Brilio.net - Menghias dan mendekorasi ruangan dan pekarangan rumah dengan tanaman hias memiliki banyak manfaat. Selain dapat mempermanis ruangan, tanaman hias juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan penghuni rumahnya lho.

Sebagian orang beranggapan dengan merawat tanaman hias juga dapat membuat pikiran menjadi fresh dan menurunkan tingkat stres. Bahkan beberapa jenis tanaman juga mampu menurunkan polutan udara dalam ruangan.

Namun, ketika kamu tinggal di perkotaan atau tidak memiliki cukup ruang untuk meletakkan tanaman hias, kamu bisa memilih tanaman hias gantung. Tak perlu meletakkannya di lantai, kamu bisa menggantung di pekarangan ataupun di depan jendela kamar, sehingga akan mempercantik dan menambah kenyamanan ketika di pandang. Apalagi kalau tanamannya berwarna-warni, tentu akan menciptakan aksen yang indah.

Banyak jenis tanaman hias gantung yang mudah dirawat. Aneka tanaman hias gantung berikut bisa menjadi referensi kamu untuk pertimbangkan dalam memilih mana tanaman yang cocok dan antiribet dalam perawatan.

Nah, berikut 8 tanaman hias gantung yang mudah dirawat, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (16/2).

Loading...

1. Sirih gading.

Tanaman hias gantung yang mudah dirawat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@rumahijau.bjm

Tanaman hias gantung yang mudah dirawat dan sering digunakan sebagai penghias rumah adalah sirih gading. Karena bentuknya yang mirip dengan daun sirih, dengan sedikit corak berwarna putih pada daunnya membuat tanaman ini dinamai sirih gading. Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman hias daun karena tumbuh dalam bentuk batang dan daun, alias tidak akan berbunga.

2. Lantana.

Tanaman hias gantung yang mudah dirawat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@charlotte75nt

Tanaman hias gantung sangat indah dan sayang jika tidak dijadikan sebagai salah satu koleksi. Bunga lantana bisa mekar waktu yang sangat lama.

Selain sangat mudah dirawat, tanaman hias bunga ini bisa tumbuh subur di hampir semua kondisi. Kondisi terbaik yang dibutuhkan Lantana adalah sinar matahari penuh dan tanah asam yang dikeringkan dengan baik.

3. Lili Paris.

Tanaman hias gantung yang mudah dirawat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@box_milky

Jenis tanaman ini juga dikenal dengan nama spider plant, karena bentuknya daunnya yang banyak menyerupai kaki laba-laba. Jenis tanaman gantung yang satu ini memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik dengan lingkungan sekitar. Bahkan tanaman ini dapat ditanam di berbagai macam tanah.

4. Portulaca.

Tanaman hias gantung yang mudah dirawat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@florequintal

Portulaca juga dikenal dengan nama bunga pukul sembilan. Seperti namanya, bunga ini akan mekar pada pukul sembilan dan akan berangsur layu saat siang.

Ada dua jenis bunga portulaca tergantung pada jenis daunnya. Daun yang berbentuk runcing akan lebih tahan terhadap cuaca dan lebih cocok menjadi tanaman penutup tanah. Sedangkan untuk jenis daun bulat, memiliki daya tahan terhadap cuaca yang lebih rendah dan membutuhkan perawatan ekstra.

5. Begonia.

Tanaman hias gantung yang mudah dirawat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@makhluqtuhan

Tanaman hias gantung yang mudah dirawat dan mudah hidup adalah begonia. Begonia juga memiliki warna bunga yang memikat dan cocok tumbuh di daerah tropis.

Keanekaragaman tanaman hias begonia menjadikannya salah satu tanaman yang sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias yang sangat indah. Sifat tanaman hias ini juga mudah dibentuk dan atur arah tumbuhnya.

6. Pakis Boston.

Tanaman hias gantung yang mudah dirawat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kebun_bunga_urangbanjar

Pakis Boston merupakan tanaman hias yang memiliki warna hijau mencolok serta daun yang tumbuh dengan lebat dan tumbuh menjuntai. Biasanya tanaman ini ditanam dalam pot lalu digantungkan di teras depan rumah.

7. Kaktus anggur.

Tanaman hias gantung yang mudah dirawat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kebun.adeau_ra

Tanaman hias Sedum Morganianum atau kaktus anggur bisa dipakai untuk dekorasi rumah dengan cara digantung. Warnanya yang identik menyerupai anggur hijau, membuat rumah jadi lebih rindang dan asri.

Perawatannya pun cukup mudah, yakni cukup disiram sesekali saja secara berkala. Kamu bisa meletakkannya di manapun, di dalam kamar misalnya. Agar lebih mudah, pakai media pot kecil untuk meletakkan kaktus anggur ini

8. Fuchsia.

Tanaman hias gantung yang mudah dirawat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@svetlana_fuchsia

Di Indonesia tanaman bunga Fuchsia dikenal sebagai anting india atau lampion. Fuchsia termasuk dalam genus keluarga Onagraceae dan sebenarnya berasal dari Amerika Serikat.

Keindahan dan uniknya Fuchsia sudah lama jadi favorit pencinta tanaman hias. Fuchsia cocok ditempatkan di pagar tanaman atau digantung pada dinding.