Brilio.net - Tanaman hias memiliki banyak jenis dan ragam. Tanaman hias yang banyak dijadikan dekorasi adalah tanaman hias gantung. Tanaman ini biasanya ditanam di pot lalu digantungkan di dinding. Tanaman yang digantung biasanya memiliki daun atau bunga yang menjuntai ke bawah.

Salah satu tanaman hias gantung adalah sirih gading. Sirih gading bisa dijadikan sebagai tanaman hias gantung karena batang dan daunnya yang tumbuh menjuntai. Sesuai namanya, jenis tanaman rambat ini memiliki bentuk serupa dengan daun sirih pada umumnya. Yang membedakan adalah dari corak dan warna daunnya saja.

Biasanya selain bentuk daunnya yang khas, daya tarik dari tanaman ini yakni warna daunnya yang bercorak hijau putih. Tanaman rambat ini cukup populer dan memiliki nama latin Epipremnum Aureum. Tanaman sirih gading bisa tumbuh mencapai panjang belasan meter dan tebal batang 4 cm. Namun, jika ditanam di pot, tanaman ini memiliki ukuran daun yang lebih kecil.

Sirih gading juga termasuk tanaman yang mudah ditanam dan dipelihara. Terlebih tanaman ini memang sulit mati dan memiliki umur yang panjang. Sehingga banyak orang yang memelihara tanaman yang memiliki julukan golden pothos, devil's vine, atau devil's ivy.

Seperti tanaman yang lainnya, gading sirih ini juga memiliki beberapa jenis denga corak yang menarik. Berikut 10 jenis tanaman sirih gading, brilio.net rangkum dari leafyplace.com dan berbagai sumber lainnya pada Kamis (17/12)

Loading...

1. Sirih Gading Marble.

Jenis tanaman sirih gading © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@mypeacefulmoment

Sirih gading marble memiliki daun yang sangat beraneka ragam namun dominan berwarna krem daripada hijau. Seperti namanya, sirih gading ini memiliki corak daun seperti batu marble. Sehingga jika diletakkan di dalam ruangan akan memberi kesan elegan dan mewah.

2. Sirih Gading Neon.

Jenis tanaman sirih gading © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@plantdecorshop

Sirih gading neon atau sirih gading kuning memiliki warna daun kekuningan yang menyala seperti neon. Tanaman ini tumbuh subur di daerah beriklim sedang, namun juga dapat tumbuh dengan baik di kawasan hutan tropis dan sub-tropis di seluruh dunia. Seperti Australia Utara, Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

3. Sirih Gading Manjula.

Jenis tanaman sirih gading © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@keladihijau

Pemilik naman asli Epipremnum aureum ‘Manjula’ ini memiliki daun berwarna krem yang indah dengan sedikit warna hijau. Variasinya sangat menakjubkan sehingga beberapa daun hampir berwarna putih bersih. Sementara daun lainnya memiliki efek marmer hijau dan putih.

4. Sirih Gading Silver.

Jenis tanaman sirih gading © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@katalogkebuntumbuh

Seperti namanya, sirih gading silver ini memiliki motif warna daun yang didominasi warna silver atau abu-abu keperakan dengan sedikit goresan warna hijau tua. Jenis sirih gading yang satu ini terbilang cukup langka dan sulit ditemukan. Karena itu, harga tanaman yang satu ini terbilang lebih mahal dibandingkan dengan yang lainnya.

5. Sirih Gading Gletser.

Jenis tanaman sirih gading © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@lee.s.jackson

Sirih gading gletser merupakan sirih gading dengan daun kecil berbentuk hati. Jenis ini memiliki corak yang beraneka ragam, seperti berwarna hijau dengan bintik-bintik perak dan abu-abu yang mirip dengan kultivar 'Mutiara dan Giok'. Karena pertumbuhannya yang cepat dan daunnya yang lebat, sirih gading gletser sangat cocok untuk hiasan meja.

6. Sirih Gading Jade.

Jenis tanaman sirih gading © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@seven_stems

Sirih gading jade berasal dari dataran Polynesia dan dapat ditemukan di dataran tropis. Tanaman ini memiliki bentuk daun menyerupai hati dengan warna hijau gelap.

Sirih gading jade merupakan satu yang paling mudah perawatannya dibandingkan yang lain, sehingga ia kerap dijadikan tanaman hias gantung di teras rumah karena bentuknya yang cantik.

7. Sirih Gading Philo Brazil.

Jenis tanaman sirih gading © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@rootedincharmcity

Jenis ini memiliki corak yang cukup unik. Warna hijau yang dipadukan dengan warna kuning di bagian depan membuat daunnya mirip dengan bendera negara Brazil. Jenis tanaman sirih gading philo brazil ini butuh air lebih banyak dari jenis lainnya. Sehingga, akan lebih baik jika kamu menanamnya di tempat yang teduh serta sedikit terkena cahaya matahari langsung.

8. Sirih Gading Cebu Blue.

Jenis tanaman sirih gading © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@lostandfoundvintagegoods

Sirih Gading cebu blue merupakan jenis sirih gading yang bisa ditempatkan baik indoor maupun outdoor. Jenis sirih gading ini memiliki warna daun atraktif dengan bentuk oval, cebu blue juga punya tingkat adaptasi baik.

9. Sirih Gading Hawaiian.

Jenis tanaman sirih gading © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@greenandcurly84

Sirih gading hawaiian adalah jenis sirih gading yang memiliki daun ukuran lebih besar dibandingkan dengan jenis tanaman sirih gading lainnya. Sirih ini memiliki warna hijau tua dengan bintik-bintik warna kuning. Tanaman merambat dengan batang panjang dan daun yang besar menciptakan aksen vertikal yang menarik saat digantung di keranjang atau di tiang.

10. Sirih Gading Jessenia.

Jenis tanaman sirih gading © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@andtheirplantstories

Kultivar Epipremnum aureum 'Jessenia' adalah salah satu jenis sirih gading yang populer dikalangan pecinta tanaman. Daunnya berwarna hijau zamrud dengan warna kuning lemon. Beberapa daun, memiliki efek marmer, dan lainnya hampir kuning keemasan murni. Selain itu, ukuran daun dari jessenia ini lebih kecil daripada sirih gading lainnya.