Brilio.net - Hunian indah tidak selamanya harus besar. Rumah bergaya minimalis pun dapat disulap jadi cantik dengan menata rapi dekorasi yang ada. Selain itu, tambahan pernak-pernik memakai tanaman hias juga cocok buat mempercantik segala sudut ruangan kosong.

Rumah yang tadinya monoton, menjadi kian asri dan sejuk dengan dekorasi tanaman hias. Tidak harus selalu memilih tanaman hias bunga, kamu bisa menjadikan rumah semakin aesthetic menggunakan tanaman serba dedaunan. Bukan sekadar daun biasa, pilih model daun yang anti mainstream agar tampilan rumah makin keren.

Soal keunikan daunnya, pilih sesuai minat masing-masing. Bisa unik dari warnanya, bentuknya, atau unik dari segi lainnya nih. Jangan khawatir, karena ada banyak sekali tanaman hias daun unik nan populer yang bisa dikoleksi. Bisa ditaruh di dalam maupun luar rumah.

Apa saja tanaman hias daun unik dan populer tersebut? Yuk simak ulasan selengkapnya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (5/2).

1. Pregnant onion.

tanaman hias daun unik © Instagram

Loading...

foto: Instagram/@worldofsucculents

Tanaman hias pregnant onion biasa ditanam di dalam rumah dengan menggunakan media pot. Tanaman unik ini berbentuk menyerupai bawang bombay warna hijau, daunnya terlihat cantik panjang ke atas. Tampilannya yang berbeda dengan lainnya ini jadi nilai plus pregnant onion jadi salah satu koleksi di rumah.

2. Crassula umbella.

tanaman hias daun unik © Instagram

foto: Instagram/@ajjicactus

Nama lain dari crassula umbella, tanaman yang bentuknya seperti donat atau kue cucur ini punya nama lain wine cup. Uniknya lagi, tanaman ini memiliki putik bunga di bagian tengahnya. Saat ditanam dalam pot dengan perawatan indoor yang tepat, tanaman ini dapat tumbuh hingga tingginya mencapai enam inci saat bunganya mekar.

3. Haworthia cooperi.

tanaman hias daun unik © Instagram

foto: Instagram/@annerzplantz

Selanjutnya ada haworthia cooperi, tanaman hias daun ini punya keunikan sendiri yang mampu memikat hati masyarakat. Tanaman ini tergolong famili liliaceae, memiliki daun berbentuk melembung menyerupai balon yang sudah ditiup. Di dalam daunnya berisi cairan bening.

4. Monstera obliqua.

tanaman hias daun unik © Instagram

foto: Instagram/@bgsplants

Monstera obliqua sering disebut sebagai janda bolong dan sangat populer di Indonesia. Keunikan bentuk daunnya yang bolong, menjadi nilai plus dan membuat tanaman ini jadi mahal. Monstera obliqua kerap dinilai mirip seperti adansonii, bedanya lubang pada jenis obliqua lebih besar ketimbang adansonii. Tekstur daunnya lebih tipis dan lembut. Ukuran janda bolong juga relatif kecil dan mungil, sehingga cocok dijadikan hiasan meja tamu atau meja kerja.

5. Keladi gingerland.

tanaman hias daun unik © Instagram

foto: Instagram/@prgani

Gingerland jadi salah satu jenis keladi yang banyak disukai orang karena bentuknya yang sangat cantik dan unik. Di mana daunnya berbentuk hati, berukuran sedang hingga kecil. Warna daunnya juga sangat memikat mata, yakni putih lembut, dengan pinggiran hijau tua, dan bintik-bintik merah.

6. Fibre optic grass plant.

tanaman hias daun unik © Instagram

foto: Instagram/@katty_berry85

Meskipun terlihat seperti rumput belaka, tanaman ini adalah tanaman hias hias populer. Fibre optic pada dasarnya termasuk dalam famili alang-alang dan mekar sepanjang tahun di iklim hangat atau jendela yang cerah. Ujung bilah tanamannya berbentuk ramping dan panjang, dihiasi dengan kepala bunga terminal kecil yang menyerupai lampu.

7. Rex begonia.

tanaman hias daun unik © Instagram

foto: Instagram/@alocasiacottage

Begonia rex atau dikenal juga dengan painted leaf begonia. Begonia ini memiliki warna daun yang cantik perpaduan dari ungu dan silver dengan batang yang berwarna sedikit kemerahan. Perawatan begonia rex ini juga cukup mudah. Jenis ini dapat tumbuh subur di bawah lampu neon karena tidak membutuhkan banyak cahaya langsung sehingga begonia jenis ini cocok dijadikan dekorasi dalam rumah.

8. Monstera adansonii.

tanaman hias daun unik © Instagram

foto: Instagram/@rika_dinata

Lubang-lubang pada daun monstera adansonii ini hanya di permukaan tengahnya saja. Jadi tak sampai sobek-sobek yang membentuk jari-jari pada pinggir daun. Ukuran daunnya relatif kecil serta memiliki gradasi warna hijau tua dan muda. Dalam pertumbuhannya, batang tanaman monstera adansonii ini tidak terlalu kaku, sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai tanaman gantung yang menjuntai. Selain itu, jenis monstera ini juga dapat tumbuh merambat.

9. Keladi ungu.

tanaman hias daun unik © Instagram

foto: Instagram/@tanaman_mamalily

Caladium atau keladi ungu selain unik, tanaman ini juga banyak diminati orang. Tanaman hias ini menjadi lebih menarik karena punya bentuk yang tidak biasa, daunnya seperti hati, tombak, atau panah. Caladium sebenarnya hadir dalam berbagai warna pilihan, merah, merah muda, ungu, dan juga krem.

Selain untuk mempercantik rumah, Caladium biasa dipakai sebagai tanaman peneduh. Caladium atau keladi pun dapat hidup di dalam ruangan. Untuk perawatannya, tanaman ini membutuhkan minimal 3-4 jam cahaya setiap hari.

10. Monstera variegata

tanaman hias daun unik © Instagram

foto: Instagram/@plantsoflitalita

Monstera variegata yang harganya terbilang mahal dibandingkan jenis lainnya. Sebab tanaman ini jarang dijual di pasaran. Warna daunnya unik, perpaduan hijau dan putihnya menghasilkan kontras yang apik.

Bahkan, ada jenis monstera variegata yang hampir seluruh daunnya berwarna putih. Ada pula yang setengah hijau dan setengah putih. Bentuk daun dan motif sobekannya lebih kecil. Pucuk daunnya pun cenderung tumpul, seperti jenis borsigiana.