Brilio.net - Apakah kamu ingin menanam bunga tetapi tidak memiliki lahan untuk berkebun? Tak perlu khawatir, karena sekarang kamu bisa menggunakan metode lain yakni memanfaatkan area vertikal rumah. Baik ditempel maupun digantung di sudut rumah. Supaya makin praktis lagi, tanam bunga bukan dengan media tanah, melainkan dengan hidroponik.

Sebenarnya ada beberapa manfaat dan keunggulan tersendiri bercocok tanaman bunga dengan hidroponik dibandingkan dengan penanaman tanah. Pertumbuhan tanaman bunga hidroponik jauh lebih cepat karena penyesuaian nutrisi untuk setiap spesies lebih mudah, semakin terjaga dari gangguan gulma, serangga, dan penyakit lainnya.

Dikutip dari gardeningchores, kemungkinan besar tanaman bunga hidroponik bisa berkembang dengan hasil rata-rata antara 2 dan 5 kali lebih tinggi dibanding memakai tanah. Maka dari itu, kamu kamu dapat memiliki banyak pajangan bunga potong di sekitar rumah sesuai keinginan.

Meskipun sebagian besar bunga dapat tumbuh dengan sistem hidroponik, tapi ada beberapa jenis yang 'lebih baik' ditanam dengan pengganti media tanah ini. Nah, jenis tanaman bunga apa saja itu? Berikut rekomendasi 10 tanaman hidroponik bunga, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (16/2).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Amarilis.

tanaman hidroponik bunga ©Instagram

foto: Instagram/@maru_kralu

Amarilis merupakan tanaman hias bunga berasal dari daerah beriklim sedang. Bunga yang memiliki banyak varietas dan kultivar ini akan merasa nyaman saat ditanam di dalam air. Amarilis dapat beradaptasi dengan baik bahkan dengan metode Kratky yang belum sempurna, yaitu ketika tanaman ini dimasukkan ke dalam toples dengan akarnya di dalam air.

2. Iris.

tanaman hidroponik bunga ©Instagram

foto: Instagram/@todds_botanics

Iris memang dikenal sebagai bunga yang sangat istimewa. Sudah lama tanaman ini muncul dan dibudidayakan. Tanaman ini termasuk dalam keluarga Iridaceae dan terdiri dari 300 spesies. Tak hanya cantik buat dekorasi rumah, bunga iris juga sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Tanaman bunga iris memiliki kebiasaan hidup di tanah liat yang keras, rawa, hingga kolam air. Melihat hal itu, pemikiran untuk menanam bunga iris dengan cara hidroponik muncul.

3. Daffodils.

tanaman hidroponik bunga ©Instagram

foto: Instagram/@tussitante

Di beberapa negara, tanaman bunga daffodils identik dengan musim semi. Ketika bunga ini mekar dengan cantiknya, banyak orang mempercayai seolah-olah matahari memberikan pertanda bahwa musim semi telah tiba. Bunga daffodils memiliki kelopak tengah yang termodifikasi seperti mahkota. Terkadang warnanya bisa mekar serta memiliki aroma yang berbeda dan unik.

Daffodils atau narcissus termasuk tanaman hidroponik favorit, karena kamu dapat dengan mudah menumbuhkannya bahkan dengan metode dasar Kratky. Kelebihan lainnya adalah bunga ini terlihat kian menakjubkan jika ukuran kecil dan ditanam pada vas elegan atau bahkan dalam kendi sederhana berisi air.

4. Freesia.

tanaman hidroponik bunga ©Instagram

foto: Instagram/@toulakyrkilis

Salah satu bunga yang punya aroma manis dengan perwujudan indah adalah freesia. Tanaman bunga berumbi ini dapat dengan mudah tumbuh jika ditanam secara hidroponik. Kamu bisa mendekorasi rumah dengan memanfaatkan keindahan bunganya yang terdiri dari putih, kuning, ungu, oranye, dan merah.

5. Anyelir.

tanaman hidroponik bunga ©Instagram

foto: Instagram/@hallshomeonthehill

Ada banyak varietas dan spesies bunga anyelir. Namun semuanya memiliki kesan wangi bak parfum. Juga, melambangkan keindahan dan rumah semakin estetika dengan memajang anyelir di dalam ruangan. Anyelir bisa tumbuh mekar terpanjang dan sangat cocok untuk taman hidroponik dalam ruangan.

6. Peace lily.

tanaman hidroponik bunga ©Instagram

foto: Instagram/@ha.la.man_plant_aficionado

Jika kamu berminat menghias rumah dengan tanaman bunga, peace lily bisa jadi alternatif terbaik. Tanaman bernama ilmiah Spathiphyllum ini berwarna putih menawan. Daunnya juga memiliki nilai dekoratif dan arsitektur yang bagus. Bunga ini sangat populer ditanam dengan hidroponik, semakin indah apalagi saat dimasukkan ke wadah kaca hias.

7. Hyacinth.

tanaman hidroponik bunga ©Instagram

foto: Instagram/@flowersalon_hanakazu

Tanaman bunga selanjutnya yang mudah tumbuh dan dirawat dengan hidroponik adalah hyacinth. Bahkan hyacinth sudah tersohor sebagai tanaman bunga yang dapat tumbuh meski hanya dengan segelas air. Kamu bisa meletakkan hyacinth di dalam vas atau wadah yang sudah diisi sedikit air. Agar tetap subur, pastikan hyacinth mendapatkan asupan cahaya cukup.

8. Paperwhite.

tanaman hidroponik bunga ©Instagram

foto: Instagram/@saranini

Sama seperti namanya, tanaman hias Paperwhite memiliki bunga berwarna putih yang indah nan cantik. Tanaman ini pun mendapat julukan sebagai bunga kertas.

Paperwhite terlihat elegan dan cocok dijadikan tanaman hias yang bisa ditaruh di dalam rumah. Salah satu media yang bisa dipakai untuk menanam Paperwhite adalah dengan air. Masukkan ke dalam botol yang sudah diisi air. Jika tidak ada waktu, kamu cukup mengganti airnya setiap tiga hari sekali.

9. Anggrek.

tanaman hidroponik bunga ©Instagram

foto: Instagram/@tokohidroponikbdg

Salah satu tanaman hias yang populer di kalangan pecinta tanaman hias adalah tanaman bunga anggrek. Bunga ini sangat mudah ditemukan dan familiar bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Selain mudah dirawat, anggrek memiliki kelopak yang berwarna indah sehingga sangat cocok dijadikan sebagai dekorasi ruangan baik di dalam maupun di luar.

Untuk menanamnya bisa menggunakan kayu pakis, arang atau sabut kelapa untuk menanam dengan sistem hidroponik. Kamu bisa menggantungkan tanaman hias hidroponik ini di dalam ruangan agar tidak mudah terserang hama.

10. Bunga matahari.

tanaman hidroponik bunga ©Instagram

foto: Instagram/@niloofar_azarnivar

Bunga cantik berwarna kuning ini memang disukai banyak orang. Biasanya bunga matahari ditanam di depan pekarangan rumah. Namun, ternyata bunga matahari dapat ditanam dengan sistem hidroponik. Kamu bisa mengganti media tanam tanah dengan menggunakan air.

Cukup letakkan biji bunga matahari ke dalam pot maupun rak bersusun. Letakkan bunga matahari di dalam ruangan sebagai hiasan dekorasi rumah di dekat jendela, agar tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup. Sedangkan untuk penyiraman cukup lakukan sekali dalam sehari.

(brl/gib)