Brilio.net - Saat ini hobi menanam dan memelihara tanaman hias menjadi suatu tren yang banyak diminati oleh masyarakat. Dari tren tersebut bahkan ada beberapa tanaman hias yang naik daun dan dibanderol dengan harga jutaan rupiah pertangkainya.

Tanaman hias dianggap mempunyai nilai seni dan kebanggaan di dalamnya baik itu dari daun, bunga, batang hingga akarnya. Tanaman-tanaman ini akan menciptakan suasana ruangan yang segar dan menarik untuk dilihat. Tak heran jika ada tanaman hias yang unik, bisa mencapai harga jutaan rupiah.

Selain dapat mempercantik sudut-sudut rumah, ternyata memiliki tanaman hias di dalam rumah memiliki manfaat bagi kesehatan. Kesan sejuk dan natural dari tanaman juga dapat meningkatkan perasaan nyaman di dalam ruangan. Apalagi dengan iklim Indonesia yang cenderung panas.

Manfaat tersebut sepadan dengan usaha yang dilakukan dalam mengatur rutinitas dalam menyiram dan memberi pupuk tanaman hias di rumah. Peneliti telah memeriksa klaim tersebut dan menemukan kebenarannya.

Berikut 10 manfaat tanaman hias indoor untuk kesehatan, dirangkum brilio.net dari ecowatch.co dan sumber lainnya pada Rabu (21/10). 

Loading...

1. Membantu meningkatkan kesehatan mental.

Manfaat tanaman hias indoor © 2020 brilio.net

foto: freepik

Tumbuhan secara alami dapat membantu menyembuhkan suatu gangguan kesehatan tanpa harus mengonsumsinya. Hanya dengan memiliki tanaman hias indoor di rumah, kesehatan mental seseorang dapat meningkat.

Para peneliti di Inggris menemukan bahwa orang-orang yang tinggal di sekitar alam merasa jauh lebih bahagia daripada mereka yang tidak. Ini bukan hanya tentang mereka yang tinggal di pedesaan. Hanya melihat tanaman hijau di dalam rumah juga akan membantu meningkatkan kesehatan mental.

Tanaman akan melepaskan oksigen ke udara dan mengambil karbondioksida. Udara akan lebih bersih dan segar ketika kamu memiliki tanaman hias di dalam atau di sekitar rumah. Tentu saja, lebih banyak oksigen berarti tubuh dapat bekerja lebih efektif. Otak akan merasa tidak terlalu lelah dan keruh, yang berarti semua koneksi dalam otak dapat ditingkatkan. Dengan begitu, kesehatan mentalmu akan lebih terjaga.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat tanaman hias indoor © 2020 brilio.net

foto: freepik

Tumbuhan membantu memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan sistem kekebalan, terutama selama musim flu. Sebagian dari ini terkait dengan manfaat mental. Ketika kamu tidur lebih banyak dan merasa lebih rileks, sistem kekebalan bisa bekerja lebih banyak dan lebih baik.

Tanaman memiliki phytoncides dan bahan kimia di udara lainnya. Bahan kimia ini membantu mengurangi stres yang kamu rasakan sepanjang hari. Ketika stresmu berkurang, sistem kekebalan tubuh mendapat dorongan alami.

3. Memperlancar pernapasan.

Manfaat tanaman hias indoor © 2020 brilio.net

foto: freepik

Seperti yang sudah dijalaskan pada poin pertama, tanaman akan melepaskan oksigen ke udara. Kita menghirup oksigen dan melepaskan karbondioksida. Tanaman menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen selama fotosintesis.

Dengan menambahkan tanaman ke dalam rumah, sama saja dengan meningkatkan kadar oksigen dan akan menuai banyak keuntungan dari pertukaran gas ini, sehingga dengan adanya tanaman hias di dalam rumah atau di sekitar rumah akan memperlancar pernapasan sekaligus membuat pernapasan jadi lebih sehat.

