Brilio.net - Mengoleksi tanaman hias adalah salah satu hobi yang menyenangkan. Seperti hewan peliharaan, tanaman hias juga butuh diperlakukan dengan khusus supaya tetap segar dan tak mudah layu. Umumnya, merawat tanaman hias yakni dengan cara menyiramnya setiap pagi dan sore, memupuknya, menempatkannya di area yang terkena sinar matahari dan lain sebagainya. Namun, perawatan tanaman hias tetap disesuaikan dengan jenisnya.

Tanaman hias terbagi menjadi beberapa jenis. Dari mulai tanaman hias daun, tanaman hias batang, dan tanaman hias bunga. Sesuai namanya, selain untuk dikoleksi, tanaman hias juga dapat dijadikan penghias rumah baik outdoor maupun indoor. Salah satu tanaman hias bunga yang menjadi primadona di kalangan pecinta tanaman hias adalah begonia.

Tanaman yang bisa ditanam di pot ataupun taman pekarangan ini merupakan genus keluarga dari tanaman Begoniaceae. Selain mudah sekali hidup, begonia juga memiliki warna bunga yang memikat dan cocok tumbuh di daerah tropis. Keanekaragaman tanaman hias begonia menjadikannya salah satu tanaman yang sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias yang sangat indah.

Selain memiliki tampilan yang dapat menambah estetika, tanaman ini juga sangat mudah ditanam dan dirawat. Tanaman begonia memiliki berbagai macam jenis. Jadi kamu bisa memilih sendiri sesuai selera, begonia mana yang bagus untuk menghias rumahmu.

Berikut 10 jenis tanaman hias begonia, brilio.net lansir dari homestratosphere.com dan sumber lainnya pada Kamis (10/12)

Loading...

1. Double begonia.

Jenis tanaman hias begonia © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@littlefamilyinthebigwoods

Begonia double adalah jenis begonia yang memiliki kelopak bunga yang lebat dan besar, sehingga bentuknya terlihat mirip dengan mawar. Karena dapat tumbuh tegak, begonia jenis ini sangat cocok ditempatkan di hamparan bunga.

Selain memiliki kelopak bunga yang indah, begonia double juga memiliki bentuk daun yang menarik dan semakin membuatnya sangat populer sebagai tanaman hias.

2. Wax begonia.

Jenis tanaman hias begonia © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@mamasgardenoflove

Wax begonia atau begonia lilin dikenal juga dengan nama semperflorens. Jenis ini memiliki daun yang tampak seperti dilapisi lilin. Daun dari begonia lilin berbentuk lingkaran dan warnanya terdiri dari berbagai macam, mulai dari merah, putih, hingga merah muda. Namun kebanyakan daun begonia lilin berwarna hijau dan perunggu.

3. Rex begonia.

Jenis tanaman hias begonia © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@plantsnpolyps

Begonia rex atau dikenal juga dengan painted leaf begonia. Begonia ini memiliki warna daun yang cantik perpaduan dari ungu dan silver dengan batang yang berwarna sedikit kemerahan. Perawatan begonia rex ini juga cukup mudah. Jenis ini dapat tumbuh subuh di bawah lampu neon karena tidak membutuhkan banyak cahaya langsung sehingga begonia jenis ini cocok dijadikan dekorasi dalam rumah.

4. Cane begonia.

Jenis tanaman hias begonia © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@begonia.i.kropka

Begonia cane memiliki ciri khas pada batangnya yang menyerupai pohon bambu namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan tipis. Selain itu juga jika tanaman ini sedang mekar, maka akan memiliki bunga berwarna kemerahan yang sangat indah untuk dipandang.

5. Rieger begonia.

Jenis tanaman hias begonia © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@chelseagardencenter

Begonia rieger adalah jenis begonia yang memiliki warna merah cerah, oranye, merah muda, putih, dan kuning. Tanaman ini memerlukan banyak sinar matahari namun jangan diletakkan di bawah sinar matahari secara langsung. Untuk menyiramnya, jangan sampai membasahi daunnya. Cukup basahi tanahnya saja.

6. Hardy begonia.

Jenis tanaman hias begonia © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@catwalk_ye

Jenis begonia ini bisa dikenali dari daunnya yang berbentuk seperti hati dan mempunyai bunga yang yang menggantung keluar dari dahannya. Tanaman ini akan mengeluarkan bunga-bunga indahnya pada pertengahan hingga akhir musim kemarau.

7. Rhizomatous begonia.

Jenis tanaman hias begonia © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@fllowersparadise

Begonia rhizomatous banyak disukai orang karena memiliki tampilan daun yang menarik dengan ukuran lebar dan bunganya yang besar saat mekar. Begonia ini juga biasa disebut sebagai begonia non rex.

8. Dragon wing begonia.

Jenis tanaman hias begonia © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@livingstongeorge1_abby

Karena memiliki tandan bunga gantung, begonia ini bagus dijadikan tanaman hias gantung. Begonia dragon wing akan mekar terus menerus dari musim semi ke musim gugur dan memiliki warna seperti merah muda, putih, dan merah. Di musim dingin, kamu dapat memotongnya kembali dan membawanya ke dalam ruangan tempat yang terang benderang.

9. Solenia begonia.

Jenis tanaman hias begonia © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@balconygardenweb

Begonia jenis ini adalah salah satu begonia campuran dan mempunyai bunga yang sangat indah dengan warna merah layaknya bunga mawar. Sekilas, begonia solenia memiliki bentuk yang hampir sama dengan begonia double. Berbeda dari tanaman begonia lainnya, tanaman ini membutuhkan pencahayaan lebih agar bisa tumbuh subur dan mempunyai daun dengan warna hijau yang cerah.

10. Shrubs begonia.

Jenis tanaman hias begonia © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@zsuzsadvor

Begonia shrubs memiliki beberapa varietas dari mulai kecil hingga besar menjapai 4 meter. Jenis ini memiliki tampilan yang berkilau dan ada juga yang memiliki bulu-bulu halus seperti kain beludru dan memiliki bunga yang sebagian besar berwarna putih, merah dan pink.