Brilio.net - Memiliki hobi mengoleksi tanaman hias bisa menjadi salah satu hiburan bagi sebagian orang. Beberapa orang mengoleksi tanaman hias karena memberikan efek yang positif, membuat rumah jadi lebih indah dan segar. Apalagi merawat dan menjaganya agar tetap sehat, akan membantumu untuk lebih rileks dari tuntutan pekerjaan sehari-hari.

Nah, rupanya ada beberapa tanaman hias dapat ditanam dengan sistem hidroponik. Tanaman hias hidroponik sederhana pun dapat menjadi solusi untuk kamu yang ingin memperindah rumah tanpa ribet.

Umumnya teknik hidroponik ini untuk menanam sayur maupun buah-buahan, tanpa menggunakan tanah. Di zaman modern ini kamu bisa menerapkan sistem hidroponik dengan menanam tanaman hias.

Media tanamnya yang bisa kamu pilih pun amat beragam, dari air, sekam arang, serabut kelapa dan banyak lainnya. Nah, untuk kamu yang tertarik mencoba menanam tanaman hias hidroponik sederhana, yuk langsung saja simak rekomendasi di bawah ini.

Berikut, brilio.net himpun dari berbagai sumber, 7 tanaman hias hidroponik sederhana, mudah dan indah, Jumat (5/2).

Loading...

-1. Lidah buaya.

Tanaman hias hidroponik sederhana freepik ; Instagram© 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tanamanomah

Tanaman hias hidroponik sederhana yang pertama ada lidah buaya. Nah, mungkin sebagian orang masih tidak mengetahui jika lidah buaya ini bisa dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Kamu bisa menggunakan media tanam seperti arang sekam untuk menumbuhkan lidah buaya.

Jenis tanaman ini bisa mempercantik ruangan atau juga dijadikan sebagai pajangan di meja. Terlebih lidah buaya juga tidak memerlukan perawatan khusus sehingga mudah dirawat. Untuk menjaga kelembabannya kamu bisa menyiraminya 2 kali sehari.

-2. Bunga matahari.

Tanaman hias hidroponik sederhana freepik ; Instagram© 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Bunga cantik berwarna kuning ini memang disukai banyak orang. Biasanya bunga matahari ditanam di depan pekarangan rumah. Namun, ternyata bunga matahari dapat ditanam dengan sistem hidroponik. Kamu bisa mengganti media tanam tanah dengan menggunakan arang sekam.

Cukup letakkan biji bunga matahari ke dalam pot maupun rak bersusun. kamu bisa meletakkan bunga matahari di dalam ruangan sebagai hiasan dekorasi rumah. Letakkan bunga matahari di dekat jendela, agar tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup. Sedangkan untuk penyiraman cukup lakukan sekali dalam sehari.

-3. Suplir.

Tanaman hias hidroponik sederhana freepik ; Instagram© 2021 brilio.net

foto: Instagram/@nos.florist

Suplir merupakan salah satu tanaman hias sederhana yang populer sejak lama. Jenis tanaman ini juga mudah ditemukan serta mudah dalam perawatannya. Biasanya suplir ini mampu tumbuh di daerah sisi selokan yang berkondisi lembab. Kamu dapat memasukkan tanaman suplir pada pot kecil untuk dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Pastinya jenis tanaman hias hidroponik ini akan mempercantik dan menambah kenyamanan ruangan.

-4. Anggrek.

Tanaman hias hidroponik sederhana freepik ; Instagram© 2021 brilio.net

foto: Instagram/@orchid.infarm

Salah satu tanaman hias yang populer di kalangan pecinta tanaman hias adalah tanaman bunga anggrek. Bunga ini sangat mudah ditemukan dan familiar bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Selain mudah dirawat, anggrek memiliki kelopak yang berwarna indah sehingga sangat cocok dijadikan sebagai dekorasi ruangan baik di dalam maupun di luar.

Untuk menanamnya bisa menggunakan kayu pakis, arang atau sabut kelapa untuk menanam dengan sistem hidroponik. Kamu bisa menggantungkan tanaman hias hidroponik ini di dalam ruangan agar tidak mudah terserang hama.

-5. Keladi red star.

Tanaman hias hidroponik sederhana freepik ; Instagram© 2021 brilio.net

foto: Instagram/@minimi.garden

Tanaman hias hidroponik sederhana yang satu ini memiliki daun seperti keladi namun berbercak dan terdapat warna merah di atasnya. Keladi red star memiliki bentuk hati dan lebar. Tanaman ini akan terlihat sangat cantik apabila ditanam di pekarangan rumah, taman ataupun sebagai tanaman hias dalam pot.

Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya letakkan tanaman keladi red star di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Jika kekurangan sinar matahari, makan tanaman ini akan berubah warna menjadi pucat.

-6. Sirih gading.

Tanaman hias hidroponik sederhana freepik ; Instagram© 2021 brilio.net

foto: Instagram/@biocraft.official

Salah satu tanaman hias gantung yang digemari banyak pecinta tanaman hias yakni sirih gading. Sesuai namanya, jenis tanaman rambat ini memiliki bentuk serupa dengan daun sirih pada umumnya. Yang membedakan adalah dari corak dan warna daunnya saja.

Cara menanam dan merawatnya pun cukup mudah, cukup menyiraminya 2 kali sehari. Sirih gading juga mampu tumbuh di berbagai media tanam, seperti di air, arang sekam maupun di di arang. Tanaman hias ini akan menambah suasana menjadi asri dan segar.

-7. Aglonema.

Tanaman hias hidroponik sederhana freepik ; Instagram© 2021 brilio.net

foto: Instagram/@d.eastjakartagarden

Tanaman aglonema atau aglaonema, memiliki julukan tanaman sri rejeki. Tanaman ini diyakini sebagian orang dapat memberikan keberuntungan untuk pemiliknya. Daya tarik dari tanaman ini adalah warna serta corak daunnya yang beragam.

Ditambah lagi, aglonema juga nggak sulit untuk dirawat. Kamu hanya perlu meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung seperti di dekat jendela agar bisa berkembang dengan baik.