Brilio.net - Apakah kamu jadi salah satu pemburu tanaman hias? Kalau iya, mungkin kamu akan selalu gemas setiap melihat banyaknya jenis tanaman yang dipajang. Apalagi, saat ini mengoleksi tanaman hias jadi salah satu tren yang sedang booming. Maka dari itu, kamu juga perlu selektif dalam memilih tanaman sesuai kebutuhan. Meski sekilas terlihat sama, namun beberapa tanaman hias memiliki karakteristik yang berbeda lho, termasuk untuk aglonema.

Tanaman aglonema sekarang jadi jenis tanaman yang banyak diserbu penggemar. Tapi ada begitu banyak jenis aglonema yang bisa kamu rawat. Nah, akan lebih baik kalau kamu melakukan survey sebelum memutuskan untuk merawat atau menanamnya.

Eits, tapi jangan khawatir, karena ada beberapa rekomendasi pilihan aglonema yang paling banyak dicari kolektor. Ini bisa jadi referensi baru untuk kamu yang ingin menambah koleksi tanaman di rumah.

Ada apa saja ya? Yuk simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari epicgardening.com pada Selasa (2/2).

1. Aglonema red peacock.

Jenis aglonema yang paling dicari © Istimewa

Loading...

foto: Instagram/@fannygarden77

Tampilan warna merah yang cantik dengan perpaduan segarnya warna hijau, akan membuatmu jatuh hati dengan aglonema red peacock. Tanaman hias satu ini masuk dalam kategori yang ramai dicari banyak orang.

Di Indonesia, tanaman ini juga populer dengan julukan aglonema widuri. Nggak heran kalau banyak yang menjual aglonema red peacock dengan harga yang tinggi. Pasalnya, daun hijau yang memiliki urat daun berwarna merah ini memiliki tampilan yang cantik dan juga menyejukkan mata.

2. Aglonema emerald bay.

Jenis aglonema yang paling dicari © Istimewa

foto: Instagram/@happyplantsmks

Nah, kalau aglonema emerald bay beda lagi nih karakteristiknya. Jenis ini cocok untuk kamu rawat di area indoor. Bukan tanpa sebab, aglonema emerald bay cukup toleran terhadap cahaya yang rendah dibandingkan dengan jenis aglonema yang lainnya. Maka, kalau kamu tempatkan di area yang kurang mendapatkan paparan sinar matahari pun ia akan tetap bisa bertahan.

Ada ciri-ciri khas dari tanaman ini, yaitu terdapat warna hijau matang dengan adanya sedikit perpaduan warna abu-abu. Dengan warnanya, aglonema emerald bay juga cocok dijadikan hiasan untuk menambah kesan asri di rumah.

3. Aglonema silver queen.

Jenis aglonema yang paling dicari © Istimewa

foto: Instagram/@pottedrainbows

Jenis aglonema yang satu ini juga nggak kalah eksis diburu kolektor. Pasalnya, aglonema silver queen mudah dirawat dan dikembangbiakkan. Untuk mendapatkannya pun termasuk mudah, karena cukup umum di Indonesia.

Di samping itu, tanaman ini juga nggak akan bikin kamu ribet, karena ia dapat hidup dengan baik dengan asupan cahaya yang minim hingga sedang.

Sesuai dengan namanya, aglonema silver queen memiliki corak warna hijau dan silver. Nah, kamu bisa meletakkannya sebagai hiasan ruangan ataupun kamar.

4. Aglonema suzy.

Jenis aglonema yang paling dicari © Istimewa

foto: Instagram/@candace_nelms

Kamu cari tanaman yang memiliki tampilan cantik? Wajib lirik untuk jenis aglonema suzy! Perpaduan warna merah muda dan hijaunya akan membuatmu mudah jatuh hati.

Tapi kamu harus lebih teliti dalam merawatnya. Agar tumbuh lebih subur dan sehat, aglonema suzy perlu mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup. Sehingga kamu bisa coba untuk menempatkan aglonema suzy di area yang mudah terjangkau paparan sinar matahari, ya.

