Brilio.net - Jika kamu sering membeli makanan dari supermarket, ada banyak hal sepele tapi penting yang bisa kamu temukan. Seperti misalnya mengenai simbol yang biasanya tertera pada berbagai produk makanan yang jarang dipedulikan padahal sebenarnya menyimpan informasi penting. Salah satunya adalah simbol OU, kamu pernah melihat dan tahu apa artinya?

Dikutip brilio.net dari Brightside, Senin (9/1), simbol OU ini adalah tanda misterius yang disebut dengan simbol hechsher. Sebuah hechsher adalah sertifikasi produk khusus dalam kualifikasi makanan yang sesuai dengan persyaratan kosher.

Kosher adalah istilah dalam hukum tentang makanan bagi agama Yahudi. Sementara dalam kamus Inggris-Indonesia kosher diterjemahkan sebagai halal.

simbol OU © 2017 brilio.net

Perusahaan kosher bersertifikat harus memenuhi standar kualitas tertinggi produk serta mempertahankan praktik-praktik manufaktur yang terbaik. Sertifikasi hechsher membawa persyaratan yang ketat terhadap kualitas produk jadi serta bahan-bahan mereka.

Itulah sebabnya jalur produksi dan peralatan yang digunakan untuk memproduksi makanan kosher harus sepenuhnya bersih. Bahkan bahan non-kosher sekecil apapun sangat tidak diperbolehkan. Suatu produk dapat menjadi non-kosher jika perabot dan peralatan yang digunakan tidak bersih.

Hukum makanan kosher mengidentifikasi tiga klasifikasi makanan: daging, susu, dan makanan netral yang disebut juga pareve (penetapan hukum makanan/minuman kosher yang tidak mengandung susu ataupun daging).

Hechsher sendiri bukanlah penanda makanan hypoallergenic. Namun, produk netral ini membantu orang-orang yang alergi terhadap susu atau daging. Sehingga pareve menunjukkan makanan bebas dari produk susu dan daging.

Ada banyak lembaga sertifikasi kosher di luar sana untuk memberikan simbol hechsher pada makanan dan minuman kemasan. Simbol yang paling umum dari produk-produk berkualitas kosher biasanya berwujud huruf kapital U dalam lingkaran atau tanda OU yang berarti Union of Orthodox. Lambang ini dapat ditemukan pada kemasan Coca-Cola, Nestle, Jim Beam, Heinz, dan merek terkenal dunia lainnya.

Huruf di sebelah simbol OU menunjukkan jenis produk sebagai berikut:
1. OU artinya makanan tidak mengandung daging atau susu dan oleh karena itu adalah produk netral.
2. OU-D artinya produk susu.
3. OU-M (OU-Glatt) artinya produk dibuat dengan daging atau mengandung unsur daging.
4. OU-F artinya produk dibuat dengan bahan-bahan ikan.

Nah, tapi siapa saja sih, orang-orang yang membutuhkan produk ini?

1. Produk pareve tidak mengandung daging atau susu dan sehingga dapat dikonsumsi oleh vegetarian dan orang-orang yang alergi terhadap susu atau daging.
2. Orang yang sedang berdiet atau berolahraga secara teratur dapat mengonsumsi produk halal yang cocok bagi mereka.
3. Orang-orang yang ingin memastikan bahwa mereka membeli makanan sehat dan berkualitas tinggi.