Brilio.net - Jagung merupakan tanaman asli Amerika yang berasal dari Meksiko ribuan tahun yang lalu. Jagung menjadi makanan yang banyak disukai orang, terutama jagung manis. Nah jagung manis sendiri ada 3 jenis warna yaitu, kuning, putih dan perpaduan keduanya. Tak hanya enak, jagung manis memiliki banyak manfaat. Hal ini dikarenakan jagung manis dipenuhi oleh nutrisi dan vitamin.

Kandungan nutrisi pada jagung manis yaitu terdiri dari vitamin C, B1 (tiamin) dan B3 (niasin) yang menjadikannya sumber vitamin yang baik. Tak hanya itu saja, jagung manis juga mengandung mineral seperti kalium, yang membantu mengatur tekanan darah dan mangan (terlibat dalam pengaturan fungsi otak dan saraf). Selain itu, jagung manis juga menjadi sumber serat makanan yang sangat baik, yang penting untuk usus yang sehat.

Cara menanam hidroponik jagung manis freepik.com

foto: freepik.com

Kamu bisa lho membudidayakan sendiri jagung manis dengan cara hidroponik. Cara ini jelas akan sangat menguntungkan, karena selain tidak memakan banyak tempat, hidroponik jagung juga memberikan hasil yang memuaskan.

Loading...

Gimana cara menanam hidroponik jagung? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (11/2).

1. Media tanam.

Terlebih dahulu kamu perlu menyiapkan media tanamnya. Kamu bisa menggunakan pasir, kerikil, bedak kayu bahkan pecahan genteng. Namun ada baiknya menggunakan pasir, pasalnya pasir dapat membunuh hama secara alami. Cara ini jelas bisa menjadi pelindung bagi pohon jagung.

2. Cara menanam.

Selanjutnya ketahui bagaimana proses menanam jagung. Pertama, kamu perlu melakukan penyemaian sampai menjadi benih jagung. Pastikan kamu mendapatkan benih jagung manis berkualitas. Pastikan pula tempat untuk menanam cukup kuat menopang jagung hingga tumbuh tinggi dan berbuah.

3. Pemberian nutrisi pada jagung manis.

Selama proses penanaman, nutrisi pada jagung manis sangat diperlukan. Tanpa nutrisi yang cukup, jagung tidak akan bisa berkembang, apalagi menghasilkan buah yang baik. Pastikan setiap pagi dan sore melakukan penyiraman rutin. Bila perlu pilih pupuk berkualitas yang bisa kamu dapatkan di toko-toko pertanian.