Brilio.net - Rumah yang memiliki halaman biasanya akan dibuat sebuah taman sebagai area penghijauan di lingkungan rumah. Adanya taman yang ditumbuhi banyak tanaman ini tentu memberikan efek sejuk dan udara yang segar ketika dihirup oleh sang pemilik rumah.

Biasanya, taman rumah akan lebih indah jika ditanami rerumputan yang tampak seperti karpet hijau yang digelar di taman. Rumput hijau yang biasanya digunakan untuk mempercantik taman adalah rumput hias.

Rumput menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam segi estetika tanam. Selain memberi warna hijau, rumput menjadi pilihan untuk menutup lahan yang kosong di bagian rumah. Banyak jenis rumput tanam dan harga yang bisa ditemukan dipasaran. Sering kali rumput hias dijual dalam bentuk benih atau bibit. Sebelum memilih rumput hias yang cocok untuk rumah kamu, penting untuk mengenal masing-masing jenis rumput hias untuk mempercantik taman.

Berikut 10 jenis rumput yang cocok untuk menghias taman seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (3/12).

1. Rumput Gajah Besar.

Jenis rumput hias © 2020 brilio.net

Loading...

foto: freepik.com

Rumput gajah atau Pennisetum purpureum merupakan jenis rumput hias yang paling banyak ditanam. Jenis rumput gajah besar ini memiliki ukuran helai daun yang besar dan kasar. Kelebihan jenis rumput taman ini adalah tahan terhadap pijakan kaki manusia dan dapat bertahan meskipun kekurangan air. Selain itu, perawatan jenis rumput ini juga terbilang mudah.

2. Rumput Gajah Mini.

Jenis rumput hias © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@tao_flower_lpg

Rumput gajah mini atau Pennisetum purpureum schamach masih satu keluarga dengan rumput gajah besar. Yang membedakan rumput gajah mini dengan rumput gajah besar adalah teksturnya yang lebih halus dan lebih kecil. Rumput ini mudah tumbuh dengan penyinaran matahari 50 persen dan hanya memerlukan sedikit pupuk. Rumput ini juga memiliki pola pertumbuhan menyamping. Ukuran daun akan condong merayap ke samping menjadikannya tidak perlu dipangkas terlalu rutin.

3. Rumput Gajah Mini Varigata.

Jenis rumput hias © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@tao_flower_lpg

Perbedaan rumput gajah mini dengan rumput gajah lainnya hanya terletak pada warna daunnya saja. Jika rumput gajah mini biasa hanya memiliki satu warna yaitu hijau, maka jenis varigata memiliki campuran warna putih yang cukup banyak pada setiap helai daunnya.

4. Rumput Jepang.

Jenis rumput hias © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Rumput Jepang atau Zoysia japonica merupakan jenis rumput yang paling populer untuk penghias taman. Rumput ini memiliki ukuran pendek, kasar, dan ujung meruncing. Bentuknya yang tipis dan runcing membuat rumput Jepang disebut dengan rumput jarum. Rumput ini bisa tumbuh rapi dan rapat menutupi area taman, saking rapinya taman akan terlihat seperti mempunyai karpet besar berwarna hijau.

- -5. Rumput Manila.

Jenis rumput hias © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Rumput Manila atau Zoysia matrella merupakan rumput yang kerap kali digunakan sebagai penghijau lapangan sepak bola dan sekilas memiliki bentuk yang sama dengan rumput Jepang. Rumput Manila juga memiliki kekuatan yang sangat tinggi dan tahan terhadap pijakan kaki manusia. Rumput ini juga bisa mengendalikan erosi karena mampu tumbuh di tanah berpasir.

6. Rumput Cynodon dactylon.

Jenis rumput hias © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Rumput Cynodon dactylon atau rumput golf memiliki bentuk bergelombang dan tekstur yang lembut. Disebut rumput golf karena rumput ini banyak ditanam sebagai penghijau lapangan golf. Pertumbuhan rumput yang vertikal membuat cara memotong jenis rumput golf juga tidak sulit.

7. Rumput Swiss.

Jenis rumput hias © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Rumput Swiss memiliki tekstur yang sangat halus. Rumput Swiss sangat cocok ditanam pada area kering. Rumput ini juga memerlukan perawatan ekstra. Rumput ini harus mendapatkan minimal 80 persen pencahayaan, dipotong minimal sebulan sekali, dan diberikan pupuk urea.

8. Rumput Peking.

Jenis rumput hias © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@o2taman

Rumput peking atau Agrostis stolonifera memiliki karakterisitik mirip dengan rumput Jepang. Perbedaannya adalah helai daunnya yang tumbuh lebih jarang dan teksturnya yang lebih lembut. Jenis rumput taman ini memiliki tampilan yang rapi dan terkesan mewah. Rumput Peking memiliki ketahanan saat musim hujan.

9. Rumput Kucai.

Jenis rumput hias © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@nyayuryuks

Rumput kucai adalah tanaman hias yang berasal dari Asia. Rumput kucai berwarna hijau gelap dan tingginya hanya mencapai 4 cm. Jenis rumput ini bisa tahan di segala cuaca. Rumput kucai biasanya dijual dalam bentuk polybag. Selain itu rumput kucai juga banyak dijual dalam bentuk paket 10 hingga 100 polybag dengan harga beragam.

10. Rumput Sintetis.

Jenis rumput hias © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@tamangibas

Selain rumput alami, kamu juga bisa memasang rumput sintetis. Rumput ini terbuat dari serat sintetis dan menjadi pilihan banyak orang untuk menghias taman. Pemakaian rumput sintetis sering dipilih sebagai alternatif karena pemeliharaan atau perawatan kualitas rumput alami yang dipengaruhi media tanah, cuaca atau musim. Selain itu rumput sintetis juga tak akan mati atau pun layu.