Brilio.net - Mempercantik rumah dengan tanaman kini jadi tren tersendiri bagi sebagian orang. Menghabiskan waktu merawat serta mengoleksi tanaman hias pun jadi hal positif yang bisa dilakukan setiap orang. Kini tak mesti harus punya kebun luas dahulu, kamu bisa 'berkebun' di dalam maupun luar sekitar rumah.

Memakai metode gantung dan memanfaatkan ruang vertikal, tentunya tidak akan menghabiskan banyak ruang. Salah satu tanaman hias gantung yang cantik dan mudah dirawat ialah sirih gading.

Nama latin sirih gading adalah Epipremnum Aureum. Tanaman ini populer karena punya bentuk yang unik, yakni motif warna daunnya menarik.

Menariknya lagi, sirih gading akan terlihat cantik ketika tumbuh menjuntai ke bawah. Nah, sirih gading sendiri terdiri dari beragam jenis. Mulai dari silver, hijau, kuning, dan lainnya. Rumah jadi lebih asri dan segar dengan menaruh sirih gading sebagai dekorasi.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Tertarik mendekorasi rumah dengan sirih gading? Berikut sepuluh jenis tanaman daun sirih dengan berbagai corak menarik yang bisa kamu pilih, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (11/2).

1. Sirih gading jade.

tanaman hias gantung sirih © Instagram

foto: Instagram/@kaboen_kambang

Sirih gading jade berasal dari dataran Polynesia dan dapat ditemukan di dataran tropis. Tanaman ini memiliki bentuk daun menyerupai hati dengan warna hijau gelap.

Sirih gading jade merupakan satu yang paling mudah perawatannya dibandingkan yang lain. Sehingga, ia kerap dijadikan tanaman hias gantung di teras rumah karena bentuknya yang cantik.

2. Sirih gading gletser.

tanaman hias gantung sirih © Instagram

foto: Instagram/@lee.s.jackson

Sirih gading gletser merupakan sirih gading dengan daun kecil berbentuk hati. Jenis ini memiliki corak yang beraneka ragam, seperti berwarna hijau dengan bintik-bintik perak dan abu-abu yang mirip dengan kultivar 'Mutiara dan Giok'. Karena pertumbuhannya yang cepat dan daunnya yang lebat, sirih gading gletser sangat cocok digantung di ruang tamu.

3. Sirih gading marble.

tanaman hias gantung sirih © Instagram

foto: Instagram/@dery_darnaputri

Sirih gading marble memiliki daun yang sangat beraneka ragam namun dominan berwarna krem daripada hijau. Seperti namanya, sirih gading ini memiliki corak daun seperti batu marble. Sehingga jika diletakkan di dalam ruangan akan memberi kesan elegan dan mewah.

4. Sirih gading philo brasil.

tanaman hias gantung sirih © Instagram

foto: Instagram/@putrifebrila

Jenis ini memiliki corak yang cukup unik. Warna hijau yang dipadukan dengan warna kuning di bagian depan membuat daunnya mirip dengan bendera Brasil.

Jenis tanaman sirih gading philo brasil ini butuh air lebih banyak dari jenis lainnya. Sehingga, akan lebih baik jika kamu menanamnya di tempat yang teduh serta sedikit terkena cahaya matahari langsung.

5. Sirih gading hawaiian.

tanaman hias gantung sirih © Instagram

foto: Instagram/@revi_gustiayu

Sirih gading hawaiian adalah jenis tanaman hias dengan daun ukuran lebih besar dibandingkan dengan jenis tanaman sirih gading lainnya. Sirih gading hawaiian punya daun berwarna hijau tua dengan bintik-bintik warna kuning. Sirih gading hawaiian akan menciptakan aksen vertikal yang menarik saat digantung dengan keranjang atau pada tiang.

6. Sirih gading manjula.

tanaman hias gantung sirih © Instagram

foto: Instagram/@kartiwi.didin

Pemilik naman asli epipremnum aureum 'Manjula', memiliki daun berwarna krem dan sedikit hijau yang indah. Variasi warnanya sangat menakjubkan sehingga beberapa daun hampir menyerupai warna putih bersih. Sementara, daun lainnya memiliki efek marmer hijau dan putih.

7. Sirih gading cebu blue.

tanaman hias gantung sirih © Instagram

foto: Instagram/@lostandfoundvintagegoods

Sirih gading cebu blue merupakan jenis sirih gading yang bisa digantung baik indoor maupun outdoor. Sebab, sirih gading cebu blue juga punya tingkat adaptasi baik. Jenis sirih gading ini terlihat indah karena memiliki warna daun atraktif dengan bentuk oval.

8. Sirih gading silver.

tanaman hias gantung sirih © Instagram

foto: Instagram/@farlbn82

Sirih gading silver ini memiliki motif warna daun yang didominasi warna silver atau abu-abu keperakan dengan sedikit goresan warna hijau tua.

Jenis sirih gading yang satu ini terbilang cukup langka dan sulit ditemukan. Karena itu, harga tanaman yang satu ini terbilang lebih mahal dibandingkan dengan yang lainnya.

9. Sirih gading jessenia.

tanaman hias gantung sirih © Instagram

foto: Instagram/@chloro_corner

Kultivar epipremnum aureum 'Jessenia' adalah salah satu jenis sirih gading yang populer dikalangan pecinta tanaman. Daunnya berwarna hijau zamrud dengan warna kuning lemon.

Beberapa daun, memiliki motif marmer dan lainnya hampir kuning keemasan murni. Ukuran daun dari jessenia ini lebih kecil daripada sirih gading lainnya.

10. Sirih gading neon.

tanaman hias gantung sirih © Instagram

foto: Instagram/@chloro_corner

Sirih gading selanjutnya ini memiliki warna daun kekuningan yang menyala seperti neon. Tanaman ini bisa tumbuh subur di daerah beriklim sedang. Sirih gading neon juga dapat tumbuh dengan baik di kawasan hutan tropis dan subtropis di seluruh dunia, termasuk di kawasan Asia Tenggara.

Gading neon atau kuning tergolong sebagai spesies tumbuhan berbunga di keluarga Araceae. Tak hanya bikin rumah makin segar, sirih gading juga punya manfaat menyerap racun di udara.

(brl/pep)