Brilio.net - Tertarik menghias rumah dengan tanaman hias daun yang indah dengan warna yang bervariasi? Jika masih bingung mau menghias dengan tanaman hias daun apa, kamu bisa memilih tanaman hias daun dua warna.

Tanaman hias ini berbeda dengan tanaman hias bunga yang kecantikannya dapat dinikmati melalui tampilan bunganya. Namun, kali ini unsur keindahannya dilihat dari daunnya.

Kebanyakan orang biasanya menggunakan tanaman hias ini untuk mempermanis dan mempercantik rumah. Tanaman hias daun dua warna sangat cocok menjadi tanaman hias dalam ruangan maupun luar ruangan lho.

Keuntungan memelihara tanaman hias daun dibanding tanaman hias bunga yaitu perawatannya yang lebih mudah. Apalagi jika ditaruh di dalam ruangan.

Nah, biar ruanganmu nggak gersang dan lebih hidup, beberapa tanaman hias daun dua warna ini bisa kamu jadikan referensi untuk hiasan rumah.

Loading...

Berikut 7 tanaman hias daun dua warna seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (15/2).

1. Janda bolong.

Tanaman hias daun dua warna Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@hidapurwani

Tanaman hias daun janda bolong merupakan salah satu tanaman hias yang jadi primadona banyak orang. Daunnya yang berlubang atau bolong ini jadi keunikan tersendiri.

Tanaman janda bolong atau monstera ini memiliki banyak macam, salah satunya monstera variegata atau janda bolong dua warna. Tanaman ini memiliki tumbuh dengan subur saat muda dan memiliki ciri khas daun berwarna hijau dan putih.

2. Aglonema suksom jaipong.

Tanaman hias daun dua warna Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@rik_sdk

Siapa sih, yang tak terpesona dengan tanaman hias bernama Aglonema suksom jaipong? Warna daun aglonema suksom jaipong didominasi warna merah membara dengan tepian daun berwarna hijau.

Tinggi tanaman aglaonema suksom jaipong berkisar 25-40 cm. Nah, supaya dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan warna daun yang indah. Suksom jaipong ini harus diletakkan di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

3. Kuping gajah.

Tanaman hias daun dua warna Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@sobat.tandur

Tanaman hias daun dua warna selanjutnya ada kuping gajah atau yang dikenal dengan nama Anthurium crystallinum. Tanaman ini disebut kuping gajah karena bentuk daunnya yang lebar bak kuping gajah.

Daun tersebut berwarna hijau dengan tulang daun putih yang menambah keindahannya. Biasanya lebar bisa mencapai 15-38 cm dan daunnya yang menjuntai sangat cocok sebagai penghias ruangan.

4. Coleus yellow sharp.

Tanaman hias daun dua warna Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@neaklarencoleus

Tanaman dengan nama ilmiah Plectranthus scutellarioides ini dikenal dengan nama Celeus. Nah, untuk coleus yellow sharp ini memiliki ciri khas pada daunnya.

Bentuk daun lebih meruncing tajam pada ujungnya dan mempunyai dua warna berbeda yakni merah burgundy dan kuning. Sehingga tanaman hias daun ini sangat cantik dijadikan pajangan depan rumah.

5. Calathea makoyana.

Tanaman hias daun dua warna Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@plantone.id

Calathea makoyana sering dikenal di Indonesia sebagai tanaman merak atau jendela katedral. Jenis tanaman calathea ini memiliki daun dengan corak warna yang rumit dan warna-warni.

Daun makoyana cukup tipis dengan bagian bawah daun berwarna ungu dan hijau muda, layaknya seekor merak. Tanaman hias calathea ini cocok digunakan sebagai dekorasi di sudut rumahmu.

6. Caladium spring fling.

Tanaman hias daun dua warna Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@he_chlorophyll_life

Tanaman caladium sangat beragam macamnya, salah satu yang banyak diminati yakni caladium spring fling. Tanaman ini memiliki karakteristik daun dengan didominasi warna merah muda dengan sedikit hijau pada sekitar tulang dan pinggiran daun.

Beberapa contoh jenis Keladi ini memiliki warna hijau yang cukup terlihat sementara contoh lain dapat terlihat seolah daunnya berwarna merah muda polos.

7. Nanas kerang.

Tanaman hias daun dua warna Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@mysweety_plant

Nanas kerang bisa tumbuh dengan subur di tanah yang lembap, bisa juga ditanam sebagai tanaman hias. Bunganya berwarna putih berbentuk seperti bunga kerang.

Daunnya lebar dan panjang, berwarna hijau di permukaan bagian atas dan berwarna merah tengguli di permukaan bagian bawah. Uniknya tanaman ini juga memiliki khasiat sebagai obat penyakit batuk, bronchitis dan juga TBC kelenjar.