Brilio.net - Berusaha membuat rumah jadi tampak cantik tanpa memakan banyak ruang? Tak perlu khawatir, menggunakan tanaman hias dengan media gantung bisa jadi salah satu siasat terbaik. Tidak hanya menghemat ruangan, ada banyak tanaman hias juga fleksibel diletakkan di mana saja.

Salah satu tanaman hias yang akan terlihat cantik ketika digantung ialah kaktus. Selain mudah untuk dirawat, tanaman ini tidak terlalu membutuhkan tempat lembap. Kamu bisa memilih jenis kaktus sesuai kesukaan, bisa kaktus tanpa bunga maupun berbunga, ada pula kaktus yang lebih aman karena tidak punya duri.

Mengapa kaktus cocok sebagai tanaman hias gantung? Karena kaktus tetap tumbuh tidak butuh banyak air, jadi jangan terlalu sering disiram. Kemudian, sama seperti habitat aslinya di suhu ekstrem, kaktus pun perlu matahari cukup, maka letakkan di dekat jendela yang punya cahaya alami alias matahari.

Nah, ada banyak kaktus hias yang bisa kamu gantung untuk menghiasi rumah. Berikut rekomendasinya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (10/2).

1. Ferocactus.

tanaman kaktus gantung ©Instagram

Loading...

foto: Instagram/@cactuscultivation

Dilihat sekilas, kaktus ferocactus cukup mengerikan. Bentuk batangnya yang berlekuk dan punya duri merah, membuat bergidik bagi orang awam saat melihatnya. Meski begitu, di mata pencinta tanaman hias khususnya jenis kaktus, ferocactus adalah salah satu jenis kaktus spesial yang punya daya tarik tersendiri.

2. Echinocactus grusonii.

tanaman kaktus gantung ©Instagram

foto: Instagram/@nongn_hamcactus

Kaktus echinocactus grusonii punya bentuk menggemaskan, bulat seperti gentong. Namun, tanaman hias asal Mexico dan Texas ini punya duri di setiap sisinya, sehingga kesan ekstrem terlihat begitu nyata. Keunikan dari tanaman yang kerap disebut barrel atau gentong emas inilah yang membuat kaktus jenis ini difavoritkan banyak orang dan bisa dihargai sangat mahal.

3. Cereus tetragonus.

tanaman kaktus gantung ©Instagram

foto: Instagram/@piante_mon_amour

Kaktus cereus tetragonus ini bisa tumbuh jadi tanaman hias menjulang tinggi ke atas. Bentuknya yang terlihat kokoh menyerupai kastil dan duri putih, membuat tanaman yang berasal dari Amerika Serikat ini cocok dijadikan sebagai hiasan gantung pagar atau dinding rumah.

4. Echinofossulocactus.

tanaman kaktus gantung ©Instagram

foto: Instagram/@tonbooncactus

Jika kamu penyuka tanaman kaktus dengan duri tajam, jenis echinofossulocactus bisa jadi alternatif. Kaktus echinofossulocactus ini merupakan salah satu jenis kaktus yang pertumbuhannya lambat, cocok untuk hiasan gantung mini di rumah. Meskipun begitu, bentuknya yang berwarna hijau tua dengan duri tajam ini bisa jadi ornamen hiasan yang bisa mempermanis ruangan.

5. Haworthia attenuata.

tanaman kaktus gantung ©Instagram

foto: Instagram/@decoralshoppe

Jika kamu mencari tanaman hias kaktus unik, haworthia attenuata bisa jadi pilihan alternatif. Jika pada umumnya kaktus memiliki bentuk lebih bulat, haworthia attenuata justru mirip seperti lidah buaya, memanjang ke atas. Setiap tangkainya kian unik karena bermotif loreng-loreng putih bak zebra. Di bagian pinggirannya, terdapat duri-duri kecil.

Kaktus yang berasal dari Afrika Selatan ini mampu hidup dengan sedikit cahaya. Jadi kamu bisa meletakkan haworthia attenuata pada tempat yang lebih lembap, misalnya di area dapur atau ruang keluarga.

6. Lobivia oganmaru.

tanaman kaktus gantung ©Instagram

foto: Instagram/@nianoorsita

Kaktus yang satu ini bisa kamu jadikan hiasan untuk dalam (indoor) maupun luar rumah (outdoor). Jenis kaktus lobivia oganmaru memiliki bentuk unik, menyerupai lempengan hijau dan mempunyai warna kuning mencolok di bagian atasnya. Indahnya warna yang muncul dari kaktus lobivia oganmaru dapat mempermanis meja dalam ruangan kamu.

7. Gymnocalycium.

tanaman kaktus gantung ©Instagram

foto: Instagram/@ta_cactus26

Selanjutnya adalah kaktus gymnocalycium. Kaktus yang berasal dari Amerika Selatan ini punya bentuk bulat, menyerupai labu. Bagian tanduknya sebagai media tumbuhnya bunga. Hampir semua bagian tubuh kaktus gymnocalycium dipenuhi duri, kecuali bagian tanduk. Supaya gymnocalycium bisa tumbuh dengan baik, tempatkan tanaman hias ini di area yang terkena sinar matahari.

8. Cephalocereus senilis.

tanaman kaktus gantung ©Instagram

foto: Instagram/@plantfuu

Kaktus cephalocereus senilis kerap disebut sebagai kaktus orang tua. Bukan tanpa sebab, seluruh bagian kaktus cephalocereus senilis dipenuhi oleh rambut panjang putih bak uban orang yang sudah berumur. Selain unik, perawatan kaktus jenis ini juga mudah. Tempatkan cephalocereus senilis pada di samping jendela maupun di atas pojok ruangan.

9. Kaktus mini astrophytum.

tanaman kaktus gantung ©Instagram

foto: Instagram/@mamuangcactus

Kaktus ini punya bentuk unik karena mirip seperti buah belimbing. Jenis kaktus ini bisa mengeluarkan bunga dengan beragam warna, mulai dari pink, kuning, dan merah. Setelah kaktus ini mulai menampakkan bunganya, rawat dan letakkan di ruangan yang tidak terlalu terkena sinar matahari.

10. Parodia.

tanaman kaktus gantung ©Instagram

foto: Instagram/@osviwankenobi

Kaktus jenis cocok untuk ruangan kamu yang jauh dari sinar matahari, karena kaktus dengan bentuk seperti bola berduri ini nggak suka terkena matahari. Kaktus parodia juga memiliki bunga berwarna kuning, merah, dan pink yang bisa bikin ruangan kamu makin manis.