Brilio.net - Hidroponik kini menjadi metode bercocok tanaman paling banyak diminati. Tak hanya para petani, namun kalangan pehobi juga turut melakukan budidaya tanaman dengan cara hidroponik. Salah satu yang menyita perhatian adalah hidroponik vertikal.

Banyak dari mereka yang tertarik dengan sistem hidroponik vertikal adalah warga di perkotaan. Hal ini karena lahan yang mereka miliki sangat sempit.

Tanaman hidroponik adalah merupakan sistem bercocok tanam yang mengedepankan material pengganti tanah dan sangat praktis, yaitu air, spons, kapas, bahkan beton. Dengan menggunakan teknologi terbaru seperti ini, pertanian hidroponik mampu mengoptimalkan pertumbuhan tanaman, menghasilkan produk lokal yang segar, sambil meminimalkan penggunaan air, ruang, transportasi, dan pestisida.

Buat kamu yang masih bingung bagaimana membuat atau menanam hidroponik vertikal, berikut ini ada beberapa caranya yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (9/2).

Siapkan alat dan bahan:

Loading...

Menyiapkan bahan menjadi awalan yang perlu kamu lakukan. Kamu bisa membeli atau memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di rumah. Umumnya, gunakan alat yang bisa didaur ulang seperti botol plastik, ember bekas, botol beling, dan sebagainya.

Menggunakan paralon.

Jika ingin membuat hidroponik vertikal, kamu bisa menggunakan paralon. Pilihlah paralon yang pas agar tumbuhan bisa tumbuh dengan baik. Potong paralon dengan panjang yang diinginkan lalu sesuaikan dengan sudut ruangan.

Beberapa jenis hidroponik vertikal.

1. Basic.

Cara menanam hidroponik vertikal Berbagai sumber

foto: startribune.com

Untuk membuat hidroponik vertikal satu ini, kamu cukup menyiapkan beberapa bahan-bahan sederhana saja. Seperti pipa PVC, tubing, pompa submersible, dan ember.

Cara membuatnya, lubangi pipa PVC untuk tanaman bisa berkembang. Kemudian susun pipa secara bertingkat. Nantinya larutan nutrisi di pompa melalui pipa ke bagian atas sistem. Kemudian larutan nutrisi akan mengalir ke seluruhnya.

2. Entrepreneurial.

Cara menanam hidroponik vertikal Berbagai sumber

foto: agritecture.com

Entrepreneurial dikenal pula dengan menara kebun. Cara ini terbilang lumayan mahal, karena kamu harus pipa PVC dengan posisi berdiri. Kemudian lubangi pipa untuk tumbuhan berkembang.

Cara ini dapat menghemat air dan tempat. Sehingga, bagi kamu yang tidak memiliki lahan luas, cara ini sangat membantu.