Brilio.net - Tanaman hias terdiri dari beberapa jenis, hampir semuanya menjadi daya tarik masyarakat Indonesia. Tak heran memang, tanaman hias memiliki keunikan tersendiri, mulai dari bentuk daun hingga warnanya yang begitu indah. Salah satunya aglonema jenis lipstik. Tanaman ini memiliki dua warna pada daunnya, yakni warna hijau di bagian tengah dan merah terang di pinggirannya.

Aglonema lipstik memiliki nama lain Siam Aurora. Tanaman ini selain memiliki warna daun yang indah, bentuknya juga tak kalah menarik. Daunnya meruncing di bagian ujungnya dan batangnya berwarna merah muda.

Cara merawat bunga aglonema jenis lipstik Instagram

foto: Instagram/@arirhams

Jika kamu memiliki tanaman aglonema jenis lipstik ini, kamu perlu ketahui bagaimana merawatnya agar warnanya tetap cerah dan cantik. Ingin tahu bagaimana cara merawatnya? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (17/2).

Loading...

1. Sediakan media tanam yang tepat.

Tidak bisa sembarangan memilih media tanam untuk aglonema lipstik jika kamu menginginkan tanaman ini tumbuh sehat dan indah. Pastikan media tanam dengan tingkat pH netral atau berkisar antara 6 – 7. Kamu bisa menggunakan pupuk kompos daun yang bisa dibuat sendiri dengan cara membuat pupuk kompos dari sampah organik, dan juga pasir. Komposisi yang tepat untuk penggunaan pupuk adalah 3:1.

2. Intensitas penyiraman.

Kamu perlu ketahui, media tanam untuk tanaman hias adalah tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah. Oleh karenanya, kamu harus rajin memperhatikan intensitas penyiraman. Jika dianggap terlalu kering, kamu bisa menyiramnya sesuai dengan tingkat kelembapan dari media tanam itu sendiri. Kamu juga harus memperhatikan air yang digunakan untuk menyiram adalah air yang tidak mengandung kaporit.

3. Proses pemupukan tanaman.

Untuk proses ini idealnya dilakukan tiga bulan sekali. Kamu bisa menggunakan pupuk khusus tanaman hias daun. Bisa membuatnya sendiri atau membeli di toko pertanian. Pastikan ketika memupuk pada media tanam bukan pada daunnya.

4. Taruh di tempat yang teduh.

Agar warnanya dapat terjaga dengan baik, kamu perlu menaruh tanaman aglonema lipstik di tempat yang teduh. Pasalnya tanaman hias tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung. Tempat terbaik untuk meletakkannya adalah di teras rumah.

5. Merawat daun aglonema lipstik.

Ada beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan untuk merawat keindahan daunnya. Berikut beberapa langkahnya yang dilansir dari berbagai sumber.

Alat dan bahan

- Spons halus

- Susu bubuk

- Ampas kelapa

- Air

Cara melakukannya:

1. Basahi daun aglonema lipstik dengan air bersih. Kemudian basahi pula spon dan lap seluruh daun dengan spon tersebut hingga bersih.

2. Kamu juga bisa mencampurkan air dan susu untuk melapisi daun aglonema. Celupkan spon pada larutan tersebut, kemudian lap daun dengan hingga bersih.

3. Tambahkan pula fungisida pada tanaman saat saat kamu melapisi daun aglonema dengan susu. Hal ini mencegah agar parasit atau bakteri tidak menempel.

4. Menggunakan ampas kelapa juga bisa membuat daun aglonema menjadi lebih indah dan mengkilap.