Brilio.net - Saat kamu memilih tanaman hias gantung, sesuaikan dengan kebutuhan dan tempat. Jika butuh dekorasi dalam ruangan (indoor), pilih tanaman yang dapat dirawat di tempat lembap dan tidak butuh sinar matahari langsung. Untuk dekorasi luar (outdoor), koleksi tanaman hias yang tahan terkena asupan sinar matahari langsung.

Adapun tanaman hias gantung yang bisa menambah keindahan dan asri rumah tak lain adalah jenis tanaman merambat. Tanaman hias gantung merambat ini bisa terdiri dari tanaman berbunga maupun hanya ada daunnya saja. Juga, bisa dicampur dan ditata dengan apik tanaman hias daun dan bunga.

Namun lantaran tanaman rambat itu bisa tumbuh dengan cepat dan lebat, kamu perlu lebih memperhatikan perawatannya. Terlebih lagi jika kamu meletakkan tanaman hias di dalam rumah, selain mengatur asupan cahaya, pastikan untuk merapikan atau memangkasnya dengan baik.

Tertarik untuk menghiasi kebun, latar, halaman, setiap sudut rumah dengan tanaman hias gantung rambat? Simak sepuluh rekomendasinya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/2).

1. Bougainvillea.

tanaman hias gantung merambat © Instagram

Loading...

foto: Instagram/@realhousewiveofplants

Bougainvillea atau bugenvil merupakan tanaman hias bunga populer. Bugenvil kerap disebut sebagai tanaman kertas lantaran punya bunga tipis bak selebaran kertas. Tanaman bugenvil kecil bisa ditanam sebagai tanaman dalam pot. Namun karena tanaman ini butuh matahari langsung, kamu bisa menggantungnya di luar rumah.

2. Mandevilla.

tanaman hias gantung merambat © Instagram

foto: Instagram/@badgirl_rules

Mandevilla adalah tanaman hias bunga merah muda, merah, atau putih. Tanaman ini menyukai sinar matahari penuh tetapi membutuhkan sedikit bayangan sore hari di musim panas. Mandevilla cocok digantung di luar rumah sebagai hiasan outdoor. Nikmati keindahan mandevilla bersemi setiap tahunnya.

3. Star Jasmine.

tanaman hias gantung merambat © Instagram

foto: Instagram/@i_am_ab_shake

Tanaman hias bunga merambat selanjutnya adalah star jasmine. Tanaman ini terlihat sangat lembut, memiliki bunga putih krem dengan aroma harum dan sangat manis. Karena tanaman ini lebih menyukai sinar matahari penuh, star jasmine akan terlihat spektakuler dipasang pada pagar, serta punjung atau dinding. Tetapi star jasmine juga akan terlihat luar biasa ketika menampakkan sifat rambatnya tumpah ke tepian kebun rumah.

4. Clematis.

tanaman hias gantung merambat © Instagram

foto: Instagram/@chanteclergardens

Jika kamu mencari tanaman hias gantung untuk mempercantik tembok atau pagar rumah, clematis bisa jadi salah satu pilihan baik. Tanaman hias rambat clematis akan menghadirkan bunga yang indah bermacam-macam warna. Kesan hidup akan muncul di bagian luar, membuat desain rumah jauh dari kesan membosankan.

5. Dollar.

tanaman hias gantung merambat © Instagram

foto: Instagram/@daun_berakar

Tanaman dollar juga dikenal dengan sebutan ficus pumila. Jenis tanaman rambat ini sering dimanfaatkan sebagai hiasan pagar atau tembok. Kesan segar bisa kamu dapatkan pada tanaman ini, karena tanaman dollar memiliki warna hijau yang cerah.

Sementara itu, tampilan bagian daunnya mengkilap sehingga menghadirkan kesan yang segar. Nggak heran kalau beberapa orang memilih tanaman dollar sebagai hiasan dinding ataupun tembok pagar rumah. Pasalnya tanaman dollar memiliki akar yang mencengkeram kuat pada bidang rambatnya.

6. Creeping Charlie.

tanaman hias gantung merambat © Instagram

foto: Instagram/@plantsoflitalita

Creeping charlie punya daun seperti mint. Tanaman hias ini disebut tanaman yang mudah sekali tumbuh. Dalam hitungan bulan, daunnya akan merambat dan mulai terlihat lebat. Gantung creeping charlie di dekat dinding, kamu bisa melihatnya tumbuh dan menghiasi ruang vertikal rumah.

7. English Ivy.

tanaman hias gantung merambat © Instagram

foto: Instagram/@mylittle.leaf

Tanaman English Ivy menjadi tanaman yang cocok ditanam di pagar rumah. Hal tersebut disebabkan karena tanaman ini bisa merambat dengan cantik serta sangat mudah untuk tumbuh dan beradaptasi. Tak perlu perawatan khusus untuk memelihara English Ivy. Tanaman ini juga mampu menyerap udara kotor. Rumah jadi terhindar dari udara kotor mulai dari bagian luar.

8. Black eyed susan vine.

tanaman hias gantung merambat © Instagram

foto: Instagram/@sjtc5

Tanaman hias rambat yang bisa digantung selanjutnya ialah black eyed susan vine. Black eyed susan vine atau thunbergia alata memiliki bagian tengah bunga berwarna hitam. Kelopaknya terdiri dari berbagai varian warna cantik, mulai dari merah, putih, hingga kuning. Tak hanya menarik digantung pada dinding, tanaman hias ini juga cocok dipasang pada pagar rumah.

9. Scindapsus pictus atau sirih lurik.

tanaman hias gantung merambat © Instagram

foto: Instagram/@fitagarden

Scindapsus pictus atau sirih lurik kerap dipakai untuk menyulap ruangan jadi lebih indah. Tanaman merambat ini memiliki ciri kurus dan hijau tua dengan bercak perak. Tampilan menjuntai ke bawah ke bawah atau merambat ke setiap samping ruangan, terlihat semakin cantik.

Sebab itu, tanaman hias ini cocok digantung di dinding rumah. Untuk posisi peletakannya, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik dalam keadaan cahaya terang, serta butuh disiram setiap minggu.

10. Sirih gading.

tanaman hias gantung merambat © Instagram

foto: Instagram/@rumahputriflora

Tanaman rambat yang memiliki nama latin Epipremnum aureum ini adalah salah satu tumbuhan populer. Tanaman ini cocok dijadikan dekorasi dan hiasan ruangan kosong, karena sifatnya yang merambat sangat cantik. Banyak orang menyukai sirih gading karena mudah dirawat dan punya umur panjang alias tidak mudah mati.