Brilio.net - Rumah dengan hiasan tanaman akan memberikan kesan segar dan juga sejuk. Tampilan tanaman yang berwarna-warni juga akan membuat pikiranmu jadi lebih tenang. Apalagi kalau kamu bisa merawat dengan benar dan juga tepat. Dijamin deh tanaman akan tumbuh sehat dan terawat kecantikannya. Begitu juga saat kamu merawat tanaman janda bolong. Tanaman hias ini akan jauh dari kondisi layu meski berada di area terbuka atau outdoor.

Yaps, tanaman janda bolong kerap dimanfaatkan sebagai hiasan outdoor rumah. Warnanya yang segar dan cantik akan menarik perhatian mata yang melihatnya. Nggak sekadar hiasan, tanaman yang memiliki nama lain monstera adansonii ini juga bisa berperan sebagai pembersih udara. Selain itu, merawat tanaman hias janda bolong juga bisa membuka peluang bisnis baru. Dengan cara perawatan dan budidaya yang tepat, kamu bisa menjualnya dan meraup keuntungan ekonomi.

Nah, tapi bagaimana sih cara merawat tanaman hias janda bolong di area outdoor? Yuk simak penjelasan selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari dengarden.com dan berbagai sumber pada Senin (8/2) berikut ini.

Cara merawat tanaman hias janda bolong outdoor

1. Penempatan.

Cara merawat tanaman hias janda bolong outdoor © Istimewa

Loading...

foto: Instagram/@hayleetheplantfairy

Tanaman janda bolong semakin jadi incaran banyak orang. Apalagi saat masa pandemi corona berlangsung, ada banyak orang yang mengalihkan kegiatan untuk merawat tanaman ini. Merawat tanaman janda bolong memang jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, kamu bisa merawat tanaman ini di luar ruangan. Hal ini dikarenakan tanaman janda bolong merupakan tanaman tropis. Sehingga kamu bisa merawat janda bolong pada area terbuka tanpa perlu rasa khawatir.

2. Pemupukan.

Cara merawat tanaman hias janda bolong outdoor © Istimewa

foto: freepik.com

Untuk mendapatkan tanaman yang sehat, kamu juga perlu memberikan asupan makanan dan lingkungan yang sehat. Begitu juga dengan kondisi tanah untuk tanaman janda bolong di area outdoor nih. Dalam proses pertumbuhannya, tanaman janda bolong menyukai tanah yang subur. Nah kamu bisa nih mendukungnya dengan memperkaya tanah dengan kompos.

3. Pencahayaan.

Cara merawat tanaman hias janda bolong outdoor © Istimewa

foto: Instagram/@littleplant_mama

Selain dari faktor pupuk, asupan sinar matahari juga memberikan peran yang penting untuk pertumbuhan janda bolong. Perlu kamu ketahui, meski bisa dirawat pada area outdoor atau ruang terbuka, namun tanaman janda bolong lebih baik tidak mendapatkan paparan sinar matahari langsung. Sebagai solusinya, kamu bisa meletakkannya pada area yang terang dan teduh. Kamu juga bisa memilih untuk merawat tanaman janda bolong di area halaman rumah agar pertumbuhannya lebih baik. Selain itu, manfaat lain yang bisa kamu dapatkan adalah tampilan rumah yang lebih segar dan juga cantik.

4. Buat jarak dengan kabel listrik.

Cara merawat tanaman hias janda bolong outdoor © Istimewa

foto: Instagram/@leaves_vibes

Tanaman janda bolong atau yang juga disebut sebagai the swiss cheese plant merupakan tanaman yang bisa merambat. Tanaman ini suka merambat pada batang pohon. Tapi perlu kamu perhatikan, dalam pertumbuhannya. Pasalnya lebih baik tempatkan tanaman janda bolong sekitar 20 kaki dari kabel listrik, bangunan, dan benda yang dihindari.

5. Penyiraman.

Cara merawat tanaman hias janda bolong outdoor © Istimewa

foto: Instagram/@morphejungle

Jangan lupakan juga dalam teknik penyiramannya. Hal ini menjadi salah satu faktor dalam menjaga pertumbuhan tanaman janda bolong. Pastikan tanah dalam keadaan lembap. Namun jangan berikan air secara berlebihan, karena justru akan memberikan pengaruh kurang baik pada pertumbuhan tanaman.

