of Irian, anggrek Irian atau melati Irian.

Ciri yang bisa dikenali dari tanaman kuku macan adalah memiliki bunga jingga yang berwarna cerah. Jangan bingung untuk lokasi merawat tanaman ini, karena ada beberapa pilihan yang bisa kamu coba. Seperti pagar, tiang, atau sebagai peneduh untuk kanopi.

9. Alamanda.

Tanaman alamanda juga nggak boleh ketinggalan. Alamanda dikenal dengan nama bunga terompet emas, bunga lonceng kuning, atau buttercup. Sama halnya dengan bougenvile, tanaman ini merupakan jenis tumbuhan perdu. Bunga alamanda memiliki variasi warna yang menarik, mulai dari kuning cerah, ungu, hingga pink. Sehingga cocok banget dimanfaatkan sebagai pemanis pagar rumahmu.

10. Sirih merah.

Jenis tanaman rambat untuk eksterior rumah © freepik.com

foto: freepik.com

Yang terakhir adalah sirih merah. Sirih merah merupakan tanaman herbal yang dikenal banyak khasiatnya untuk kesehatan. Tapi jangan salah, karena tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai hiasan yang cantik untuk eksterior rumah.

Sirih mampu merambat dengan baik di pagar atau dinding rumah lho. Ditambah lagi, akar sirih merah bisa menempel kuat pada media rambatnya. Kesan sejuk bisa kamu dapatkan jika merawat tanaman rambat ini di rumah.