Brilio.net -  

Tanaman lidah mertua menjadi tanaman yang populer di setiap rumah. Tanaman ini dipelihara banyak orang karena bentuknya yang cantik dan mudah dalam perawatannya. Tak hanya itu, tanaman ini memiliki berbagai macam manfaat.

Manfaat tersebut di antaranya yakni dapat menyaring udara dalam ruangan, menyerap zat racun di udara, membuat udara lebih lembap, serta meredakan stres. Dengan banyaknya manfaat tersebut, jadi tak heran kalau tanaman ini begitu digandrungi.

Dari segi karakteristik, lidah mertua memiliki daun yang keras seperti sukulen, tegak dengan kombinasi warna yang unik, dan ujungnya meruncing. Oleh karena itu tanaman lidah mertua menjadi pilihan menarik yang memberikan kesan asri dan segar.

Bentuknya seperti mata pedang, tanaman lidah mertua juga mendapat julukan lain yakni pedang-pedangan. Tanaman ini pun cocok ditanam langsung ditanah ataupun di tanam di pot.

Loading...

Tanaman yang dikenal dengan Sansevieria ini sering kali dijadikan dekorasi ruangan agar menjadi lebih indah. Baik untuk area ruang tamu, ruang keluarga, ataupun kamar pribadi. Bagi kamu yang tertarik, tanaman ini begitu banyak dijual di pasaran. Tak perlu khawatir cara merawat tanaman ini nggak ribet dan cukup mudah.

Berikut ulasanya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, 5 cara merawat tanaman lidah mertua agar indah dan antilayu, Rabu (21/10).

-1. Memberikan sinar matahari yang cukup.

Cara merawat tanaman lidah mertua © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Cara merawat tanaman lidah mertua yang pertama yakni memberikan sinar matahari yang cukup. Hal ini dilakukan agar bunga lidah mertua dapat tumbuh dengan baik. Meskipun tanaman ini dapat hidup di dalam ruangan atau di tempat yang redup, namun kebutuhan sinar matahari perlu diperhatikan.

Kamu bisa meletakkan tanaman ini di dekat jendela yang yang memungkinkan adanya sinar matahari yang masuk. Atau jika tidak memungkinkan, pastikan untuk menjemurnya setiap dua hari sekali. Tapi, jangan menjemurnya terlalu lama, karena lidah mertua mudah terbakar. Setelah dirasa cukup, kemudian bisa diletakkan di dalam ruangan lagi.

-2. Menyiram dua kali seminggu.

Cara merawat tanaman lidah mertua © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Cara perawatan yang kedua yakni secara rutin menyiramnya dua kali seminggu. Karena tanaman ini termasuk dalam golongan sukulen, jadi tidak membutuhkan banyak air dan mampu bertahan di daerah yang panas dan dengan persediaan air yang minim. Penyiraman yang terlalu sering justru akan membuat tanaman ini cepat busuk dan mati.

Oleh sebab itu, sebaiknya kebutuhan air cukup diberikan setiap dua kali seminggu saja. Ingat, pastikan tanah benar-benar kering sebelum kamu menyiramnya kembali. Jangan biarkan air menumpuk di tengah daun karena dapat menyebabkan daun lembek, layu, dan membusuk.

-3. Menggunakan pupuk organik.

Cara merawat tanaman lidah mertua © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Langkah ketiga yakni dengan memberikan pupuk organik. Penggunaan pupuk juga perlu diberikan agar tanaman lidah mertua dapat tumbuh dengan baik. Pemberian pupuk pada tanaman lidah mertua ini lebih baik menggunakan pupuk organik dibandingkan pupuk cair.

Pupuk organik akan terurai dalam waktu cukup lama, sehingga lebih cocok pada tanaman lidah mertua yang tidak terlalu menyukai kondisi lembab. Dalam hal ini kamu tak perlu sering-sering memberikan pupuk pada lidah mertua di rumah. Agar tanaman tidak layu akibat kelebihan nutrisi yang diserapnya.

-4. Bersihkan dari gulma.

Cara merawat tanaman lidah mertua © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@anti.ardwianti

Cara selanjutnya yakni membersihkan tanaman lidah mertua dari gulma. Kamu bisa menggunakan semprotan anti gulma dan hama untuk mengatasi masalah yang mungkin timbul. Selain itu juga bisa membersihkan pot dan tanah yang digunakan untuk menanam lidah mertua dari rumput liar yang tumbuh.

Tanah yang bersih dari gangguan gulma, tentu saja bisa memberikan lingkungan yang baik untuk tanaman lidah mertua tumbuh dengan subur. Maka fungsi dari tanaman ini pun dapat berjalan secara optimal.

-5. Gunakan media tanam yang cepat meresap air.

Cara merawat tanaman lidah mertua © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Cara perawatan terakhir yang bisa kamu lakukan yakni menggunakan media tanam, yang cepat meresap. Sebab biasanya masalah utama yang kerap terjadi dan bisa membunuh tanaman ini adalah akar yang busuk.

Akar yang busuk biasanya disebabkan oleh kondisi tanah, yang terlalu basah sehingga bagian akar terendam air terlalu lama. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan media tanam seperti sekam bakar, pasir malang, dan pakis.