Brilio.net - Setiap penemuan arkeologi baru, selalu saja memiliki keterkaitan dengan catatan sejarah yang sudah tersusun saat ini. Sebab banyak catatan sejarah yang kemudian berubah karena adanya penemuan arkeologi-arkeologi baru, yang membuka cerita dan sejarah baru.

Nah, berikut ini merupakan 12 penemuan arkeologi di dunia yang akhirnya mengubah catatan sejarah, seperti dikutip brilio.net dari Brightside, Kamis (5/1):


1. Pasukan Terracotta.

 arkeologi sejarah © 2017 arkeologi sejarah

foto: boomersreinvented.com

Seorang petani lokal dari provinsi Shaanxi menggali sumur, lalu tanpa sengaja ia menemukan ribuan patung tentara tersebut pada tahun 1947. Ribuan prajurit Terakota tersebut berdiri tepat di depan makam besar Kaisar Qin Shi Huang menjaganya.

Bagi peneliti, bentuk konstruksi patung ini telah menjadi indikator dari humanisme kaisar. Temuan ini mengubah catatan sejarah tentang kebiasaan kaisar, yang biasanya memerintahkan untuk mengubur segala sesuatu yang mereka anggap butuhkan untuk di akhirat, termasuk bala tentaranya.


2. Gulungan laut mati.

 arkeologi sejarah © 2017 arkeologi sejarah

foto: impuls-online.com   

Sebuah koleksi naskah kuno ditemukan di beberapa tempat di sepanjang pantai utara-barat. Studi menunjukkan bahwa gulungan ini 1.000 tahun lebih tua dari naskah Perjanjian Lama. Berkat teks-teks ini, diketahui bahwa seperti apa kehidupan di zaman kuno.


3. Prasasti Behistun.

 arkeologi sejarah © 2017 arkeologi sejarah

foto: img-fotki.yandex.ru  

Prasasti Behistun ini ditemukan oleh wisatawan seorang petualang Inggris, Robert Sherley, ketika misi diplomatiknya di Persia di tahun 1598. Ini adalah teks multibahasa diukir oleh perintah Raja Darius Agung. Prasasti yang ada di tebing memberitahukan tentang peristiwa sejarah yang terjadi di 523-521 SM.


4. Jurang Olduvai.

 arkeologi sejarah © 2017 arkeologi sejarah

foto: zicasso.com  

Jurang Olduvai cukup memperkaya temuan prasejarah. Ia ditemukan oleh entomologi Jerman, Wilhelm Kattwinkel pada tahun 1911 ketika ia jatuh ke dalamnya saat mengejar kupu-kupu.

Wilhelm Kattwinkel telah menemukan iga spesies terpisah dari hominin, termasuk Australopithecus, Homo habilis, dan Homo erectus di dasar jurang itu. Sisa-sisa hipparions (punah kuda tiga-berujung) juga telah ditemukan di situs ini.


5. Angkor Wat.

 arkeologi sejarah © 2017 arkeologi sejarah

foto: world-travell.ru  

Catatan paling awal tentang konstruksi batu ini besar sekitar 1601. Kembali kemudian, Marcelo Ribandeyro dari Spanyol tersandung pada kuil yang aneh dari Angkor Wat di hutan Kamboja. Namun, ia tidak dapat memecahkan misteri asal, dan kuil tetap terlupakan selama lebih dari 200 tahun.

Angkor Wat (Temple Modal) adalah monumen keagamaan terbesar di dunia. Ini adalah struktur bertingkat tiga besar dengan banyak tangga dan lorong-lorong, dimahkotai dengan lima menara. Candi ini disebut Jiwa orang Khmer, dan kamu bisa mengatakan bahwa itu adalah jantung peradaban besar.


6. Troy.

 arkeologi sejarah © 2017 arkeologi sejarah

foto: world-travell.ru  

Kota kuno Ilion, disebutkan dalam puisi Homer dan Virgil, ditemukan pada 1870an oleh arkeolog Jerman, Heinrich Schliemann. Setelah penggalian, sejarah kota kuno dibagi menjadi beberapa periode - dari Troy saya ke Troy IX. Troy VI diyakini 'Homer' Troy (1900-1300 SM).


