Brilio.net - Salah satu tanaman hias yang populer dan dimiliki banyak orang adalah tanaman lidah mertua. Tanaman yang memiliki nama latin Sansevieria trifasciata ini merupakan tanaman hias daun.

Dari segi karakteristik, lidah mertua memiliki daun yang keras seperti sukulen, tegak dengan kombinasi warna yang unik, dan ujungnya meruncing. Tanaman lidah mertua menjadi pilihan menarik yang memberikan kesan asri dan segar.

Lidah mertua yang banyak dijumpai yakni lidah mertua yang memiliki bentuk daun memanjang, tekstur keras, dan corak garis vertikal pada daunnya. Selain dijadikan dekorasi rumah, menanam lidah mertua di dalam ataupun luar rumah ternyata juga memiliki berbagai manfaat seperti menyerap bahan beracun seperti karbon dioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene yang kurang baik untuk tubuh manusia.

Tanaman lidah mertua juga terdiri dari beberapa jenis dan bentuk. Berikut 10 jenis tanaman lidah mertua yang cocok dijadikan dekorasi rumah karena bentuknya yang cantik dan unik, brilio.net lansir dari sublimesucculents.com dan sumber lainnya pada Selasa (8/12).

1. Lidah mertua trifasciata.

Jenis tanaman lidah mertua © 2020 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@plantsontheprairies

Sansevieria trifasciata adalah jenis tanaman lidah mertua yang paling umum dan ada beberapa kultivar yang dapat dipilih. Beberapa memiliki daun hijau tua, sementara yang lain memiliki daun beraneka ragam atau bahkan keriting.

Saat dewasa, daun lidah mertua jenis ini biasanya memiliki panjang sekitar tiga kaki dan lebar 2,5 inchi. Tanaman ini berasal dari Afrika Barat dan merupakan pilihan populer sebagai aksen dalam dekorasi ruangan.

2. Lidah mertua gracilis.

Jenis tanaman lidah mertua © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@planta.houseplant

Tanaman lidah mertua gracilis adalah jenis lidah mertua dengan ukuran yang lebih mungil. Biasanya, daunnya tingginya di bawah sekitar 18 inchi. Jenis ini memiliki garis hijau dan putih panjang serta runcing, seperti kebanyakan varietas Sansevieria. Biasanya, tanaman ini mekar pada akhir musim gugur dan menghasilkan kelompok bunga putih kehijauan.

3. Lidah mertua canaliculate.

Jenis tanaman lidah mertua © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@potteriadeoro

Lidah mertua jenis canaliculate adalah lidah mertua yang memiliki bentuk daun silinder dengan ukuran tiga kaki panjangnya dan berdiameter sekitar satu inchi. Daunnya tumbuh secara tunggal atau dua sekaligus.

Jenis ini berasal dari Madagaskar asli dan mekar pada musim semi. Bunganya berbentuk tabung dan berwarna putih kehijauan.

Sansevieria canaliculate ini lebih menyukai cahaya yang terang dan tanah yang dikeringkan dengan baik. Kandungan air yang sedikit akan membuat tanaman ini dalam kondisi prima. Jenis ini bukan termasuk tanaman tahan dingin dan harus dilindungi dengan suhu di bawah 50 derajat Fahrenheit.

4. Lidah mertua patens.

Jenis tanaman lidah mertua © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@sansevieria.idn

Tanaman lidah mertua jenis patens ini berasal dari Afrika Timur dan memiliki bentuk roset dengan daun pendek berbentuk silinder. Daunnya yang berlekuk bisa mencapai panjang tiga kaki dan diameter sekitar dua inchi.

Tanaman ini biasanya berwarna hijau tua dengan pita hijau muda. Saat berbunga, tanaman menghasilkan tandan bunga berwarna putih keabu-abuan.

5. Lidah mertua laurentii.

Jenis tanaman lidah mertua © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@urbanmtljungle

Tanaman lidah mertua ini memiliki daun hijau tua dengan tepi emas. Saat dewasa, tanaman bisa mencapai hingga empat kaki. Seperti lidah mertua lainnya, tanaman ini memiliki daun berbentuk pedang yang tumbuh secara vertikal dalam rumpun yang rapat.

6. Lidah mertua cylindrica.

Jenis tanaman lidah mertua © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@piantedainterno

Jenis lidah mertua yang satu ini berasal dari Angola dan sering kali dijuluki sebagai tanaman Tombak Afrika. Jenis ini memiliki ukuran lebih besar dari lidah mertua yang lainnya. Daunnya yang bulat dan halus bisa mencapai tinggi enam kaki.

7. Lidah mertua fischeri.

Jenis tanaman lidah mertua © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@thecasualgardener2020

Lidah mertua fischeri adalah salah satu varietas lidah mertua yang lebih kecil, berukuran tinggi kurang dari 16 inchi saat dewasa. Di musim panas, tanaman ini akan menghasilkan perbungaan dengan sekelompok bunga putih berbentuk tabung.

8. Lidah mertua masoniana.

Jenis tanaman lidah mertua © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@zijdieblogt

Lidah mertua masoniana sering disebut dengan sirip paus atau sirip hiu karena bentuk daunnya. Tanaman ini berasal dari Afrika Tengah. Jenis ini memiliki daun hijau yang lebar dan berbintik-bintik yang bisa mencapai panjang hingga empat kaki.

9. Lidah mertua pinguicula.

Jenis tanaman lidah mertua © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@bellesgreenfriends

Jenis pinguicula adalah jenis lidah mertua yang memiliki warna hijau kebiruan dengan pinggiran daun berwarna cokelat. Berbeda dari jenis tanaman lidah mertua lainnya, pinguicula memiliki bentuk yang tebal dan cekung di bagian tengahnya.

10. Lidah mertua kirkii.

Jenis tanaman lidah mertua © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@plantosphera

Berbeda dengan jenis lidah mertua lainnya, jenis kirkii ini memiliki aroma wangi yang cocok digunakan sebagai pengharum ruangan. Lidah mertua kirkii memiliki bentuk daun yang kecil dan menyerupai bintang, sehingga jenis ini sangat cocok untuk pemanis meja di ruang tamu atau ruang keluarga.