Brilio.net - Di dunia, ada banyak jenis tumbuhan. Dari mulai tumbuhan yang berbunga, menghasilkan buah, bisa dimakan atau pun hanya sekedar dijadikan hiasan, semua tersedia.

Masing-masing tumbuhan tentu memiliki fungsi tersendiri. Seperti tanaman hias, meski tidak dapat menghasilkan buah untuk dimakan, ia dapat membuat tampilan suatu tempat jadi terlihat cantik dan asri.

Salah satu tanaman hias yang kini tengah digemari dan diburu kolektor tanaman hias adalah philodendron. Tanaman philodendron dapat dijadikan sebagai tanaman indoor atau penghias interior ruangan.

Tanaman ini memiliki banyak ragam dan eksotis, sekitar 450 varietas. Beberapa spesies ada yang tumbuh merambat dan ada pula yang tumbuh semak. Kesamaan dari semua jenis philodendron adalah kemampuannya yang bisa tumbuh di berbagai kondisi lingkungan.

Masing-masing jenis philodendron memiliki ciri khas fisik yang berbeda-beda, baik dari bentuk, ukuran, maupun warna daunnya. Untuk kamu yang ingin memelihara philodendron, tapi masih bingung mau pilih yang mana untuk hiasan rumah, berikut 10 jenis tanaman hias philodendron brilio.net lansir dari youhadmeatgardening.com dan sumber lainnya pada Selasa (15/12).

Loading...

1. Philodendron Selloum.

Jenis tanaman philodendron © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@cactus_lover.mx

Philodendron Selloum sekilas memiliki bentuk seperti tanaman monstera. Bentuk daunnya yang mirip dengan jari manusia membuat tanaman ini dikenal dengan istilah unik, yakni philodendron jari.

Daunnya sendiri punya bentuk cantik dan unik. Tak hanya menjadi dekorasi rumah, saat ini beberapa dekorasi pelaminan yang mengambil tema rustic juga menggunakan philodendron selloum sebagai hiasannya.

2. Philodendron Moonlight.

Jenis tanaman philodendron © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@paz_plantlife

Philodendron Moonlight menjadi salah satu jenis philodendron yang paling banyak dimiliki oleh pecinta tanaman hias. Tanaman asli Amerika Selatan ini memiliki warna daun kuning kontras, sehingga jenis ini juga dikenal dengan nama philodendron lemon orange juice. Tanaman ini cenderung mudah dirawat di dalam ruangan.

3. Philodendron Rugosum.

Jenis tanaman philodendron © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@plantingmommy

Philodendron Rugosum berasal dari Ekuador. Jenis ini memiliki nama lain pig skin karena tekstur daunnya menyerupai tekstur pada kulit babi.

Rugosum Philodendron adalah anggota spesies langka nan eksotis. Daunnya tebal berbentuk hati, dengan tekstur kasar dan berpola. Penampilan daunnya yang terlihat kasar dan berwarna hijau cerah, membuat philodendron regosum seperti tanaman plastik.

4. Philodendron Micans.

Jenis tanaman philodendron © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@ihugplants

Philodendron Micans disebut juga dengan philodendron daun beludru. Philodendron yang banyak ditemukan di Meksiko, Karibia, dan Amerika Serikat bagian selatan ini memiliki daun berbentuk hati yang sekilas seperti daun sirih.

Bedanya, philodendron mican memiliki daun dengan tekstur seperti beludru. Daun perunggu kehijauan dengan bagian bawah berwarna karat sangat mencolok. Tanaman ini bisa tumbuh hingga panjang 6 kaki, jadi lebih baik simpan di ruangan yang besar dan luas.

5. Philodendron White Knight.

Jenis tanaman philodendron © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@teraskuhijau

Variasi dan jenis philodendron yang menakjubkan lainnya adalah Philodendron white knight. Philodendron ini berasal dari Amerika Selatan. White knight memiliki daun berwarna hijau dengan bercak putih pada satu sisinya. Kebanyakan, white knight memiliki batang berwarna berwarna ungu/krem.

6. Philodendron Red Cardinal.

Jenis tanaman philodendron © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@theforestcollection_

Philodendron red cardinal sempat menempati posisi teratas di industri tanaman hias Indonesia pada tahun 2007. Philodendron red cardinal memiliki daun dengan warna hijau kemerahan yang akan memberikan efek segar pada sebuah ruangan. Philodendron Imperial Red Cardinal punya daya tahan yang tinggi, misalnya pada suhu atau ruangan dingin.

7. Philodendron Hastatum.

Jenis tanaman philodendron © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@your_succulency

Philodendron Hastatum adalah jenis philodendron yang berasal dari Brasil. Philodendron jenis ini juga sering disebut dengan pedang perak karena bentuk daunnya memanjang seperti pedang yang warnanya dapat berubah dari biru/abu-abu menjadi abu-abu/hijau tua. Hastatum dapat tumbuh merambat, sehingga perlu diberi tiang sebagai rambatannya.

8. Philodendron Xanadu.

Jenis tanaman philodendron © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@mrcigar

Bentuk daun yang dimiliki oleh philodendron xanadu mirip dengan jenis philodendron selloum. Mereka sama-sama memilki daun hijau berbentuk jari dan berdiri dengan tegak. Bedanya, ukuran daun pada jenis ini lebih kecil daripada jenis selloum.

9. Philodendron Florida Ghost.

Jenis tanaman philodendron © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@plantsandsass

Philodendron florida ghost memiliki bentuk daun yang unik. Sekilas bentuknya seperti hantu dalam film kartun yang sedang terbang.

Selain itu philodendron jenis ini juga bisa disebut dengan philodendron merpati. Florida ghost memiliki daun yang sangat beraneka ragam, dari mulai warna hijau tua, belang-belang hingga putih krem dan berdaun penuh.

Jenis philodendron ini juga menarik karena tangkai daunnya yang berwarna merah dan bertekstur kasar. Tanaman ini kuat, tetapi membutuhkan cahaya yang lebih kuat daripada philodendron lainnya untuk menonjolkan variegasinya.

10. Philodendron Pastazanum.

Jenis tanaman philodendron © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@aroidcollector

Philodendron pastazanum memiliki daun besar, lebar, berbentuk hati dengan urat pucat yang bertengger di batang yang panjang. Tunas batang yang muncul berwarna merah dan berkembang menjadi daun yang berkembang dengan baik.

Manfaatkan rimpang menjalar dari wadah persegi panjang untuk membuatnya tumbuh secara alami, meski diletakkan di dalam sebuah ruangan. Warna daunnya dari jenis ini terlihat hijau tua yang menyegarkan apabila dipandang mata.