Brilio.net - Umumnya, masyarakat memanfaatkan halamannya untuk dijadikan taman kecil yang dipenuhi dengan berbagai jenis tanaman. Dari mulai tanaman bunga, rumput-rumputan, tanaman buah, dan lain sebagainya. Biasanya, tanaman di luar ruangan ini berfungsi sebagai penyejuk udara atau supaya rumah menjadi teduh.

Namun, tak hanya tanaman-tanaman yang memiliki manfaat untuk dikonsumsi atau meneduhkan saja yang bisa diletakkan di luar rumah. Kamu juga bisa mencoba menanam tanaman hias sebagai pemanis halaman rumah. Jenis tanaman hias outdoor dapat dijadikan pilihan untuk membuat tampilan halaman rumah tampak lebih menarik. Terdapat beragam jenis tanaman hias outdoor yang dapat disimpan di luar rumah atau halaman. Tanaman hias outdoor biasanya lebih tahan dengan sinar matahari.

Kebanyakan, jenis tanaman hias outdoor memang dapat bertumbuh dengan sangat baik apabila diletakkan pada udara terbuka dan terpapar sinar matahari sehingga tampilannya akan semakin bagus dan cantik. Hal tersebut pula yang membuat jenis tanaman hias outdoor pada umumnya memiliki ketahanan terhadap udara panas dan sinar matahari.

Tanaman hias outdoor ini terdiri dari berbagai jenis, dari tanaman hias bunga, tanaman hias daun dan tanaman hias batang. Masing-masing dari jenis tanaman ini tentu memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang membuat tampilan rumahmu tak hanya sejuk dan asri, namun juga jadi lebih cantik.

Berikut 10 tanaman hias outdoor, brilio.net rangkum dari thespruce.com dan berbagai sumber lainnya pada Rabu (23/12).

Loading...

1. Begonia.

Jenis tanaman hias outdoor © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@chelseagardencenter

Begonia adalah tanaman yang bisa ditanam di pot ataupun taman pekarangan ini merupakan genus keluarga dari tanaman Begoniaceae. Selain mudah sekali hidup, begonia juga memiliki warna bunga yang memikat dan cocok tumbuh di daerah tropis. Keanekaragaman tanaman hias begonia menjadikannya salah satu tanaman yang sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias yang sangat indah.

2. Mandevilla Sanderi.

Jenis tanaman hias outdoor © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@alexander_ivanchev

Mandevilla Sanderi adalah tanaman hias bunga yang merupakan salah satu jenis tumbuhan merambat dan dapat digunakan untuk menutup atau bahkan peneduh bagi tempat yang memerlukan perlindungan dari paparan sinar matahari. Bunga tersebut juga membutuhkan sinar matahari penuh dalam proses pertumbuhannya. Tanaman ini sangat cocok ditanama oleh Anda yang tinggal di daerah kota.

3. Geranium.

Jenis tanaman hias outdoor © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@gardeningdirect

Di Indonesia, tanaman Geranium sering disebut dengan nama Tapak Dara. Tanaman ini memiliki aneka warna dan sering digunakan sebagai bahan wewangian. Tak heran jika bunga dari tanaman ini sering dijadikan sebagai minyak esensial. Tanaman ini sangat cocok di tanam di wilayah tropis karena dapat beradaptasi dengan baik dalam dengan cuaca panas. Cara menanam bunga ini terbilang mudah dan tidak memerlukan perlakuan khusus dalam perawatannya.

4. Keladi.

Jenis tanaman hias outdoor © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@ireeneayu_

Tanaman dengan genus Caladium dan Alocasia ini tengah diincar dan diburu untuk dijadikan pajangan tanaman hias, baik di dalam maupun luar ruangan. Beberapa jenis keladi memiliki warna solid, dua warna solid dengan pertulangan daun berbeda, hingga lebih dari dua warna dalam satu daun. Daunnya yang berwarna-warni dan berbentuk hati membuat tanaman keladi tampak sangat indah dijadikan penghias halaman rumah.

5. Coleus.

Jenis tanaman hias outdoor © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@coleuslady

Coleus merupakan tanaman hias yang populer karena memiliki corak dan warna daun yang beragam. Para pecinta tanaman mengetahui bahwa coleus bukan hanya disukai karena bunganya saja, namun juga daunnya yang berwarna-warni. Jenis-jenis tanaman hias coleus memiliki corak, warna, dan serat-serat yang beragam dan indah. Pilihlah yang berdaun gelap jika kamu ingin memiliki tanaman hias coleus yang toleran terhadap matahari dan tahan diletakkan di luar rumah.

6. Tropical Hibiscus.

Jenis tanaman hias outdoor © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@outdoor_neil

Tropical Hibiscus dikenal sebagai bunga sepatu. Tanaman hias bunga ini terkenal dengan keindahan bunganya. Bunga sepatu memiliki warna yang beragam seperti merah, kuning, pink, oranye dan lainnya. Bunga yang sangat cantik ini sudah banyak ditanam di halaman rumah untuk penghias sehingga menjadi salah satu bunga yang sangat populer.

7. Marigold.

Jenis tanaman hias outdoor © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@abhisiktasarkar13

Tidak hanya berwarna kuning, Marigold ini memiliki warna lain seperti oranye kemerahan serta warna putih. Biasanya ketika pada musimnya berbunga, maka jenis tanaman hias outdoor ini akan menjadi incaran kupu-kupu lantaran memiliki kandungan nektar cukup banyak.

8. Aglonema.

Jenis tanaman hias outdoor © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@kediriflora

Jenis tanaman ini juga sering disebut 'Chinese evergreens'. Tanaman hias ini berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Asia. Tanaman hias jenis aglonema ini memiliki warna dan corak daun yang cantik. Dedaunan aglonema dapat berupa campuran bintik-bintik merah, merah muda, perak, hijau, kuning atau krem yang mencolok dan dapat digunakan untuk menghidupkan dan mewarnai rumah.

9. Gaillardia.

Jenis tanaman hias outdoor © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@world_of__botany

Gaillardia merupakan tanaman hias bunga yang termasuk ke dalam tanaman semak, pada varietas yang bertangkai bunga panjang, bunga ini memerlukan tiang untuk proses pertumbuhannya. Gaillardia cocok untuk menghiasi taman atau pekarangan rumah. Hal ini dikarenakan bunga Gaillardia sangat kuat terhadap tanah yang kering serta cuaca yang panas sehingga sangat mudah tumbuh.

10. Kaktus.

Jenis tanaman hias outdoor © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@hyper_cactus_echino

Tanaman ini terkenal dengan daya tahannya terhadap panas. Tak heran jika tanaman ini juga mampu tumbuh di padang pasir yang panas. Karena memiliki sifat bisa meyimpan cadangan air di batangnya yang berlapis lilin, kaktus bisa mempunyai cadangan makanan yang banyak. Sebagian besar spesies kaktus berasal dari Amerika Utara, Selatan, dan Tengah, yang kemudian diimpor ke berbagai negara. Bentuk kaktus yang beragam dapat dijadikan penghias halaman rumah.