Brilio.net - Tanaman philodendron kini tengah digemari dan diburu kolektor tanaman hias. Pasalnya philodendron ini merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki keindahan pada daunnya.

Tanaman philodendron menjadi primadona sebagai tanaman indoor maupun interior ruangan.

Tanaman ini memiliki banyak ragam dan eksotis, sekitar 450 varietas. Beberapa spesies ada yang tumbuh merambat dan ada pula yang tumbuh semak. Kesamaan dari semua jenis philodendron adalah kemampuannya yang bisa tumbuh di berbagai kondisi lingkungan.

Masing-masing jenis memiliki ciri khas fisik yang berbeda-beda, baik dari bentuk, ukuran, maupun warna daunnya. Kelebihan dari tanaman ini yaitu cara perawatannya yang terbilang mudah.

Penasaran bagaimana cara merawat tanaman philodendron agar tumbuh subur? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (4/11).

Loading...

1. Sinar matahari.

merawat tanaman Philodendron  © berbagai sumber

foto: Instagram/@floraku.id

Untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup, kamu bisa meletakkan tanaman philodendron di lokasi yang terang, namun tidak terpapar sinar matahari langsung. Jika terdapat beberapa daun yang menguning bersamaan, hal ini menandakan tanaman terlalu banyak mendapat cahaya.

Sebaliknya, jika batangnya berkerut dan tumbuh panjang, itu pertanda kurang mendapat cahaya matahari.

2. Penyiraman.

merawat tanaman Philodendron  © berbagai sumber

foto: freepik.com

Lakukan penyeimbangan antara tanah lembap tetapi tidak basah ketika merawat tanaman hias ini. Philodendron membutuhkan kelembapan untuk membantu tanaman berkembang.

Lakukan penyiraman dengan air secukupnya, jangan sampai terlalu banyak hingga tanaman tersebut tergenang air. Sebab jika terlalu banyak tergenang, akar philodendron akan membusuk. Siram 2-3 kali seminggu jika kamu menempatkannya dalam ruangan.

3. Pemupukan.

merawat tanaman Philodendron  © berbagai sumber

foto: freepik.com

Untuk perawatan selanjutnya, lakukan pemupukan 5-6 kali dalam setahun. Disarankan untuk menggunakan pupuk cair khusus tanaman daun agar daun bisa berkembang lebih besar dan berwarna hijau sempurna. Warna daun yang pucat menandakan tanaman kurang mendapatkan nutrisi.

4. Perkembangbiakan.

merawat tanaman Philodendron  © berbagai sumber

foto: Instagram/@orchidtree.hebbal

Jenis tanaman hias philodendron ini dapat diperbanyak dengan tiga cara, yaitu stek batang, stek bonggol, hingga pemisahan anakan.

Untuk stek batang, cara melakukannya adalah mengikuti sesi pemangkasan untuk memastikan daun yang telah dipangkas tidak sia-sia, dan dapat digunakan untuk membuat tanaman baru.

Setelah tanaman dipotong, letakan potongan tanaman tersebut di toples air. Biarkan di tempat yang hangat agar akar tumbuh. Namun jika menanamnya di tanah, agar bekas potongan batang tidak berjamur, maka dianjurkan mengolesinya dengan fungisida. Kemudian tanam di pot, biasanya akar akan muncul dalam jangka waktu 2 minggu.