5. Aglonema red gold.

Jenis aglonema yang paling dicari © Istimewa

foto: Instagram/@dreamtime_moon

Meski sekilas tampak memiliki corak yang mirip, aglonema red gold memiliki karakteristik tersendiri lho. Pada aglonema red gold tampak dibingkai dengan cantik oleh warna merah menyala pada bagian daunnya. Bercak merah ini juga bisa dijumpai di tengah warna hijau yang segar.

Nah, ciri-ciri lain yang membuat tanaman ini diburu banyak orang adalah karena memiliki batang berwarna merah. Pastinya, dengan tampilan tersebut akan membuat tanaman hias ini semakin cantik sebagai pajangan di ruanganmu.

6. Aglonema silver king.

Jenis aglonema yang paling dicari © Istimewa

foto: Instagram/@hojaraiz

Kalau tadi ada tanaman aglonema silver queen, juga ada nih variasi aglonema silver king. Nggak cuma namanya yang mirip, tampilan keduanya pun hampir serupa. Tapi, pada aglonema silver king memiliki bercak hijau pada daun berwarna keperakan.

Keistimewaan lain dari aglonema silver king adalah menumbuhkan bunga yang memiliki serbuk sari yang melimpah. Maka dari itu, lebih baik kamu memangkas bunga sebelum benar-benar mekar jika tidak ingin kotor dengan tumpahan serbuk sari.

7. Aglonema harlequin.

Jenis aglonema yang paling dicari © Istimewa

foto: Instagram/@plantdayeveryday

Salah satu alasan mengapa aglonema harlequin dicari banyak orang, karena memiliki warna yang unik. Pasalnya, tampilan warna aglonema harlequin akan bergantung pada asupan cahaya yang ia dapatkan.

Ketika aglaonema harlequin diletakkan di luar dan mendapatkan asupan matahari yang banyak, ia akan menunjukkan warnanya yang cenderung kuning kepucatan dengan warna merah muda menyala di bagian tengah daun.

Nah tapi berbeda nih ketika di area yang minim cahaya. Pada daunnya akan cenderung berwarna hijau dengan bercak merah muda di bagian tengah, bahkan hampir keseluruhan daunnya.

8. Aglonema cutlass.

Jenis aglonema yang paling dicari © Istimewa

foto: Instagram/@ohiotropics

Tampilan warna hijau dengan perpaduan putih dengan guratan tengah hijau gelap di tepian daunnya akan kamu temukan pada aglonema cutlass. Cukup mudah dalam mengenali aglonema cutlass, karena bentuk daunnya panjang menjuntai seperti belati. Jenis yang satu ini banyak diburu untuk mempercantik area teras rumah dan juga beberapa sudut ruangan.

9. Aglonema nitidum.

Jenis aglonema yang paling dicari © Istimewa

foto: Instagram/@bakedgardener

Ada aglaonema nitidum yang bisa kamu pilih untuk mempercantik ruangan pribadi. Selain memberikan kesegaran, aglonema nitidum juga mudah dirawat karena tidak perlu membutuhkan banyak asupan cahaya matahari.

Meski begitu, tapi warna hijaunya tak lantas layu lho. Sehingga kesan asri tetap bisa kamu dapatkan meski di ruangan yang kecil dengan minim pencahayaan.

10. Aglonema modestum.

Jenis aglonema yang paling dicari © Istimewa

foto: freepik.com

Dan ada juga aglaonema modestum yang ramai dicari para kolektor. Aglonema modestum memiliki ciri khas daun yang hijau dan memiliki lurik putih yang naik dan memanjang ke atas. Meskipun dengan warna daun yang pucat, namun justru membuatnya semakin estetik jika dipajang dalam sebuah pot.

Aglonema juga nggak repot untuk dirawat para pemula, lho. Karena tanaman ini tidak memerlukan banyak asupan air. Selain itu, aglonema modestum juga dapat tumbuh dengan tinggi hingga 60 cm.