Brilio.net - Tanaman hias di rumah atau pekarangan akan memberikan warna yang menghibur mata dan menenangkan hati. Selain sebagai pelengkap sudut rumah, alasan seseorang menanam tanaman hias karena beberapa jenisnya punya kesan keindahan yang dimunculkan. Sehingga akan memberikan kesan makin indah dan asri.

Memilih tanaman hias yang mudah dirawat adalah cara praktis yang tepat. Tanaman hias memiliki berbagai jenis dan karakter. Ada yang cocok ditanam ketika musim hujan ada pula yang cocok ditanam saat musim panas atau kemarau. Pasalnya tidak semua jenis tanaman bisa hidup di tengah musim hujan. Bahkan ketika tergenang air bisa membuatnya busuk dan mati.

Guna mengetahui bagaimana cara merawat tanaman agar tetap hidup, kamu harus memilih tanaman sesuai musimnya. Pasalnya tanaman hias membutuhkan perawatan dan perhatian lebih. Sebab tanaman hias berbeda dengan tanaman biasa yang mudah dirawat apabila tidak terlalu memiliki banyak waktu.

Beruntung ada beberapa macam tanaman hias yang tahan air hujan yang cocok untuk eksterior. Penasaran apa saja tanaman hias tahan air hujan? Berikut ulasannya seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (27/11).

1. Kembang sepatu.

Tanaman hias tahan air hujan © 2020 brilio.net/ freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Tanaman hias tahan air yang pertama yakni kembang sepatu atau Hibiscus rosa sinensis L. Kembang sepatu merupakan tanaman yang kerap ditemukan di pekarangan rumah karena mudah tumbuh. Bahkan bunganya tetap bermekaran di musim penghujan sekalipun.

Bentuk bunga ini seperti terompet. Jadi, taman kamu akan tetap indah dengan aneka warna-warni bunga kembang sepatu. Selain itu daun kembang sepatu ini juga bisa digunakan sebagai obat. Diantaranya untuk obat demam anak-anak, obat batuk, dan sariawan.

2. Bunga fuchsia.

Tanaman hias tahan air hujan © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Tanaman hias bernama fuchsia ini justru akan mudah mati ketika musim panas. Namun, ketika musim hujan, fuchsia justru relatif mudah dipelihara. Sebab, tanaman tersebut butuh asupan air yang cukup banyak. Ketika hujan turun, tanah akan menjadi lembap dan membuatnya bisa hidup tahan lama.

3. Bunga melati.

Tanaman hias tahan air hujan © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Bunga beraroma kuat ini merupakan salah satu jenis bunga musim hujan. Jadi, kamu enggak perlu takut tanaman melati gugur atau mati di saat musim penghujan. Selain itu tanaman ini juga dikenal dengan sebutan gadharaja karena bau yang manis.

Kamu dapat menggunakan tanaman hias melati sebagai tanaman container, pagar tanaman, dan lain sebagainya. Selain membuat penampilan pekarangan rumah menjadi indah, bunga melati juga punya aroma yang sangat khas.

4. Bunga mawar.

Tanaman hias tahan air hujan © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Bentuknya yang cantik, warnanya yang banyak, dan aromanya yang khas, membuat bunga mawar tetap menjadi idola untuk dijadikan hiasan pekarangan.

Saat musim hujan, mawar biasanya tumbuh subur, bersemi dan mengeluarkan daun-daun serta cabang baru. Mawar juga akan tetap berbunga atau bahkan berbunga lebat saat musim hujan tiba. Untuk membuat tanaman ini berbunga lebat, cobalah beri pupuk kandang dan juga ditambahkan NPK secara rutin.

5. Bunga bougenville.

Tanaman hias tahan air hujan © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Bunga bougenville atau bunga kertas adalah adalah salah satu tanaman hias yang sering kita jumpai di pinggir jalan, halaman rumah maupun taman. Bunga ini memiliki beragam warna yang unik dan lebat, seperti, orange, pink, ungu dan juga pink. Tanaman ini tak memiliki perawatan khusus dan peliharaannya mudah.

Tanaman bougenville bahkan bisa hidup dengan segala kondisi cuaca, baik panas maupun musim hujan. Selain untuk mempercantik suasana, bougenville juga berfungsi menyerap debu, meredam getaran suara jika ditanam di taman ataupun pekarangan rumah.

6. Bunga geranium.

Tanaman hias tahan air hujan © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Tanaman geranium ini memiliki fungsi untuk mengusir nyamuk. Jika ditanam di dekat drainase saluran terbuka, akan mencegah nyamuk-nyamuk berkumpul. Pasalnya aroma dari bunga ini tak disukai oleh nyamuk. Bahkan daunnya juga bisa direbus dan dijadikan teh untuk obat.

Nah, untuk menanam dan merawat bunga geranium juga sangat mudah, sebab bunga ini bisa bertahan hidup di cuaca panas atau pun hujan.

7. Bunga teratai.

Tanaman hias tahan air hujan © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Tanaman bunga teratai ditopang oleh daun yang berukuran lebar dan berbentuk bulat yang terapung di atas permukaan air. Tangkai akan tumbuh menjulang ke atas dengan ketinggian sekitar 5 cm, yang kemudian akan memunculkan kelopak bunga.

Apabila kamu memiliki kolam di rumah, teratai bisa jadikan sebagai alternatif tanaman hias yang bisa ditanam saat musim hujan. Teratai merupakan bunga musim hujan paling eksotis yang dapat kamu miliki di pekarangan rumah.

Mengingat habitat tanaman ini yang berada di air, teratai bisa jadi pilihan untuk ditanam saat musim hujan.