Brilio.net - Calathea, mendengar namanya mungkin bagi sebagian orang masih asing. Namun, ketika kamu sudah melihat tampilannya, kamu pasti sudah tak asing lagi dengan tanaman hias ini.

Tanaman tersebut memiliki banyak corak pada daunnya. Sehingga banyak pecinta tanaman mencari tanaman calathea untuk dijadikan hiasan ruangan atau rumah.

Setidaknya ada tujuh jenis tanaman calathea yang populer di Indonesia. Salah satunya calathea black lipstick.

Tanaman hias ini memiliki daun yang lebar berbentuk elips atau oval memiliki daun keunguan dengan corak bergaris berwarna merah muda. Daun ini memiliki karakteristik unik, yakni sensitif terhadap cahaya gelap. Sehingga, calathea cocok dijadikan tanaman hias indoor.

Pada malam hari daunnya akan menggulung seperti sedang berdoa. Sehingga, tanaman ini juga disebut dengan prayer plant.

Loading...

Tanaman yang berasal dari wilayah Amerika Selatan ini termasuk genus tanaman milik Marantaceae. Calathea black lipstick bisa tumbuh dengan ketinggian maksimal 30-50 cm.

Buat pecinta tanaman hias pemula yang ingin mencoba budidaya calathea sendiri, caranya cukup mudah loh. Terlebih tanaman ini juga dapat dijadikan sebagai ladang bisnis.

Berikut ulasanya seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (22/10).

Cara menanam calathea black lipstick.

merawat calathea black lipstick berbagai sumber

foto: Instagram/@didoet

1. Siapkan bibit calathea black lipstick, bisa ambil anak daun yang sehat dan pisahkan dengan akarnya. Sediakan media tanam seperti akar pakis, daun bambu yang busuk, pupuk kandang, ataupun sekam. Serta pot ukuran sedang atau besar.

2. Kemudian masukkan media tanam pada pot, buatlah lubang tanamannya sedalam 5-10 cm. Pastikan ukuran potnya besar.

3. Lalu masukkan bibit ke dalam lubang tanah, padatkan media tanam di sekitar bibit. Hal ini agar bibit tidak mudah roboh karena akarnya masih belum cukup kuat untuk menahan batang rumbut berdiri tegak.

4. Setelah ditanam di pot, berikan air agar media tanam tetap lembap.

5. Letakkan pot di tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Sebab habitat tanaman calathea ini hidup di pedalaman hutan lembap. Kamu bisa meletakkannya di teras ataupun di dalam rumah.

Cara merawat calathea black lipstick.

1. Mendapatkan sinar matahari.

merawat calathea black lipstick berbagai sumber

foto: Instagram/@niaraparamitha

Tanaman calathea black lipstick adalah jenis tanaman hias daun yang tidak dapat menerima sinar matahari secara langsung. Sehingga, tanaman hias ini perlu ditempatkan di tempat yang menerima cahaya terang tetapi tidak langsung. Dengan lokasi yang minim cahaya, calathea akan tetap hidup dan berkembang dengan baik.

Sebaiknya tanaman calathea ditempatkan di dalam ruangan atau tempat yang tidak secara langsung terkena sinar matahari. Cara tersebut akan membuat daunnya memunculkan warna yang optimal dan memancarkan kesan elegan yang kuat.

2. Penyiraman yang cukup.

merawat calathea black lipstick berbagai sumber

foto: Instagram/@shf_82

Kontrol terhadap kelembapan media tanam dan lingkungan sekitar bisa dilakukan melalui penyiraman yang cukup. Tanaman ini memang membutuhkan banyak air namun, melakukan penyiraman setiap hari dapat menyebabkan tanaman mati membusuk.

Pastikan pot yang digunakan dapat mengalirkan sisa air sehingga tidak menggenang. Lebih baik siramlah tanaman ini dengan memperhatikan kondisi media tanamnya. Lakukan penyiraman saat media tanam terlihat sedikit kering.

3. Pemupukan.

merawat calathea black lipstick berbagai sumber

foto: Instagram/@housetree.co

Pemberian pupuk diawal penanaman, disarankan satu bulan 1 kali. Selanjutnya, pemupukan dan pemberian obat pada tanaman hias calathea dilakukan tiga bulan sekali atau dua minggu sekali tergantung kondisi tumbuhan.

Tanaman ini umumnya tidak mudah terkena penyakit ataupun hama. Kamu bisa memberikan pupuk kandang, NPK dan lainnya.

Kemudian secara teratur gantilah pot atau wadah dan media tanam 6 bulan sekali agar calathea lebih sehat dan subur. Perlu menjadi catatan bahwa media tanamnya jangan sampai dicampurkan dengan tanah, karena dapat membuat tanaman menjadi busuk.