Brilio.net - Berkebun menjadi salah satu hobi yang digemari oleh masyarakat. Tak hanya masyarakat yang tinggal di pedesaan saja, masyarakat yang tinggal di perkotaan kini juga mulai menyukai aktivitas berkebun.

Tak harus memiliki lahan luas, saat ini semua orang bisa berkebun di lahan terbatas dengan beberapa macam metode berkebun. Dengan menanam tanaman di pot, menjadi alternatif berkebun di lahan sempit.

Biasanya tanaman yang ditanam di pot adalah tanaman hias. Tanaman hias pun terbagi menjadi beberapa macam, dari mulai tanaman hias bunga hingga tanaman hias daun. Salah satu tanaman yang dulu tidak memiliki nilai keistimewaan, justru saat ini booming adalah keladi.

Tanaman hias keladi sekarang ini menjadi salah satu tanaman primadona. Bahkan tanaman dengan genus Caladium dan Alocasia ini tengah diincar dan diburu untuk dijadikan pajangan tanaman hias, baik di dalam maupun luar ruangan. Daunnya yang berwarna-warni dan berbentuk hati membuat tanaman keladi tampak sangat indah dijadikan dekorasi ruangan.

Beberapa jenis keladi memiliki warna solid, dua warna solid dengan pertulangan daun berbeda, hingga lebih dari dua warna dalam satu daun. Tersedia banyak macam keladi yang cocok dijadikan hiasan rumah yang perlu kamu ketahui jika kamu ingin menjadikan keladi sebagai salah satu tanaman hias di rumahmu.

Loading...

Nah, berikut 10 jenis tanaman hias keladi berdaun cantik, seperti dilansir brilio.net dari thespruce.com dan sumber lainnya pada Rabu (2/11).

1. Keladi pink love.

Jenis tanaman keladi hias © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@ireeneayu_

Keladi yang pertama adalah keladi jenis pink love. Keladi ini paling banyak dijual di pasaran karena motif daunnya yang cantik. Keladi pink love memiliki bentuk hati berwarna merah muda di bagian tengah daunnya yang hijau.

2. Keladi ace of heart.

Jenis tanaman keladi hias © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@hijau.corner

Keladi jenis ace of heart memiliki corak daun yang hampir mirip dengan jenis pink love. Bedanya, keladi ace of heart memiliki motif hati berwarna putih pada tengah daunnya dan warna merah di bagian tulang daunnya.

3. Keladi moonlight.

Jenis tanaman keladi hias © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@plantgazing

Keladi moonlight memiliki warna daun yang hampir sepenuhnya berwarna putih. Pada warna putih daun, terdapat urat-urat halus berwarna hijau serta pinggiran tipis daun yang juga berwarna hijau. Dinamakan moonlight karena corak warnanya seperti cahaya rembulan di malam hari.

4. Keladi gingerland.

Jenis tanaman keladi hias © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@louca_por_plantass

Sama-sama memiliki warna daun dominan putih, keladi gingerland memiliki daun berbentuk hati dan berukuran kecil hingga sedang. Warna daunnya adalah putih lembut dengan pinggiran hijau tua dan totol-totol merah atau merah muda.

5. Keladi fiesta.

Jenis tanaman keladi hias © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@nurisfloristktc

Keladi fiesta memiliki ciri warna daun dengan perpaduan merah, putih, dan hijau. Tulang daun jenis ini berwarna merah sedangkan daun muda berwarna hijau yang lama kelamaan akan memutih dengan warna hijau yang membingkai daun.

6. Keladi carolyn.

Jenis tanaman keladi hias © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@florabukanfauna

Daun berbentuk hati pada keladi carolyn atau carolyn whorton ini memiliki warna dasar hijau dengan bercak-bercak merah muda yang dipercantik lagi oleh tulang daunnya yang berwarna merah.

7. Keladi white christmas.

Jenis tanaman keladi hias © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@thetanduran

Hampir mirip dengan jenis moonlight, keladi white christmas ini juga didominasi warna putih pada daunnya. Keladi white christmas memiliki tulang daun yang berwarna hijau pekat sehingga tampil kontras dan kuat dibandingkan dengan warna putih daun.

8. Keladi red jaguar.

Jenis tanaman keladi hias © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@nuansaaglaonemakediri

Keladi red jaguar memiliki daun yang dominan berwarna merah. Di pinggir daun ada sedikit warna hijau dan putih sebagai garis pinggir. Tulang daun yang red jaguar juga memiliki warna merah namun sedikit lebih gelap dari warna daunnya.

9. Keladi tikus.

Jenis tanaman keladi hias © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@antieforestra

Keladi tikus berwarna hijau dengan sedikit corak berwarna putih di pinggir daunnya. Corak ini jika diperhatikan dengan seksama membentuk wajah seekor tikus dan memiliki ekor pada daunnya.

10. Keladi green spider.

Jenis tanaman keladi hias © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@dian_ayuwardani

Seperti namanya, keladi green spider memiliki daun dengan corak seperti laba-laba. Corak ini berwarna hijau di bagian tulang daunnya dan dengan dasar warna daun merah.