Brilio.net - Tanaman hias selain untuk mempercantik pemandangan, juga sebagai peneduh. Salah satu jenis tanaman yang bisa untuk hiasan sekaligus peneduh adalah pohon palem.

Pohon palem ini memiliki banyak jenis, mulai dari palem merah, palem kuning, palem kipas, palem bambu, palem phoenix dan banyak lainnya.

Palem dapat tumbuh dengan baik di lingkungan beriklim tropis dengan suhu berkisar 20-35 derajat Celcius.

Nah, untuk pembibitan pohon palem dapat dilakukan dengan metode pembijian dan anakan. Tapi, cara yang terbaik adalah menggunakan biji.

Ya pembibitan palem hampir sama pada pembibitan pada tanaman lainnya. Pertama, ambil dan semai biji dari pohon palem yang berkualitas baik. Biji yang sudah disemai, dapat dipindah ke media tanam setelah bertunas.

Loading...

Nah, buat kamu yang ingin tahu cara menanam dan merawat tanaman palem agar indah dan sehat, berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (26/10).

1. Media tanam yang tepat.

merawat pohon palem agar © berbagai sumber

foto: Instagram/@omah_tanaman

Kamu perlu memperhatikan media tanam yang digunakan, karena akan mempengaruhi keberhasilan dan kesehatan tanaman.

Media tanam untuk palem yang baik sebaiknya terdiri dari campuran kompos, pasir, dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Ada baiknya kamu menambahkan sedikit kapur bubuk untuk mengurangi kelembapan sehingga mencegah tumbuhnya jamur pada akar palem.

2. Penyiraman yang cukup.

merawat pohon palem agar © berbagai sumber

foto: Instagram/@keboen_umyang

Selalu sirami pohon palem kamu sesuai dengan kebutuhan. Proses penyiraman jangan sampai menimbulkan genangan air pada tanah di sekitar pohon palem.

3. Sinar matahari yang cukup.

merawat pohon palem agar © berbagai sumber

foto: Instagram/@alexandragarden_

Pohon palem selalu memerlukan sinar cahaya matahari yang cukup. Tanaman ini akan tumbuh subur dan tinggi jika dengan dukungan sinar matahari di pagi hari.

4. Pemupukan.

merawat pohon palem agar © berbagai sumber

foto: Instagram/@gevi.plants

Lakukan pemupukan yang teratur, namun jangan terlalu sering. Sebaiknya gunakan pupuk kompos karena kandungan unsur haranya memberi pengaruh baik pada pertumbuhan dan warna palem.

Jangan lupa berikan obat pembasmi hama untuk saat musim hujan tiba. Sesekali, jangan lupa juga untuk menambahkan pupuk NPK setiap 1–2 bulan sekali dengan ukuran satu sendok teh saja.

5. Perawatan dalam pot.

merawat pohon palem agar © berbagai sumber

foto: Instagram/@vennyapriliany

Banyak orang kini menanam pohon palem dalam pot. Karena pohon palem memiliki bentuk tanaman yang besar, kamu juga perlu mencari pot yang sesuai. Umumnya, pot untuk pohon palem menggunakan pot dari tanah liat atau drum bekas.

Nah, alangkah baiknya menggunakan sistem holtikultura dengan media pasir, kerikil, serta sekam kayu. Cara ini dilakukan untuk menjaga kelembapan media di dalam pot.