Cara budidaya tanaman janda bolong di rumah.

Cara merawat tanaman hias janda bolong outdoor © Istimewa

foto: freepik.com

Setelah mampu merawatnya dengan baik, kamu kini bisa memulai untuk membudidayakannya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kamu memperbanyak tanaman janda bolong. Berikut penjelasan yang diberikan LIPI, dilansir brilio.net pada Senin (8/2).

- Potong batang janda bolong yang masih berdaun.

- Letakkan dalam wadah yang berisi air. Tunggu sampai muncul akar-akar banyak.

- Pindahkan ke media tanah yang punya porositas bagus.

- Beri sinar matahari sedang dan jangan terpapar sinar matahari terlalu lama.

Tanaman janda bolong juga bisa dibudidayakan dengn cara stek. Cara ini cukup praktis untuk dilakukan para pemula. Berikut cara stek monstera dilansir dari bunnings.com.au.

- Potong ujung tanaman dengan setidaknya dua daun dengan panjang sekitar 10-12 cm.

- Tempatkan dalam pot 130 mm dengan campuran 50:50 gambut dan pasir atau perlit kasar.

- Kurangi luas permukaan daun besar dengan memotongnya menjadi dua bagian atau lebih.

- Celupkan bagian bawah batang ke rooting hormone dan tempatkan di propagator atau pot yang ditutup dengan bagian atas botol 2 L bening.

- Letakkan janda bolong di tempat teduh. Dalam waktu sekitar 6–8 minggu, stek sudah berakar.

- Tanaman janda bolong pertama-tama akan menghasilkan daun muda. Kemudian daunnya berlubang setelah setidaknya 6 bulan hingga satu tahun.

Manfaat merawat tanaman janda bolong.

Cara merawat tanaman hias janda bolong outdoor © Istimewa

foto: Instagram/@ms.bettyblooms

Menanam dan merawat tanaman janda bolong bisa jadi salah satu alternatif yang menarik untuk dilakukan. Apalagi kamu juga bisa merasakan manfaatnya di rumahmu. Nggak sekadar jadi pajangan lho, tanaman yang bisa bernilai sampai ratusan juta ini juga bisa menyehatkanmu. Simak yuk apa saja manfaat tanaman janda bolong.

1. Menjaga kesehatan mata.

Warnanya yang hijau akan memberikan kesan yang segar untuk rumahmu. Tapi nggak hanya itu, saat kamu memandangi tanaman janda bolong juga akan menimbulkan kenyamanan pada mata. Hal ini akan sangat bermanfaat terutama untuk kamu yang menatap layar laptop seharian.

2. Membersihkan udara.

Selain mata yang akan dimanjakan, pikiranmu akan dibuat segar saat merawat tanaman janda bolong. Saat tanaman ini diletakkan di dalam rumah, ia dapat menyerap berbagai zat beracun dari udara. Misalnya benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan amonia. Sehingga cocok banget dijadikan sebagai tanaman hias untuk area kantor ataupun kamarmu.

3. Memberikan ketenangan.

Dengan memanjakan mata, tanaman janda bolong akan memberikan efek tenang dalam hati. Apalagi dengan peran tanaman ini dalam membersihkan udara. Pikiran dan perasaan pun akan lebih tenang di tengah tumpukan pekerjaan yang ada.

4. Menambah kesan elegan.

Merawat tanaman janda bolong minim dari kerugian. Karena kamu bisa memanfaatkan sebagai hiasan area outdoor maupun indoor. Nah ketika dipajang, tanaman hias ini akan menambah kesan elegan pada area di sekitarnya. Apalagi daun tanaman janda bolong memiliki bentuk yang unik dengan permukaan lebar.

5. Memberikan keuntungan ekonomi.

Dengan membudidayakannya, kamu bisa memanfaatkan tanaman janda bolong sebagai lahan ekonomi yang menarik. Apalagi dengan perawatan yang baik kamu bisa menjual tanaman janda bolong dengan harga tinggi. Sehingga kamu bisa melakukan hobi sekaligus meraup keuntungannya.