4. Mengurangi alergi dan asma.

Manfaat tanaman hias indoor © 2020 brilio.net

foto: freepik

Studi yang dilakukan oleh University of Agriculture di Norwegia menemukan bahwa tanaman hias dapat membantu meringankan gejala alergi. Dalam studi ini ditunjukkan bagaimana tanaman indoor dapat mengurangi batuk, sakit tenggorokan, dan 30 persen gejala asma.

5. Meningkatkan fungsi kognitif.

Manfaat tanaman hias indoor © 2020 brilio.net

foto: freepik

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa 70 persen akan lebih fokus di dalam kelas ketika di dalamnya terdapat tanaman hias. Penelitian lain yang dilakukan di Texas A & M University menunjukkan bahwa karyawan di sebuah ruangan yang berisi tanaman menghasilkan ide 13 persen lebih tinggi, dari karyawan yang di ruangan kerjanya terdapat patung.

6. Sebagai terapi saraf.

Manfaat tanaman hias indoor © 2020 brilio.net

foto: freepik

Siapa pun pasti menginginkan ruangan yang harum, tetapi kebanyakan orang mendapatkan keharuman rangan melalui bahan kimia, bukan harum alami. Tentu hal ini sangat berbahaya. Tanaman hias dapat berfungsi sebagai terapi saraf.

Beberapa jenis tanaman hias mempunyai manfaat sebagai aroma terapi yang bisa membuat wangi pada ruangan sekaligus membuat saraf lebih rileks dan tidak tegang.

7. Mencegah penyakit paru-paru.

Manfaat tanaman hias indoor © 2020 brilio.net

foto: freepik

Kualitas udara bisa menjadi masalah besar, seperti mengakibatkan gangguan pernapasan yang dikarenakan ada penyakit di dalam paru-paru. Hal ini karena udara yang kita hirup ternyata tidak sehat dan membawa bakteri serta virus.

Salah satu manfaat tanaman hias adalah mencegah penyakit paru-paru. Mereka mengatasi polutan di udara, dengan langsung memperbaiki keseimbangan udara. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan udara yang lebih aman dan sehat untuk dihirup.

8. Meningkatkan kualitas tidur.

Manfaat tanaman hias indoor © 2020 brilio.net

foto: freepik

Masalah yang sering dialami oleh banyak orang yaitu masalah gangguan tidur, atau biasa disebut insomnia. Dengan meletakkan tanaman hias yang memiliki bunga seperti lavender atau bunga melati dalam pot, kamu akan mendapatkan waktu tidur yang lebih berkualitas.

Tanaman-tanaman berbunga mampu menurunkan detak jantung dan tekanan darah, serta mengurangi kecemasan, stres, dan rasa sakit yang biasa mengganggu tidur. Dengan kehadiran tanaman ini di dalam kamar, tidurmu akan lelap seperti bayi.

9. Membuat udara lebih lembap dan tidak kering.

Manfaat tanaman hias indoor © 2020 brilio.net

foto: freepik

Tanaman melepaskan hampir semua air yang mereka ambil. Air ini akan membantu meningkatkan kualitas udara dan kesehatanmu. Udara kering dapat menyebabkan iritasi pada paru-paru dan menyebabkan masalah seperti mulut kering dan kepanasan. Hal ini disebabkan tubuh membutuhkan kelembapan sebanyak mungkin. Tanaman hias menjadi cara mudah dan sederhana untuk menjaga dan menambah kelembaban udara.

10. Meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Manfaat tanaman hias indoor © 2020 brilio.net

foto: freepik

Kadar karbondioksida yang berlebih dalam ruangan dapat membuatmu mudah lelah. Kondisi ini tentu mengganggu kelancaran aktivitas dan menurunkan tingkat produktivitasmu. Dengan adanya tanaman hias di dalam ruangan, karbondioksida akan terserap dan tergantikan oleh oksigen yang dibutuhkan tubuh. Kamu pun dapat kembali fokus melanjutkan apapun pekerjaanmu.