Brilio.net - Ada beberapa model tanaman hias yang bisa kamu koleksi di rumah. Salah satunya adalah tanaman hias akar. Akar adalah bagian non-daun dari tubuh tumbuhan yang tidak memiliki simpul. Organ yang terletak di bawah permukaan tanah. Akar juga bisa terlihat dan tumbuh di atas permukaan tanah.

Akar punya tanggung jawab menyediakan air dan nutrisi untuk batang dan daun agar tetap sehat. Dilihat dari ukurannya, akar tanaman hias berbeda satu sama lain, mulai dari kecil hingga besar. Ukuran dan bentuk akar dari tanaman hias akan menambah kesan unik.

Beberapa di antaranya dapat mengeluarkan aroma segar saat dihirup. Tanaman hias akar juga mampu membuat suasana jadi terasa makin sejuk, asri, dan nyaman. Tidak salah jika banyak orang tertarik untuk mengumpulkan serta menggabungkan tanaman hias akar dengan koleksi tanaman lainnya.

Meskipun namanya tanaman hias akar, bukan berarti tanaman model ini tidak memiliki daun maupun bunga. Tertarik mengoleksi tanaman hias daun akar? Berikut sepuluh rekomendasinya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (6/2). 

-1. Adenium.

tanaman hias daun akar ©Instagram

Loading...

foto: Instagram/@azrilbibitstore

Tanaman hias akar adenium ini disebut juga kamboja Jepang. Adenium cukup populer karena punya bentuk akar yang meliuk-liuk indah. Selain itu, tanaman ini juga bisa dibentuk menyerupai bonsai. Adenium akan lebih cantik jika daun dan bunganya sudah mekar.

-2. Bonsai beringin.

tanaman hias daun akar ©Instagram

foto: Instagram/@yoyong_yuwardhan

Beringin juga dikenal dengan nama waringin, biasa dipakai untuk menghiasi pekarangan dan koleksi pot. Berbeda dengan beringin di jalan raya, tanaman bonsai ini memiliki ukuran lebih kecil. Ukurannya yang mini membuat tanaman bonsai beringin ini perlu perhatian lebih khusus. Pastikan untuk meletakkan bonsai beringin di tempat yang tidak terkena matahari langsung.

-3. Apple bonsai tree.

tanaman hias daun akar ©Instagram

foto: Instagram/@lusobonsai

Apple bonsai tree termasuk dalam kelompok varietas bonsai tropis. Itu karena pohon apel adalah tanaman asli daerah tropis. Tanaman ini juga dikenal sebagai pitch apple dan monkey apple. Akarnya berada di udara dan daunnya tumbuh berwarna hijau tua. Saat mekar, bunganya bisa tumbuh berwarna putih dan merah muda yang indah di musim panas.

-4. Azalea bonsai tree.

tanaman hias daun akar ©Instagram

foto: Instagram/@jacklinbonsai

Tanaman hias ini memegang posisi istimewa dan berharga di dunia penikmat Bonsai. Di antara banyak spesies tanaman menakjubkan lainnya, Azalea dapat menghidupkan imajinasi yang indah. Ditambah dengan warna bunga saat mekar, jadi sebuah seni menakjubkan dari bonsai azalea.

Namun keindahan bonsai azalea ini tidak hanya sebatas pada saat pohonnya bermekaran. Bahkan ketika bunganya tidak ada, dedaunan tetap menarik perhatian para pengunjung dengan penampilannya yang luar biasa.

-5. Bahama berry bonsai.

tanaman hias daun akar ©Instagram

foto: Instagram/@lisspiration

Bonsaibahama berry dikenal dengan banyak nama berbeda, beberapa di antaranya ialah Nashiainaguensis, Moujean tea, Pineapple Verbena, dan "I Dry, I Die". Berasal dari Pulau Inagua Bahamas, jenis tanaman hias bahama berry bonsai merupakan varietas tropis dan merupakan anggota keluarga Vervain. Jenis tanaman hias daun akar ini tak kalah menarik dengan lainnya.

-6. Ficus virens.

tanaman hias daun akar ©Instagram

foto: Instagram/@stefpix2

Tanaman hias ficus virens punya bentuk unik, akarnya melilit batangnya. Sebab itu tanaman ini termasuk jenis tanaman eksotis. Sepanjang tahun ketika daunnya mengalami perubahan pertumbuhan, mulai menua, dan gugur, akar dari ficus virens juga bisa berubah warna.

-7. Bonsai money tree.

tanaman hias daun akar ©Instagram

foto: Instagram/@plantrybyayen

Sama seperti penyebutan nama tanaman hias daun dollar, bonsai money ini juga dianggap sebagai simbol kemakmuran dan keberuntungan. Tanaman hias ini juga diyakini akan membawa keharmonisan yang kaya ke dalam rumah. Tanaman ini juga populer dengan sebutan jade, kastanye guyana, kastanye malabar, pohon perbekalan, kacang saba, dan pimpo.

Tanaman hias daun akar yang satu ini bisa tumbuh dengan baik di dalam maupun di luar ruangan. Selama ruangan terasa hangat dan bisa terkena banyak sinar matahari.

-8. Boxwood bonsai tree.

tanaman hias daun akar ©Instagram

foto: Instagram/@bonsailuie.____m

Tanaman ini terdiri lebih dari 70 jenis. Dua jenis bonsai boxwood yang paling terkenal adalah boxwood Jepang (buxusmycrophilla) dan common boxwood (buxussempervirens). Tanaman hias daun akar ini mudah dibentuk dan dipelintir menjadi tumbuhan yang menakjubkan.

-9. Duranta erecta.

tanaman hias daun akar ©Instagram

foto: Instagram/@germangambaro

Di Indonesia, duranta erecta dikenal dengan nama sinyo nakal. Tanaman ini kerap ditemui di posisi depan halaman dan pekarangan. Tanaman hias daun akar ini juga bisa dibentuk selayaknya bonsai lain. Ketika dirawat dengan baik, kamu bisa melihat uniknya akar serta indahnya daun dari duranta erecta.

-10. Elm Cina (Ulmus parvifolia).

tanaman hias daun akar ©Instagram

foto: Instagram/@bonsai_spirit

Tanaman hias daun akar Elm Cina atau ulmus parvifolia terlihat cantik saat ditanam dalam pot. Tanaman yang bisa tumbuh hingga ketinggian 10 meter ini memiliki akar yang unik. Perawatannya juga tidak cukup sulit. Pasalnya, tanaman hias daun akar ini tahan di segala cuaca dan kondisi lingkungan.