Brilio.net - Merawat tanaman kini sudah menjadi salah satu kegemaran banyak orang. Berbagai jenis tanaman bisa dirawat baik di dalam maupun di luar ruangan. Tentunya tanaman hias ini dapat memberikan suasana menjadi lebih indah dipandang.

Biasanya kebanyakan tanaman hias yang dipilih yaitu tanaman yang memiliki kesan keindahan, seperti daun dan bunga yang cantik dan wangi. Namun selain bunga dan daunnya, sebagian orang ada juga yang memilih buah, batang, bahkan pohon jadi komponennya.

Jenis tanaman hias ini sangat beragam, salah satunya tanaman hias gantung. Umumnya tanaman hias gantung tumbuh menjuntai ke bawah. Tanaman hias gantung ini memberikan kesan asri dan menyegarkan. Apalagi beberapa di antaranya dapat menyerap racun-racun di udara sekaligus memproduksi oksigen sehingga menghasilkan udara bersih pada hunian.

Nah, ada beberapa tanaman hias gantung yang tahan panas, sehingga tak usah khawatir dalam masalah perawatan apalagi jika terkena sinar matahari. Penasaran apa saja? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, 8 tanaman hias gantung yang tahan panas, unik dan cocok untuk outdoor, Senin (15/2).

1. Anggrek.

Tanaman hias gantung yang tahan panas Instagram © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@rudimintaraga

Anggrek jadi salah satu tanaman hias gantung yang diincar banyak pecinta tanaman hias. Beragam jenis anggrek dijadikan tanaman gantung untuk mempercantik ruangan baik indoor ataupun outdoor. Adapun jenis anggrek yang tahan panas, yakni dendrobium dan cattleya. Selain bentuk dan warnanya yang indah, benihnya tanaman ini juga mudah didapat. Bahkan anggrek juga memiliki kelebihan yakni mempunyai khasiat anti-stres karena keindahan dan aromanya yang bisa memberikan efek relaksasi.

2. Bunga pukul sembilan.

Tanaman hias gantung yang tahan panas Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@yayat_e_dheassy

Bunga Portulaca juga dikenal dengan sebutan bunga pukul sembilan. Sekilas tanaman ini menyerupai tanaman krokot. Bentuknya pendek, dengan rumput berbunga dan berwarna-warni menjadikan tanaman ini cocok dijadikan tanaman hias gantung di rumah. Tanaman ini dapat hidup dan bisa berbunga cepat tanpa membutuhkan banyak usaha penyiraman.

3. Begonia.

Tanaman hias gantung yang tahan panas Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@jual.tanaman_hias77

Begonia merupakan tanaman hias dengan habitat asli di daerah tropis. Meskipun tahan cuaca panas, sebaiknya letakkan tanaman hias gantung ini di tempat yang teduh agar kelembapan bunganya bisa terjaga. Untuk jenis begonia sendiri, ada beberapa variasi, dari dedaunan begonia hingga pucuk bunga begonia dalam aneka warna dan bentuk yang cocok untuk tanaman gantung. Salah satu yang paling terkenal adalah Begonia Rex dengan bentuk daun yang besar dan didominasi dengan warna hijau dan merah yang menarik.

4. Ekor kucing.

Tanaman hias gantung yang tahan panas Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@vj_rumahbunga

Tanaman hias gantung Acalypha memiliki bentuk bunga eksotis yang berbulu dan berbentuk seperti kumpulan ekor kucing berwarna merah. Ekor kucing adalah kelompok tanaman yang termasuk kelompok tanaman semak berkayu. Tanaman ini mempunyai ciri-ciri pertumbuhan yang cepat. Karena tumbuhan ini bisa merambat panjang ke bawah, disarankan untuk menggantungnya di area yang tinggi. Tanaman hias berbunga tersebut dapat tumbuh secara maksimal di temperatur yang panas dan lembap

5. Fuchsia.

Tanaman hias gantung yang tahan panas Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@mas.indraena

Di Indonesia tanaman Fuchsia juga dikenal dengan sebutan bunga anting-anting. Sesuai dengan sebutannya, tanaman bunga gantung yang satu ini memang cocok untuk tanaman gantung karena posisinya mirip dengan anting-anting. Tanaman hias ini bisa tumbuh subur dan mekar sepanjang tahun. Jenis dan warnanya pun sangat beragam dari putih, pink, ungu, dan merah.

6. Lantana.

Tanaman hias gantung yang tahan panas Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@fhln200

Tanaman yang berasal dari benua Amerika ini di habitat asalnya tumbuh liar dan menjalar di dinding, maupun pagar. Tumbuhan menjalar ini dijadikan tanaman hias gantung karena warna bunganya yang indah dan berbentuk payung. Untuk merawat tanaman ini juga sangat mudah, serta bunga lantana bisa tumbuh dengan cepat sesuai kondisi iklim.

7. Zygocactus.

Tanaman hias gantung yang tahan panas Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@simple_leafy_life

Tanaman hias gantung yang tahan panas selanjutnya ada Zygocactus. Zygocactus merupakan salah satu jenis kaktus yang tumbuh di dahan pepohonan atau di celah batuan lereng gunung. Tanaman ini cocok ditanam di pot gantung karena bunganya yang indah dan tumbuh menggantung. Meski perawatannya lumayan sulit namun tanaman ini bisa sangat awet karena tahan terhadap panas.

8. Sirih gading.

Tanaman hias gantung yang tahan panas Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@lihat_kebunkuid

Tanaman sirih gading jadi salah satu tanaman hias gantung yang tengah naik daun. Tanaman ini gampang dalam perawatannya, baik ditanam dengan media tanam tanah maupun air. Berkat corak putih di daunnya, sirih gading kerap disebut sebagai sirih Belanda oleh masyarakat Indonesia. Jenis tanaman ini tak berbunga dan hanya tumbuh batang daun yang menjuntai ke bawah. Sirih gading dapat dijadikan tanaman hias untuk memberikan kesan asri dan indah.