7. Mekanisme Antikythera.

 arkeologi sejarah © 2017 arkeologi sejarah

foto: infoelovarosok.hu  

Perangkat mekanik ini ditemukan di sebuah kapal karam dekat pulau-pulau Yunani pada tahun 1901. Menurut para ilmuwan, Mekanisme Antikythera terdiri dari setidaknya 30 gigi perunggu ditempatkan di depan dan belakang sisi.

Alat ini digunakan untuk menghitung gerakan bintang dan planet. Para ilmuwan percaya bahwa mekanisme itu juga digunakan untuk menentukan tanggal yang tepat dari awal Olimpiade: perangkat akurat dengan hitung siklus 4 tahun.


8. Old tooth.

 arkeologi sejarah © 2017 arkeologi sejarah

foto: focus.it  

Sebuah gigi dan tulang jari manusia yang kuno ditemukan di Gua Denisova di dekat Biysk. Para ilmuwan berpendapat bahwa arkeologi ini berusia lebih dari 50.000 tahun.

Setelah banyak penyelidikan, para ilmuwan sampai pada kesimpulan bahwa tipe sebelumnya tidak diketahui manusia kuno pernah hidup di wilayah Altai. Para peneliti cenderung ke arah versi yang Denisovans memiliki kulit gelap, serta mata gelap dan rambut.


9. Pompeii.

 arkeologi sejarah © 2017 arkeologi sejarah

foto: tcdn.nl

Menjadi sebuah koloni Romawi, kota ini berkembang dengan pelabuhan dan resor menuju berbagai villa, kuil, teater, dan laut. Kota ini memiliki amfiteater, forum, dan basilika. Populasinya adalah sekitar 20.000 orang pada saat letusan terdekat Gunung Vesuvius pada tanggal 24 Agustus, 79 AD, yang sepenuhnya ditutupi abu dan abu.

Pompeii ditemukan di 1599 oleh Domenico Fontana, tetapi penggalian dimulai hanya dalam 1748. Penggalian memberi arkeolog wawasan penting dan unik dalam kehidupan Romawi. Ini dicatat bahwa penemuan di Pompeii untuk sebagian besar memberikan kontribusi terhadap penciptaan gaya kekaisaran dalam seni.
 
 
10. Lascaux Cave.

 arkeologi sejarah © 2017 arkeologi sejarah

foto: alpol.ru  

Gua ini ditemukan oleh empat remaja pada tanggal 12 September 1940. Ada lebih dari 2.000 tokoh binatang (rusa, bison, kucing, burung, badak, beruang, dll), manusia, dan tanda-tanda abstrak di dalam gua. Para peneliti berpikir bahwa manusia tidak tinggal di sana tetapi dikunjungi secara berkala hanya untuk tujuan gambar yang jelas.


11. Batu Rosetta.

 arkeologi sejarah © 2017 arkeologi sejarah

foto: alpol.ru  

Rosetta Stone adalah sebuah prasasti granodiorit yang ditemukan di Mesir pada tahun 1799. Sebuah keputusan menghormati Raja Ptolemy V diukir di batu dalam hieroglif sangat demotik. Batu itu pertama kali ditampilkan di sebuah kuil dan kemudian dipindahkan dan digunakan sebagai bahan bangunan di sebuah benteng di desa Rosetta.


12. Machu Picchu.

 arkeologi sejarah © 2017 arkeologi sejarah

foto: panoramix.getaway.nl  

Ini benteng Inca terkenal dan kudus bersejarah Peru didirikan pada sekitar 1440 dan sampai 1532. Temuan ini ditemukan oleh sejarawan Amerika dari Yale University, Hiram Bingham.

Reruntuhan indah Machu Picchu adalah contoh terbaik dari konstruksi batu dari peradaban Inca. Ada sekitar 200 bangunan yang terletak di daerah 1197 ft panjang 984 kaki lebar (panjang 365 meter dengan lebar 300 meter).