Brilio.net - Umur adalah rahasia Tuhan. Namun sebagai manusia tentu semua berkeinginan punya umur panjang. Bahkan ketika sakit sekali pun, seseorang pasti akan berusaha untuk berobat agar lekas sembuh dan bisa mempergunakan sisa umur untuk hal bermanfaat.

Tak hanya itu, ada rahasia lain yang diyakini bisa bikin umur panjang yakni menyambung hubungan silaturrahmi. Rupanya masih ada rahasia lainnya yang dilakukan oleh orang lain yang menghendaki umur panjang.

Sebagai contoh adalah nenek-nenek berikut ini. Mereka berbagi rahasia mengapa bisa mencapai umur 100 tahun lebih. Alasan mereka ternyata sederhana. Penasaran seperti apa rahasianya?

Berikut brilio.net rangkum kisah nenek berusia 100 tahun lebih dari berbagai sumber, Kamis (19/5). Ada yang dari Indonesia juga, lho!

1. Misao Okawa, 116 tahun.

Loading...

nenek berusia 100 tahun lebih © 2016 brilio.net

Okawa lahir pada tahun 1898 di Osaka, Jepang. Rahasianya bisa berumur panjang adalah makan tiga kali sehari dengan menu sushi setidaknya sebulan sekali serta tidur delapan jam setiap malam.

"Makan dan tidur secara teratur maka kamu akan hidup lama. Kamu juga harus belajar untuk bersantai," katanya.

2. Gertrude Weaver, 116 tahun.

nenek berusia 100 tahun lebih © 2016 brilio.net

Gertrude Weaver lahir pada 4 Juli dan tinggal di fasilitas perawatan di Arkansas. Sebagai nenek tertua di Amerika, ia mengatakan bahwa untuk bisa memiliki umur yang panjang, seseorang harus mengikuti perintah Tuhan. Jangan mengikuti perkataan apalagi perintah orang lain.

"Jadilah orang yang patuh dan taat hukum, serta jangan terlalu khawatir tentang apa pun. Saya telah mengikuti-Nya selama bertahun-tahun," ujarnya.

3. Susannah Mushatt, 115 tahun.

nenek berusia 100 tahun lebih © 2016 brilio.net

Susannah makan daging, bubur jagung, dan orak-arik telur untuk sarapan setiap hari. Satu-satunya masalah kesehatan yang telah ia alami dalam 115 tahunnya adalah tekanan darah tinggi dan kehilangan penglihatan karena glaukoma.

"Kamu tidak pernah bisa terlalu tua untuk bisa memakai barang-barang mewah," kata nenek yang kini menetap di New York ini.

4. Jeralean Talley, 115 tahun.

nenek berusia 100 tahun lebih © 2016 brilio.net

Jeralean berasal dari Michigan dan tinggal bersama putrinya, setelah suaminya meninggal di usianya 52 tahun kala itu. "Perlakukan orang lain seperti halnya kamu ingin diperlakukan, itulah cara saya hidup," katanya kepada Michigan News pada tahun 2013.

BACA JUGA: Kisah Yessinta, kerap dihina karena gemuk, kini langsing bak model

5. Emma Morano Martinuzzi, 115 tahun.

nenek berusia 100 tahun lebih © 2016 brilio.net

Lahir pada pergantian abad, Emma lahir di Italia pada bulan November 1899. Selama hidup, ia makan dengan menu diet yang terdiri dari satu telur mentah dan satu telur matang per hari. Nasihat itu diberikan kepadanya pada usia 20 oleh dokter. Makan malam termasuk segelas susu kemudian tidur dengan cukup.

"Tidur awal, bangun pagi-pagi, pergi tidur pada pukul 7 malam dan bangun sebelum jam 6 pagi," ujarnya dengan santai.

6. Suparni, 114 tahun.

nenek berusia 100 tahun lebih © 2016 brilio.net

Nenek dengan usia yang melampaui satu abad ini tinggal di Kulonprogo, Yogyakarta. Selama hidupnya, Suparni mengaku cuma pernah sakit sebanyak tiga kali.

Sehari-hari menu makanan yang ia konsumsi hanyalah sayur dan buah, jarang sekali makan daging. Tak heran kalau nenek ini masih terlihat sehat dan bugar meski rambutnya sudah beruban semua.

Meski penglihatan dan pendengarannya mulai berkurang, ingatan nenek yang memiliki 4 cucu dan 6 cicit ini juga masih tajam.

Selain pernah mengalami tiga kali sakit, Suparni juga mengaku pernah mati suri. Saat itu, para tetangganya berbondong-bondong datang ke rumahnya untuk bertakziah. Tanpa diduga, Suparni tiba-tiba hidup kembali.

"Banyak orang tidak menyangka kalau saya bisa hidup lagi," ujarnya sembari tersenyum.

7.  Ruby Mathieson, 100 tahun.

nenek berusia 100 tahun lebih © 2016 brilio.net

Nenek asal Dalmarnock, Glasgow ini punya rahasia untuk menjaga tubuhnya selalu sehat dan bugar serta awet muda yaitu dekat dengan keluarga. Nenek yang lahir di tahun 1916 ini juga punya sifat yang ramah, suka jalan-jalan di luar rumah khususnya di daerah yang sejuk dan segar serta menjadi pribadi yang selalu bahagia.

Tak hanya itu, ia juga punya rahasia turun temurun untuk membuatnya terlihat awet muda, segar dan tetap cantik. Rahasia adalah ia tak pernah memakai make up.

Selain itu, ia juga rutin membasuh wajahnya dengan air dingin agar kulit wajahnya selalu bersih. Nenek Ruby juga mengaku bahwa ia tak pernah minum setetes minuman beralkohol selama hidupnya agar ia bisa memiliki kulit awet muda.