Brilio.net - Kebanyakan dari kita biasanya akan menghilangkan rambut jagung bersamaan dengan daun kelobot yang dikupas saat akan memasak jagung. Bahkan sampai ada yang membuang rambut yang terselip di antara bulir jagung sampai benar-benar bersih saat menikmati jagung rebus. Ya nggak?

Padahal sebenarnya jikalau masih ada rambut jagung yang tersisa dan ikut termakan oleh kita tak jadi masalah, lho. Sebab, rambut jagung saja memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin K dan telah digunakan sebagai obat tradisional sejak berabad-abad lalu untuk mengobati batu ginjal.

BACA JUGA: Selain dibikin bakwan, jagung juga bisa bikin kulit wajahmu kinclong

Nah, dengan adanya kandungan nutrisi pada rambut jagung lantas apa saja manfaat lainnya bagi kesehatan? Ini dia manfaat rambut jagung seperti dikutip brilio.net dari Boldsky.

1. Rambut jagung digunakan sebagai ramuan untuk mencegah pembentukan kristal pada ginjal dan memungkinkan buang air kecil jadi lebih lancar.

Loading...

2. Sebagian masyarakat telah memanfaatkan rambut jagung sebagai obat tradisional untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

3. Rambut jagung sutra dapat menjaga kadar gula dalam darah. Selain itu juga mampu mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga baik bagi kesehatan jantung.

4. Gangguan buang air kencing biasanya disebabkan oleh adanya gangguan pada saluran kemih atau saluran kencing. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan minum ramuan yang dibuat dari rambut jagung yang sudah direbus bersama buah rimpang jahe.

5. Rambut jagung sutra juga dapat digunakan untuk mencegah obesitas dan masalah-masalah yang kerap dialami wanita seperti PMS. Bahkan, masalah kulit tertentu juga bisa teratasi.

6. Gangguan batu empedu juga dapat diatasi dengan mengonsumsi ramuan yang berasal dari rambut jagung.

7. Ramuan alami yang berasal dari rambut jagung ternyata memiliki sifat alami untuk meredakan panas dalam.

Nah, dari semua manfaat rambut jagung di atas, tetap dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Semoga bermanfaat, ya!