Brilio.net - Tanaman hias kini makin digandrungi oleh masyarakat. Berbagai tanaman hias telah menjadi primadona dari mulai kalangan pecinta tanaman hingga masyarakat biasa. Tanaman hias ini dianggap dapat mempercantik halaman rumah maupun ruangan dalam rumah.

Salah satu tanaman hias yang banyak dijadikan dekorasi adalah tanaman hias gantung. Tanaman ini biasanya ditanam di pot lalu digantungkan di dinding atau atau sebuah bangunan. Tanaman yang digantung biasanya memiliki daun atau bunga yang menjuntai ke bawah.

Rumah akan terlihat semakin asri dengan adanya bunga hias gantung di beberapa tempat yang cocok. Selain digunakan untuk mempermanis dekorasi rumah, jenis tanaman hias gantung juga mampu memberikan kesan asri dan hijau dalam ruangan. Bahkan tanaman ini juga mampu membantu produksi oksigen lebih dalam ruangan, sehingga sirkulasi udara menjadi lancar. Apalagi jika rumahmu berada di area perkotaan yang polusi udaranya sudah sangat banyak.

Berikut 10 jenis tanaman hias gantung, dari mulai jenis daun hingga bunga yang cocok untuk dekorasi rumah, brilio.net lansir dari berbagai sumber pada Selasa (8/12).

1. Sirih Gading.

Jenis tanaman hias gantung © 2020 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@folia.houseplant

Tanaman hias gantung yang sering digunakan sebagai penghias rumah adalah sirih gading. Karena bentuknya yang mirip dengan daun sirih, dengan sedikit corak berwarna putih pada daunnya membuat tanaman ini dinamai sirih gading. Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman hias daun karena tumbuh dalam bentuk batang dan daun, alias tidak akan berbunga.

2. Bunga Anggrek.

Jenis tanaman hias gantung © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@rini_akhwan96

Selain sirih gading, bunga anggrek juga menjadi salah satu tanaman bunga favorit yang biasanya digantungkan di dinding rumah. Jenis tanaman hias gantung ini memiliki masa mekar yang melebihi masa mekar rata-rata bunga lainnya, hingga 6 minggu per masa mekarnya. Bunga Anggrek juga cocok untuk ditanami di dalam rumah, sebagai hiasan taman dalam rumah tanpa membutuhkan banyak perawatan. Selain itu, di Indonesia ada sekitar 5 ribu jenis spesies bunga anggrek yang tersebar ke seluruh penjuru wilayah Indonesia yang bisa kamu pilih sebagai tanaman hias gantung.

3. Dischidia Geri.

Jenis tanaman hias gantung © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@littleleafco

Tanaman Dischidia Geri adalah tanaman yang memiliki daun kecil dan batangnya tumbuh menjuntai ke bawah sehingga bagus dijadikan tanaman hias gantung. Biasanya tanaman ini dijadikan menghias jendela rumah. Dengan perawatannya yang cukup mudah, kamu bisa menjadikan tanaman Dischidia Geri sebagai dekorasi rumah untuk memberikan efek segar dan alami.

4. Sedum Morganianum.

Jenis tanaman hias gantung © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@inrootedlove

Tanaman Sedum Morganianum sering dijuluki sebagai kaktus anggur karena bentuknya menyerupai kaktus yang batangnya saling berhimpitan seperti buah anggur. Selain dijuluki dengan nama kaktus anggur, di Indonesia, tanaman gantung ini juga dikenal dengan ekor keledai.

5. Lili Paris.

Jenis tanaman hias gantung © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@fitagarden

Tanaman jenis ini juga dikenal dengan nama spider plant, karena bentuknya daunnya yang banyak menyerupai kaki laba-laba. Jenis tanaman gantung yang satu ini memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik dengan lingkungan sekitar. Bahkan tanaman ini dapat ditanam di berbagai macam tanah.

6. Pakis Boston.

Jenis tanaman hias gantung © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@rumahdaun_plg

Pakis Boston merupakan tanaman hias yang memiliki warna hijau mencolok serta daun yang tumbuh dengan lebat dan tumbuh menjuntai. Biasanya tanaman ini ditanam dalam pot lalu digantungkan di teras depan rumah.

7. Jenggot Putih.

Jenis tanaman hias gantung © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@bundanonique999

Tanaman gantung jenggot putih atau Spanish Moss adalah tanaman yang biasa tumbuh di pepohonan. Bentuknya seperti rumput atau tali kusut yang menjuntai ke bawah dan berwarna hijau keputihan sehingga dijuluki dengan jenggot putih. Di alam liar, biasanya tanaman ini digunakan oleh burung untuk membuat sangkar di atas pohon.

8. Tradescantia.

Jenis tanaman hias gantung © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@greenearth.co.in

Tanaman Tadescantia sekilas memiliki wujud yang sama dengan tanaman sirih gading. Bedanya, daun dari tanaman ini memiliki bentuk sedikit lonjong dan identik dengan daun bergaris berwarna ungu, putih, hijau, dan silver.

9. Peperomia Hope.

Jenis tanaman hias gantung © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@tiny_botanist

Jenis tanaman hias gantung Peperomia Hope termasuk dalam jenis tanaman sukulen. Tanaman ini tumbuh dengan batang dan daun yang berwarna hijau. Warna hijau pada bagian daun biasanya lebih tua dibandingkan dengan batangnya. Hal yang menjadikan tanaman ini unik adalah bentuk daunnya yang pipih sedikit tebal dengan tekstur yang halus dan tumbuh menjuntai ke bawah.

10. Scindapsus.

Jenis tanaman hias gantung © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@roosanur

Scindapsus merupakan jenis tanaman yang membutuhkan sinar matahari untuk mempercantik warna daunnya. Tanaman ini mirip dengan tanaman sirih gading. Daunnya sama-sama tumbuh lebar dan pipih serta bergerombol. Namun tanaman yang satu ini mempunyai corak putih yang lebih banyak dibandingkan sirih gading.