Brilio.net - Genjer merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak diburu orang Indonesia. Selain mudah dijumpai, genjer memiliki rasa yang enak jika diolah dengan tepat.

Tak hanya itu saja, jenis sayuran yang juga dikenal dengan kelayan atau eceng ini memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan. Salah satunya adalah mampu membuat stamina menjadi bertambah.

Genjer merupakan sejenis tumbuhan rawa yang dapat dan kerap dijumpai di perairan dangkal maupun sawah. Nah Seperti jenis sayuran lainnya, genjer juga bisa ditanam secara hidroponik.

Cara menanam genjer hidroponik Instagram

foto: Instagram/@wijitriyono17

Loading...

Kamu bisa menanamnya dengan gampang, karena sistem yang diterapkan pada tanaman genjer hidroponik sangatlah mudah. Yuk coba mempraktikkan di rumah. Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (8/2).

Kemudahan dalam menanam genjer hidroponik adalah karena tanaman satu ini menyukai dan bisa tumbuh baik di area yang terpapar sinar matahari secara langsung. Jadi kamu tidak perlu repot untuk memindahkan tanaman genjer yang sudah ditanam.

Genjer juga memiliki masa panen yang cukup singkat, yakni sekitar 60 hingga 90 hari. Jadi kamu tidak perlu menunggu terlalu lama.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Seperti halnya dengan tanaman lainnya, menanam hidroponik genjer juga membutuhkan wadah atau tempat. Nah kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas seperti, paralon, ember, serta beberapa media yang mampu menampung air.

Pemilihan bibit

- Pilih benih genjer yang terbaik, agar hasil panen pun memuaskan. Kamu bisa mendapatkannya di toko-toko pertanian.

- Manfaatkan media yang minimalis, hal ini dilakukan agar pemenuhan nutrisi pada tumbuhan dapat terjaga atau terpenuhi dengan baik.

Cara merawat

- Perawatan genjer hidroponik sangat mudah, kamu cukup memperhatikan kondisi tumbuhan serta kebutuhan air. Jika air dirasa mulai berkurang maka segera menambahkannya.

- Perhatikan kondisi sinar matahari. Seperti yang diketahui, tanaman ini sangat bergantung pada kondisi panas lingkungan sekitarnya untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Menanam genjer hidroponik

Setelah 60 hingga 90 hari maka sudah waktunya genjer untuk dipanen. Masa panen genjer memang terbilang sangat singkat.