Brilio.net - Saat ini, menghias rumah tak hanya dengan menggunakan perabotan unik ataupun dengan mengecat tembok dengan warna menarik. Kamu bisa menggunakan beberapa tanaman hias untuk menghias sudut rumah agar lebih berwarna.

Tanaman hias ini tentu terbagi menjadi berbagai jenis, dari mulai tanaman hias bunga, tanaman hias batang dan tanaman hias daun. Umumnya tanaman memiliki warna daun yang hijau dari muda hingga tua.

Namun, saat ini banyak tanaman hias dengan daun yang berwarna warni. Salah satu warna daun yang banyak diminati kolektor tanaman hias adalah tanaman dengan daun berwarna merah.

Daun berwarna merah karena mengandung anthocyanin. Meski berwarna merah, daun pada tanaman hias ini tetap dapat melakukan fotosintesis.

Ia berwarna merah disebabkan oleh zat yang terlarut dalam sitoplasma dan menghasilkan warna yang tidak sesuai (ko-pigmentasi). Daun yang berwarna merah ini tentu menjadi daya tarik sendiri bagi sebuah tanaman.

Loading...

Jika diletakkan di sudut rumah, luar ataupun dalam ruangan, maka akan memberikan efek segar dan ceria karena warna merah yang merona. Berikut 10 tanaman hias berdaun merah, brilio.net lansir dari balconygardenweb.com dan sumber lainnya pada Rabu (30/12).

1. Red aglonema.

Tanaman hias berdaun merah © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@rockinmarvin

Aglonema adalah salah satu tanaman hias yang popoler di Indonesia. Aglonema merupakan tanaman yang berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Asia.

Beberapa jenis aglonema juga cukup populer di Asia Tenggara dan salah satunya di Indonesia. Tanaman hias jenis aglonema ini memiliki warna dan corak daun yang cantik.

Dedaunan aglonema dapat berupa campuran bintik-bintik merah, merah muda, perak, hijau, kuning atau krem yang mencolok dan dapat digunakan untuk menghidupkan dan mewarnai rumah. Salah satu jenis aglonema dengan daun berwarna merah yang bisa kamu jadikan hiasan rumah adalah red aglonema.

2. Begonia rex.

Tanaman hias berdaun merah © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@oficina_manual

Begonia rex atau dikenal juga dengan painted leaf begonia. Begonia ini memiliki warna daun merah keunguan. Namun beberapa jenis lainnya juga ada yang memiliki daun dengan perpaduan dari ungu dan silver dengan batang yang berwarna sedikit kemerahan.

Perawatan begonia rex ini juga cukup mudah. Jenis ini dapat tumbuh subuh di bawah lampu neon karena tidak membutuhkan banyak cahaya langsung, sehingga begonia jenis ini cocok dijadikan dekorasi dalam rumah.

3. Poinsettia.

Tanaman hias berdaun merah © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@mrsblake2020

Poinsettia biasa dikenal dengan sebutan tanaman kastuba. Kastuba memiliki daun yang unik yakni sebagian berwarna merah dan sebagian lagi berwarna hijau gelap. Daunnya yang berbentuk oval dan berwarna merah sangat cocok dijadikan tanaman penghias rumah.

4. Coleus.

Tanaman hias berdaun merah © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@lovelycoleus

Coleus adalah tanaman hias yang memiliki banyak jenis sesuai warna daunnya. Salah satu jenisnya yang berdaun merah yakni Red coleus. Tanaman ini memiliki batang yang tipis namun dapat tumbuh tinggi. Hal ini membuat daun merah pada coleus akan terlihat cantik saat rantingnya bertambah tinggi.

5. Keladi red jaguar.

Tanaman hias berdaun merah © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@nuansaaglaonemakediri

Tanaman dengan genus Caladium dan Alocasia ini tengah diincar dan diburu untuk dijadikan pajangan tanaman hias, baik di dalam maupun luar ruangan. Daunnya yang berwarna-warni dan berbentuk hati membuat tanaman keladi tampak sangat indah dijadikan dekorasi ruangan.

Keladi red jaguar memiliki daun yang dominan berwarna merah. Di pinggir daun ada sedikit warna hijau dan putih sebagai garis pinggir. Tulang daun yang red jaguar juga memiliki warna merah, namun sedikit lebih gelap dari warna daunnya.

6. Andong.

Tanaman hias berdaun merah © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@mygardenia.myplace

Tanaman andong biasanya ditanam dan diletakkan di luar rumah. Tanaman ini memiliki daun dengan warna dominan merah dan sedikit hijau tua yang pekat hampir mendekati warna hitam. Kelebihan pohon ini adalah tahan terhadap cuaca kering, sehingga lebih mudah merawatnya.

7. Red-Edge Dracaena.

Tanaman hias berdaun merah © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@rooyesh_gol

Tanaman ini memiliki satu batang penyangga dengan daun kecil memanjang berwarna dominan merah dengan sedikit hijau. Bentuknya yang seperti pedang berwarna merah menjadi daya tarik tanaman ini. Meski terlihat tajam, tanaman ini cocok ditaruh di dalam ruangan atau halaman rumah.

8. Loropetalum.

Tanaman hias berdaun merah © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@rachelloola

Tanaman hias outdoor ini memiliki warna merah keunguan yang cantik. Loropetalum ini memiliki batang dan daun yang kecil. Jika ditanam di pot, tanaman ini akan menjadi penghias sudut rumah agar lebih berwarna.

9. Heuchera.

Tanaman hias berdaun merah © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@aileengol

Sekilas tanaman ini memiliki daun seperti begonia. Namun tanaman ini memiliki bunga berwarna putih cream yang terbuka dari kuncup merah muda. Wara merah dari daun heucherea lebih condong ke warna burgundy yang biasanya dijadikan warna lipstik.

10. Miana.

Tanaman hias berdaun merah © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@taman_minimaliscantik

Tanaman hias ini mampu hidup di lingkungan teduh maupun di bawah sinar matahari langsung. Artinya, miana dapat dijadikan sebagai tanaman indoor maupun oudoor. Yang perlu diperhatikan dalam merawat miana, karena pertumbuhannya yang cepat maka kamu harus rajin memangkasnya supaya tetap tumbuh dengan rapi.