Brilio.net - Bicara soal jenis tanaman hias, sangat banyak ragamnya. Salah satunya tanaman hias daun sri rejeki atau yang dikenal dengan nama Aglonema maupun 'Chinese evergreens'. Tanaman hias sri rejeki ini sekarang jadi jenis tanaman yang banyak diserbu penggemar tanaman hias. Sebab, tanaman ini memiliki karakteristik yang unik yaitu warna dan coraknya yang indah.

Tanaman hias ini berasal dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus aglaonema memiliki sekitar 30 spesies. Beberapa jenis tanaman hias sri rejeki juga cukup populer di Asia Tenggara dan salah satunya di Indonesia. Tanaman hias daun ini memiliki warna dan corak daun yang cantik.

Dedaunan aglonema dapat berupa campuran bintik-bintik merah, merah muda, perak, hijau, kuning atau krem yang mencolok. Tanaman hias daun ini bisa hidup pada area intensitas penyinaran yang rendah dan kelembapan yang tinggi.

Kini semakin banyak macam, bentuk dan ukuran daun sri rejeki. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (16/2), 8 jenis tanaman hias daun sri rejeki yang banyak dicari.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Sri rejeki lipstik.

Jenis tanaman hias daun sri rejeki Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@arirhams

Tanaman daun aglonema yang cukup mencuri perhatian yakni sri rejeki lipstik. Tanaman hias ini memiliki pinggiran berwarna merah pada batang dan daunnya, sehingga disebut sri rejeki lipstik. Tekstur daun bergelombang, ujungnya yang runcing dan berwarna cantik membuat tanaman ini sangat menawan untuk dijadikan pajangan dalam rumah. Tanaman sri rejeki lipstik juga menjadi tanaman hias yang paling banyak dicari, karena memiliki warna dan bentuk yang khas.

2. Sri rejeki harlequin.

Jenis tanaman hias daun sri rejeki Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tamanmu_tanami

Yang kedua ada tanaman hias daun sri rejeki harlequin. Warnanya terdiri dari kombinasi warna pink, hijau dan orange. Daunnya memiliki bentuk bulat besar yang menambah keindahan tanaman cantik ini. Nah, jika diletakkan di tempat yang cahayanya sedikit gelap, harlequin akan berwarna hijau dengan bintik kuning dan merah muda.

3. Sri rejeki red kochin.

Jenis tanaman hias daun sri rejeki Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@makhluqtuhan

Kalau jenis sri rejeki red kochin ini didominasi dengan warna merah. Tetapi pada beberapa tanaman, kamu juga bisa menemukan daun yang tumbuh dengan warna hijau tua. Karakteristik daun dari red kochin yaitu bulat, runcing, dan menjuntai karena tangkainya cukup panjang dibandingkan tanaman lainnya.

4. Sri rejeki bidadari.

Jenis tanaman hias daun sri rejeki Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@depok_florits

Aglonema yang satu ini disebut sebagai jenis bidadari karena keindahan warna daunnya. Daun rimbun berwarna merah muda dan hijau dengan batang berwarna kemerahan pada tanaman ini membuatnya tampak sangat indah dan menawan.

5. Sri rejeki silver queen.

Jenis tanaman hias daun sri rejeki Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@rezzenfarm

Jenis sri rejeki yang satu ini nggak kalah eksis diburu kolektor. Sebab aglonema ini mudah dirawat dan dikembangbiakkan. Untuk mendapatkannya juga cukup mudah karena cukup umum di Indonesia. Selain itu tanaman ini juga nggak akan bikin kamu ribet, karena ia dapat hidup dengan baik dengan asupan cahaya yang minim hingga sedang.

6. Sri rejeki silver king.

Jenis tanaman hias daun sri rejeki Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@lana_flowers_

Selain sri rejeki jenis silver queen ada pula variasi sri rejeki silver king. Sekilas dari nama dan tampilannya pun terlihat serupa. Namun, pada sri rejeki silver king memiliki bercak hijau pada daun berwarna keperakan. Keunikan dari jenis ini adalah menumbuhkan bunga yang memiliki serbuk sari yang melimpah. Oleh karena itu, lebih baik kamu memangkas bunga sebelum benar-benar mekar jika tak ingin kotor dengan tumpukan serbuk sari.

7. Sri rejeki red peacock.

Jenis tanaman hias daun sri rejeki Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@vietplants

Tampilan warna merah yang cantik dengan perpaduan segarnya warna hijau, akan membuatmu jatuh hati dengan sri rejeki red peacock. Tanaman hias satu ini masuk dalam kategori yang ramai dicari banyak orang. Di Indonesia, tanaman ini juga populer dengan julukan aglonema widuri. Nggak heran kalau banyak yang menjual sri rejeki red peacock dengan harga yang tinggi. Pasalnya, daun hijau yang memiliki urat daun berwarna merah ini memiliki tampilan yang cantik dan juga menyejukkan mata.

8. Sri rejeki red gold.

Jenis tanaman hias daun sri rejeki Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@gracekusnadigoh

Selanjutnya ada jenis sri rejeki yang merupakan salah satu tanaman hias cukup unik, sebab memiliki warna daun yang sangat hijau dengan paduan emas disertai urat dengan warna merah muda. Tanaman hias ini ternyata juga cukup diminati serta populer karena warnanya yang indah dan bisa membuat ruangan menjadi terlihat lebih menarik serta tidak membosankan.

(brl/lin)