Brilio.net - Tanaman hias adalah tanaman yang fungsi utamanya adalah sebagai penghias. Fungsi penghias dimaksudkan sebagai pemberi keindahan dan menarik atau bisa dinikmati secara visual, baik yang ditanam di halaman maupun yang berada di ruangan. Sehingga tanaman hias disebut Ornamental plant.

Tanaman yang tidak memiliki bunga juga bisa dijadikan tanaman hias yang tak kalah cantik. Tanaman hias daun, adalah salah satu tanaman yang saat ini bisa dijadikan dekorasi rumah.

Calathea merupakan salah satu tanaman hias daun yang kini banyak dicari oleh pecinta tanaman dan masyarakat awam. Seperti tanaman aglonema, calathea juga memiliki bentuk dan warna daun yang cantik.

Calathea merupakan genus tanaman dari famili Marantaceae. Terdapat puluhan spesies Calathea. Di daerah asalnya, di Amerika Selatan, daun Calathea banyak dijadikan kerajinan tangan seperti anyaman dan pembungkus makanan.

Tanaman hias ini memiliki daun yang lebar berbentuk elips atau oval memiliki daun keunguan dengan corak bergaris berwarna merah muda. Daun ini memiliki karakteristik unik, yakni sensitif terhadap cahaya gelap. Sehingga, calathea cocok dijadikan tanaman hias indoor.

Loading...

Calathea memiliki banyak spesies dalam genus ini. Berikut 10 jenis tanaman hias calathea yang cocok dijadikan sebagai hiasan ruangan dalam rumah, brilio.net lansir dari smartgardenguide.com dan sumber lainnya pada Senin (14/12).

1. Calathea Orbifolia

Jenis tanaman hias calathea © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@houseplant_1984

Calathea jenis ini memiliki daun yang besar dan kokoh dengan pola hampir seperti metalik. Daun hijau bergaris perak bulat dan kasar, tumbuh dengan lebar hampir 12 inchi. Calathea orbifolia memiliki kinerja terbaik di lingkungan dalam ruangan yang hangat dengan suhu berkisar antara 65°F hingga 80°F. Jika suhu turun jauh di bawah 60°F maka calathea akan mengalami kerusakan.

2. Calathea Warscewiczii.

Jenis tanaman hias calathea © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@plantsomethoughts

Berasal dari Kosta Rika dan Nikaragua, Calathea warscewiczii dianggap sebagai tanaman hijau abadi yang lembut. Calathea jenis ini memiliki tekstur seperti beludru berbentuk tombak dan berwarna hijau tua.

Selain itu, daunnya juga memiliki corak hijau muda yang membentuk pola buntut ikan, dengan bagian bawah berwarna ungu. Sehingga calathea ini terlihat cantik.

3. Calathea Makoyana.

Jenis tanaman hias calathea © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@fancyplantschic

Calathea makoyana umumnya dikenal sebagai Tanaman Merak atau Jendela Katedral. Daunnya memiliki corak yang rumit dan berwarna-warni. Daun calathea makoyana memiliki ketebalan yang tipis dengan bagian bawah daunnya berwarna ungu dan hijau muda seperti bulu merak. Calathea makoyana dapat mempercantik ruanganmu, selain itu juga menjadikan sudut rumah jadi lebih estetik.

4. Calathea Veitchiana.

Jenis tanaman hias calathea © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@ilovebeautifulplants88

Calathea veitchiana adalah tanaman asli Ekuador yang dapat tumbuh di daerah yang lembap. Tanaman ini pertama kali ditemukan oleh seorang pecinta tanaman asal Inggris, Richard Pearce pada tahun 1862. Tanaman ini memiliki motif daun yang unik yakni motif seperti bunga dengan garis berwarna putih yang membuatnya sangat cocok disimpan di rumah.

5. Calathea Flamestar.

Jenis tanaman hias calathea © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@salmandaplants

Calathea flamestar memiliki warna daun hijau muda dengan corak garis-garis seperti sapuan kuas. Terdapat pula garis-garis halus yang membingkai daun calathea flamestar. Daun calathea flamestar terdiri dari 2 warna yakni hijau dan putih kekuningan.

6. Calathea Lancifolia.

Jenis tanaman hias calathea © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@plantastic_zh

Calathea lancifolia adalah jenis tanaman hias asli Brasil yang biasanya hidup di area dengan cuaca dingin. Tanaman ini juga disebut sebagai tanaman ular karena bentuk daunnya yang memanjang dan motifnya yang menyerupai ular. Ukuran tanaman yang mencapai 60 hingga 75 cm membuat tanaman ini termasuk tanaman hias yang berukuran besar.

7. Calathea Roseopicta.

Jenis tanaman hias calathea © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@aspiringgreenthumb

Calathea roseopicta atau calathea mawar memiliki daun yang lebar dan bermotif unik dengan warna hijau tua, hijau muda, dan kuning. Ketika musim panas, akan mekar sebuah bunga berukuran kecil yang berwarna putih dan ungu pada tanaman calathea roseopicta.

8. Calathea Crimson.

Jenis tanaman hias calathea © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@sivo_greenjungle

Calathea crimson memiliki daun berwarna ungu muda hingga ungu pekat. Corak garis pada daun Calathea crimson menciptakan gradasi warna yang indah.

9. Calathea Ornata.

Jenis tanaman hias calathea © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@tils_plant_therapy

Calathea ornata berasal dari Amerika Selatan. Kini tanaman ini mulai tumbuh di beberapa negara tropis seperti Thailand dan Indonesia. Jenis ini terkenal akan daunnya yang lebar dan motif daunnya yang unik. Calathea ornata dapat hidup baik di dalam maupun di luar ruangan, tetapi perlu diketahui bahwa jika tanaman disimpan di dalam ruangan mereka tidak akan berbunga.

10. Calathea Zebrina.

Jenis tanaman hias calathea © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@wens_jungle

Calathea zebrina adalah calathea asli Brasil tenggara. Calathea zebrina, juga disebut Tanaman Zebra. Daun hijau muda dan beludru yang mencolok, dengan bagian bawah ungu motif garis-garis hijau tua pada daunnya membuat calathea jenis ini menyerupai Zebra.