Brilio.net - Bagi orang yang tinggal di perkotaan, polusi udara merupakan hal yang lumrah dirasakan setiap harinya. Secara sadar atau tidak, udara buruk akan membawa efek samping pada kesehatan. Oleh karena itu, kamu harus terus menjaga kesehatan tubuh dengan berbagai cara lain.

Salah satu solusi untuk mengurangi efek polusi adalah dengan memasang beberapa tanaman hias gantung daun di rumah. Tanaman hias akan membantu menyerap racun di udara, kemudian bisa menghasilkan oksigen. Udara bersih dan segar akan memenuhi tempat tinggalmu.

Tak hanya memberikan efek menyegarkan, tanaman gantung jenis ini juga hemat dari segi ruang. Selain itu, fleksibel dalam penempatannya. Kamu bisa meletakkannya tempat yang sesuai perawatan dan asupan cahaya matahari tanaman tersebut. Bisa di atas jendela, teras, dinding, pagar, atau sudut lainnya.

Berikut rekomendasi tanaman hias gantung daun yang bisa kamu jadikan inspirasi, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (6/2).

-1. Spider plant.

tanaman hias daun gantung © Instagram

Loading...

foto: Instagram/@ade.mywindowsill

Tanaman jenis ini juga dikenal dengan nama lili paris, karena bentuk daunnya yang menyerupai kaki laba-laba. Jenis tanaman gantung yang satu ini memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik dengan lingkungan sekitar. Bahkan tanaman ini dapat ditanam di berbagai macam tanah.

-2. String of heart.

tanaman hias daun gantung © Instagram

foto: Instagram/@yourmomisattarget

Ceropegia woodii yang lebih dikenal dengan tanaman hias string of heart memiliki daun berdaging, cukup tahan saat berada di kekeringan, dan cocok diletakkan di ruangan. Tanaman sukulen ini bersifat merambat, bahkan sampai 4 meter. Batangnya perpaduan hijau dan merah muda. Daun string of heart berbentuk hati dan punya beraneka ragam warna.

Cara menggantungnya, karena perlu disiram lebih sering daripada succulents (sukulen) lain, tanaman ini harus direndam dalam wadah dengan drainase.

-3. Tradescantia.

tanaman hias daun gantung © Instagram

foto: Instagram/@cats.in.plants

Tanaman Tradescantia sekilas memiliki wujud yang sama dengan tanaman sirih gading. Bedanya, daun dari tanaman ini memiliki bentuk sedikit lonjong dan identik dengan daun bergaris berwarna ungu, putih, hijau, dan silver. Tradescantia tidak butuh perawatan khusus. Tempatkan pada ruang terang dan siram teratur terutama saat suasana panas.

-4. Sirih gading.

tanaman hias daun gantung © Instagram

foto: Instagram/@bungatamanku

Sirih gading adalah tanaman hias yang dikenal karena mudah dirawat. Tanaman hias yang memiliki julukan Epipremnum aureum ini jadi salah satu tanaman yang dapat tumbuh subur melalui media air. Masukkan sirih gading ke dalam botol bekas, kemudian isi dengan air secukupnya. Nggak hanya indah dipandang, sirih gading bisa membuat udara ruangan jadi segar.

-5. Peperomia hope.

tanaman hias daun gantung © Instagram

foto: Instagram/@soofs_jungalow

Jenis tanaman hias gantung Peperomia Hope termasuk tanaman sukulen. Tanaman ini tumbuh dengan batang dan daun yang berwarna hijau. Warna hijau pada bagian daun biasanya lebih tua dibandingkan dengan batangnya. Hal yang menjadikan tanaman ini unik adalah bentuk daunnya yang pipih sedikit tebal dengan tekstur yang halus dan tumbuh menjuntai ke bawah.

-6. English Ivy.

tanaman hias daun gantung © Instagram

foto: Instagram/@plantyhaven

Tanaman English Ivy menjadi tanaman yang cocok ditanam di pagar rumah. Hal tersebut disebabkan karena tanaman ini bisa merambat dengan cantik serta sangat mudah untuk tumbuh dan beradaptasi. Tak perlu perawatan khusus untuk memelihara English Ivy. Tanaman ini juga mampu menyerap udara kotor. Rumah jadi terhindar dari udara kotor mulai dari bagian luar.

 

7. Scindapsus.

tanaman hias daun gantung © Instagram

foto: Instagram/@oneproudplantmama

Scindapsus merupakan jenis tanaman yang membutuhkan sinar matahari untuk mempercantik warna daunnya. Tanaman ini mirip dengan tanaman sirih gading. Daunnya sama-sama tumbuh lebar dan pipih serta bergerombol. Namun tanaman yang satu ini mempunyai corak putih yang lebih banyak dibandingkan sirih gading.

8. Peperomia quadrangularis.

tanaman hias daun gantung © Instagram

foto: Instagram/@phillyfoliage

Peperomia quadrangularis atau peperomia angulata, memiliki daun hijau dengan tekstur berurat dan kasar. Batangnya dapat menjuntai hingga setengah meter. Lokasi penempatan yang tepat untuk tanaman ini adalah di dekat jendela menghadap ke timur. Tanaman ini cocok digantung di dalam rumah karena perawatannya membutuhkan air sesekali saja.

9. Pakis boston.

tanaman hias daun gantung © Instagram

foto: Instagram/@galuh_nanang

Pakis Boston merupakan tanaman hias yang memiliki warna hijau mencolok serta daun yang tumbuh dengan lebat dan tumbuh menjuntai. Tanaman hias ini bisa hidup jika terkena matahari langsung. Tapi supaya pakis boston bisa hidup lebih subur dan sehat, letakkan di tempat teduh. Misalnya ditanam dalam pot lalu digantungkan di teras depan rumah yang teduh.

10. Bird's nest fern.

tanaman hias daun gantung © Instagram

foto: Instagram/@yuniismiyanti9452

Bird's nest Fern atau paku sarang burung memiliki ciri daun bertepi yang tumbuh seperti mahkota sarang. Tanaman hias ini menyukai sedikit kelembapan lebih, sehingga paling cocok diletakkan di kamar mandi, bagian jendela. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik di dalam cahaya rendah sampai sedang. Bird's nest Fern bisa disiram setiap minggu.